Contoh IoT Smart Home Indonesia Selain Bardi

Pernah dengar istilah smart home 'rumah pintar". Istilah ini cukup populer belakangan ini akibat meningkatnya teknologi IoT dan robot AI secara pesat. Munculnya perusahaan besar seperti Tesla yang memproduksi mobil listrik, SpaceX yang punya misi membawa manusia ke mars, hingga robot AI Sophia yang jadi perbincangan karena kecerdasannya. Semua ini adalah bagian dari teknologi IoT (Internet of Things).

Smart home "rumah pintar" juga termasuk salah satu diantaranya. Istilah ini mengacu pada penggunaan alat modern yang serba otomatis untuk mengontrol setiap bagian rumah, mulai dari pintu dengan smart door lock, pencahayaan dengan smart lighting, CCTV pengaman dengan smart security, hingga kasur tempat tidur dengan smart bed. Semua device dan peralatan di rumah dibuat otomatis dan terkoneksi dengan internet.

Tak ayal istilah smart home juga banyak disebut sebagai upaya "otomatisasi rumah".

Smart Home System

Kemudian istilah smart home terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu smart home system dan smart home device.

Smart home system digunakan sebagai pengatur perangkat, bisa dibilang ini merupakan sistem operasi atau software dari perangkat smart home yang ada. Contohnya seperti Google Assistant, Amazon Alexa, Samsung SmartThings, dan Apple Siri.

Sementara itu smart home device berupa perangkat smart home yang digunakan. Misalnya bohlam lampu, portable AC, atau air purifier.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang smart home system, silahkan baca ulasan kami: Mengenal apa itu smart home system di Indonesia

Kelebihan Smart Home

Terus apa kelebihannya jika kita menggunakan smart home?

Efisiensi dan kemudahan hidup…

Efisien saat kita melakukan pekerjaan rumah, misalnya saat membersihkan debu rumah yang kian tebal. Umumnya kita menggunakan alat manual atau vacuum cleaner biasa yang butuh energi untuk menjalankannya.

Berbeda sekali jika kita menggunakan smart vacuum cleaner, misalnya iRobot Roomba 980. Perangkat ini bisa membersihkan secara otomatis, bahkan hingga selah-selah tersempit di rumah. Bayangkan kamu bisa membersihkan rumah sambil tiduran, bermain HP sambil menikmati sepotong roti.

© source cnet.com

Contoh lain misalnya penggunaan lampu di rumah. Dengan produk smart lighting seperti Philips Hue, kamu bahkan bisa merubah warna lampu hingga 16 juta warna, mematikan dan menyalakannya secara otomatis lewat aplikasi HP.

Dari segi keamanan, smart home juga bisa diandalkan. Penggunaan smart CCTV misalnya, dengan perangkat ini kamu tidak perlu lagi khawatir rumah akan kemalingan. Sebab selama 24 jam penuh kamu bisa mengawasi video CCTV langsung dari aplikasi ponsel. Beberapa merk smart CCTV seperti Arlo Pro juga mendukung sensor gerak dan alarm. Jadi ketika ada hal mencurigakan di rumah kamu, alarm rumah akan langsung berbunyi di ikuti notifikasi yang muncul di HP.

Penerapan IoT Pada Smart Home

Teknologi internet of Things (IoT) memang tidak lepas dari smart home. Sejalan dengan tujuan IoT yang mendukung semua perangkat terhubung dengan internet, smart home juga punya tujuan yang sama.

Perusahaan Telkom Indonesia misalnya yang kini meluncurkan layanan baru bernama Telkom IoT. Layanan ini merupakan bentuk penerapan IoT pada smart home dan lingkungannya.

Dalam lingkup yang lebih sempit, contoh penerapan IoT pada smart home bisa dilihat dari perangkat smart TV. Lalu ada layanan WiFi Indihome dari Telkom Indonesia. Semua contoh diatas punya tujuan sama, yaitu meng-otomatisasi rumah.

Adapun contoh lainnya bisa kamu lihat dari robot IoT bernama Pudu Smart Catering. Robot ini dijadikan pelayan restoran di beberapa negara maju seperti Jepang dan Amerika. Selain memiliki kecerdasan buatan (AI), robot ini juga terkoneksi dengan internet agar memudahkan pengontrolan.

© source pudurobotics.com

Contoh IoT Smart Home

Di Indonesia sendiri, ada banyak brand smart home yang bisa kamu jadikan contoh teknologi IoT. Salah satunya adalah Bardi smart home

Bardi smart home merupakan produsen perangkat pintar lokal yang bekerja sama langsung dengan Tuya smart life. Beberapa perangkat pintar dari Bardi smart home bisa kamu lihat di ulasan berikut ini:

Next, selain Bardi ternyata masih banyak lagi brand IoT smart home di Indonesia. Berikut diantaranya:

1. Jonpowel Smart Home

Punya tagline "kendali penuh dalam satu sentuhan" sudah cukup menggambarkan betapa canggihnya perangkat smart home dari Jonpowel.

Brand smart home IoT ini berdiri pada tahun 2017, hingga kini Jonpowel sudah bekerja sama dengan lebih dari 5 developer properti ternama tanah air dalam pembuatan apartemen maupun gedung perkantoran yang mendukung penerapan IoT pada smart home. Salah satu proyek yang masih berjalan adalah apartemen Trinitiland yang berlokasi di Alam Sutera Tangerang.

Beberapa perangkat pintar unggulan dari Jonpowel seperti: JP light, JP lock, JP curtain, dan JP switch.

2. Onassis Smart Home

Merk smart home IoT terbaik selanjutnya adalah Onassis yang kini dikelola PT Karya Megah Gunungmas. Brand smart home lokal ini punya banyak perangkat pintar, mulai dari smart lock K10 pro yang pernah kami ulas, smart universal IR remote, WiFi smart bulb, dan masih banyak lagi.

Kamu yang ingin melihat koleksi perangkat smart home dari Onassis, bisa cek langsung katalog produknya lewat website resmi Onassis hardware.

3. SID Smart Home

Sudah berdiri sejak tahun 2013, SID smart home tentu sudah kenyang akan pengalaman di industri smart home system. Perangkat pintar dari SID smart home berfokus pada pengembangan IoT, teknologi AI dan cloud computing. Tujuannya tidak lain adalah agar tercipta lingkungan smart home yang hemat energi dan nyaman.

Berbeda dengan merk smart home lainnya, SID smart home punya lebih banyak kategori produk yang dijual. Beberapa yang populer seperti smart mirror, mixpad panel, dan Zigbee in wall.

4. Bosman Smart Home

Bosman smart home merupakan pendatang baru di industri IoT karena baru dirilis tahun 2021. Meski tergolong baru, Bosman smart home sudah menggandeng produk-produk pintar berlisensi Tuya mart sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi kualitasnya.

Beberapa produk unggulan dari Bosman smart home seperti: smart clock diffuser, smart IP camera, dan smart coffee maker.

5. Handyman Smart Home

Lahir sebagai pendatang baru, Handyman smart home kini telah dipercaya lebih dari 20 developer properti. Dengan berbagai perangkat smart home canggih, seperti smart window dan air conditioner yang diklaim kompatibel dengan 500+ brands.

Handyman smart home sampai saat ini telah menggaet banyak sekali project perumahan dan apartemen, beberapa diantaranya adalah Citraland Surabaya, Pakuwon City, dan Wiraland Medan.

6. Ezviz Smart Home

Ezviz merupakan merk smart home global yang kini melebarkan sayapnya ke Indonesia. Mulai didirikan sejak tahun 2013, Ezviz kini sudah merambah ke berbagai sektor IoT, mulai dari smart home, cloud computing, dan sektor B2B.

Beberapa produknya yang populer seperti layanan CloudPlay, kamera WiFi, hingga penampil video cerdas.

Melihat banyaknya merk smart home terbaik di Indonesia, tentu saja kian hari tren smart home semakin pesat dan menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi para pemilik rumah.

Teknologi smart home IoT telah berperan penting dalam memudahkan kita mengelola rumah. Kemunculan smart home tentu membawa dampak yang positif dalam kemajuan teknologi IoT hingga saat ini.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>