Philips Hue, Lampu Pintar Terbaik Tanpa Kabel

Philips Hue hadir sebagai perangkat lampu pintar yang akan membuat rumah kamu jadi lebih canggih dan berwarna.

Philips Hue hadir sebagai perangkat lampu pintar yang akan membuat rumah kamu jadi lebih canggih dan berwarna. 

Sebagai bagian dari smart lighting, Philips Hue memiliki beberapa produk lampu pintar, mulai dari bohlam Hue white, Hue white & color, Hue strip, dan Hue Bridge.

Untuk saat ini, Philips Hue bisa dibilang yang terbaik untuk kategori lampu pintar, terutama di pasar Indonesia. 

Smart Lighting System

Untuk bisa menggunakan Philips Hue, kamu harus membeli beberapa device atau starter kit yang biasanya dijual dalam satu paket bernama smart lighting system.

Dengan smart lighting, kamu bisa mengatur pencahayaan di rumah dengan mudah dan lebih efisien. Smart light ini cukup dipasang di soket lampu dan kamu dapat mengatur pencahayaannya melalui smartphone. Kamu bisa mengontrol smart lighting melalui aplikasi, dengan perintah suara, atau melalui smart control. 

Apa yang bisa Philips Hue lakukan?

Philips Hue akan merubah cara kita menggunakan lampu. Dengan Hue, kamu tidak perlu menyalakan atau mematikan lampu dengan saklar, cukup dengan aplikasi smartphone, dan bahkan hanya dengan perintah suara.

© source yangcanggih.com

1. Kontrol lampu lebih mudah dan nyaman

Dengan Philips Hue, kamu bisa mengendalikan lampu rumah dari jarak jauh. Tanpa perlu saklar, cukup koneksi internet dan kamu bisa melakukan semuanya dengan lebih mudah.

Dengan teknologi motion sensor, Hue bahkan bisa menyala dengan sendirinya saat kamu pulang kerumah. Teknologi ini mendeteksi gerakan seseorang dari jarak tertentu, lalu meresponnya dengan menyalakan lampu.

2. Lampu yang bisa mengubah suasana dan mood

Ciptakan suasana yang tepat untuk setiap momen. Philips Hue dapat membangunkan kamu secara alami, membantu membangkitkan mood, bersantai, dan bahkan membantu kamu tertidur.

Saat sedang memutar musik pop, kamu bisa merubah cahaya lampu jadi lebih berwarna, menerangkan atau meredupkannya dengan sangat mudah lewat aplikasi smartphone.

3. Melakukan semua imajinasi

Dengan Philips Hue, kamu bisa menyelaraskan warna lampu dengan musik, permainan, foto, hingga film. Ada 16 juta warna dalam satu bohlam lampu yang siap mewujudkan semua imajinasimu.

Philips Hue benar-benar akan merubah cara kamu menggunakan lampu.

4. Terhubung dengan semua smart system

Philips Hue kompatibel dengan semua jenis smart system, mulai dari Google Assistant, Amazon Alexa, HomeKit Apple, Samsung SmartThings, dan IFTTT. Kamu bisa menyingkronkan semua produk Hue dan mengontrolnya dengan perintah suara.

Produk Philips Hue

Lampu pintar Hue bisa kamu dapatkan dengan membelinya terpisah atau satu set lengkap dalam bentuk starter kit berupa lampu dan smart control Hue Bridge.

Berikut beberapa pilihan produk Philips Hue yang bisa kamu beli:

Hue White + Color Ambiance

Starter Kit 4 Pack

© source apple.com
  • 4 x Lampu Hue

  • Termasuk Philips Bridge

  • Cahaya putih dan berwarna

Hue White + Color Ambiance

LightStrip plus APR

© source techhive.com
  • 1 x Lightstrip

  • Cahaya tidak langsung

  • Smart control dengan Hue Bridge

Hue

Hue Bridge

© source philips-hue.com
  • 1 x Bridge

  • Mengotomatiskan lampu

Perangkat Hue Bridge

Hue Bridge adalah perangkat wajib yang harus kamu miliki jika ingin menggunakan lampu Philips Hue. Perangkat ini berfungsi sebagai otak dari sistem lampu Philips Hue dan penerima perintah dari ponsel kita. 

Simpelnya, Hue Bridge ini adalah router penghubung antara lampu dengan internet atau aplikasi smartphone. Dalam kondisi normal, perangkat ini mampu mengelola 50 bohlam lampu sekaligus.

Cara pemasangannya juga tidak sulit, tinggal hubungkan Hue Bridge ke daya listrik dan koneksi internet di router rumah. Setelah tiga lampu indikator menyala, aplikasi Philips Hue bisa kamu pasangkan dengan perangkat tersebut.

Selanjutnya, Hue Bridge akan mencari lampu pintar yang berada dalam jangkauannya. Sampai sini pengguna sudah bisa memberi perintah maupun pengaturan lainnya.

Aplikasi Philips Hue

Setelah selesai memasang Hue Bridge, sekarang kamu tinggal mengontrol lampu pintar Hue dengan aplikasi smartphone.

Kamu bisa mendownloadnya di Play Store maupun App Store. Sampai sini, kendali penuh lampu Hue sudah ada dalam genggaman. 

Kamu bisa menyesuaikan warna, suhu, intensitas pencahayaan, hingga mengatur fitur khusus seperti menyala saat pemilik rumah datang. Kamu juga bisa mengaktifkan motion sensor atau fitur-fitur canggih lainnya.

Aplikasi ini juga mendukung pengembang aplikasi pihak ketiga, dimana kamu bisa menambahkan aplikasi lain untuk meningkatkan fitur dari lampu Hue.

Misalnya dengan aplikasi Hue Notification, kamu bisa membuat lampu berkedip saat ada notifikasi di ponsel. Bisa juga dengan aplikasi Hue Sync App, dimana kamu bisa menghubungkan lampu pintar dengan layar TV atau laptop, ini memungkinkan warna lampu menyesuaikan dengan warna yang ditampilkan di layar.

Kesimpulan

Untuk saat ini, Philips Hue masih menjadi lampu pintar terbaik dengan kualitas dan harga yang sangat bersaing. Ini tentunya menjadi solusi tepat untuk keperluan rumah pintar.

Jangan lupa selain smart lighting seperti Hue, kamu juga bisa membeli perangkat pintar lain seperti kunci pintu otomatis, alat penghisap debu, kamera CCTV, hingga tempat tidur pintar.

See ya di next artikel tentang smart home dan teknologi.

2 komentar

  1. Philips hue sama Bardi kira-kira bagus mana ya kak
    • Kalau untuk pasar global, tentunya Philips Hue lebih baik, dari segi harga saja sudah berbeda.
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>