7 Perintah yang bisa Google Assistant Lakukan untuk Kamu

Cukup bilang "Ok, Google" atu "Hi, Google" dan katakan apapun yang kamu inginkan, maka Asisten Google akan memberikan jawaban paling relevan.

Google bukan hanya berfungsi sebagai mesin pencari, melainkan juga asisten pribadi yang bisa memudahkan kamu melakukan banyak hal.

Cukup bilang "Ok, Google" atu "Hi, Google" dan katakan apapun yang kamu inginkan, maka Asisten Google akan memberikan jawaban paling relevan.

Teknologi Artifical Intelligence (AI) dari Google Assistant ini merupakan implementasi dari IoT. 

Kamu yang belum paham apa itu IoT, silahkan baca ulasan sebelumnya tentang penerapan IoT dan smart home.

Dulunya Google Assistant ini dikenal sebagai Google Now. Teknologi ini disematkan pada hampir semua smartphone dan juga produk Google lain termasuk Google Nest Family.

Terus apa bedanya Google Now dengan Google Assistant?

Jelas beda, dari segi teknologi misalnya, tentu Google Assistant lebih canggih dari pendahulunya itu. 

Google Assistant juga sudah mendukung percakapan dua arah, sehingga bisa menjawab atau merespon setiap perintah dengan cepat dan tepat.

Perintah Terbaik untuk Google Assistant

Apa yang ingin kamu katakan ke Asisten Google, dan masalah apa yang ingin kamu harapkan agar Google bisa memberikan solusi. Seperti saat kamu kehilangan ponsel, dan ingin agar Google bisa melacaknya.

Itu hanya salah satu contoh perintah terbaik yang bisa kamu katakan ke Google Asisstant. Masih banyak perintah lain yang mungkin belum kamu ketahui, apa saja itu, langsung aja cekidot.

1. Temukan Ponsel Saya

Lupa naruh ponsel kamu? entah itu jatuh di sofa atau ketinggalan di tempat tertentu. Jika iya, kamu bisa meminta Google Assistant untuk menemukannya.

Cukup katakan, "Google, find my phone" atau "Google, temukan HP saya" kepada speaker Google Nest. Maka, Google akan langsung berdering jika ponsel kamu berhasil ditemukan.

Google Asistant juga bisa menunjukan lokasi dimana ponsel kamu berada. Cara ini bahkan bekerja saat ponsel dalam mode diam atau mode jangan ganggu.

2. Buka Aplikasi dengan Suara

Kalau kamu sedang malas mengetik atau sedang mencuci piring, tapi ingin melihat notifikasi Gmail terbaru di smartphone.

Cukup katakan, "Ok Google, buka Gmail", dan Gmail kamu akan langsung terbuka.

Perintah suara ini juga berlaku untuk semua aplikasi di ponsel kalian, jadi tidak terbatas pada Gmail atau produk Google saja.

3. Buka Kunci Ponsel dengan Suara

Dengan Google Assistant, kamu juga bisa membuka kunci ponsel loh. Misalnya saat kamu ingin membuka ponsel, tapi males masukin pin atau sidik jari. 

Nah, kamu nggak perlu repot-repot lagi, cukup buka kunci ponsel kamu dengan trusted voice dari Google Assistant.

Cara mengaktifkannya pun gampang, cukup pergi ke pengaturan Google Assistant di ponsel, kemudian pilih Ok Google detection dan lanjut pilih trusted voice.

4. Temukan Destinasi Terdekat

Siapa yang kalau main sama doi suka nggak tau tempat tujuannya, kalau iya gitu berarti kita sama.

Nah, salah satu fitur canggih dari Google Assistant ini ternyata juga bisa menunjukan tempat-tempat terdekat yang bisa kamu kunjungi.

Misalnya kalau kamu ingin mencari restoran terdekat, cukup katakan "Ok Google, show me nearby restaurants", maka akan langsung muncul rekomendasi restaurant di sekitar kamu, plus dengan alamat, petunjuk jalan, nomor telepon, hingga review dari pelanggan.

5. Mengatur Pengingat dan Jadwal

Siapa sih yang sering kelupaan dengan hari ulang tahun si doi, atau sering lupa juga dengan tanggal pernikahan kalian.

Jangan sampai ya, karena sekarang kamu bisa memanfaatkan Asisten Google untuk membantumu mengingat setiap momen penting dalam hidup.

Cukup katakan, "Ok Google, setel pengingat hari pernikahan saya", dan kamu nggak akan lagi melupakan hari tersebut. 

Bahkan jika kamu berterima kasih, Google juga akan menjawabnya dengan "sama-sama".

6. Menjadi Penerjemah

Googgle Assistant juga bisa dijadikan alat penerjemah bahasa, misalnya saat kamu berpergian ke luar negeri dan ingin mengobrol dengan seseorang, maka kamu tinggal meminta Google untuk menerjemahkan apa yang kamu katakan.

Simpel banget kan.

By the way, Google Assistant sudah mendukung lebih dari 188 bahasa.

7. Menjadi Kalkulator Pintar

Bagi sebagian orang, membuka dan mencari aplikasi kalkulator untuk berhitung mungkin sangat merepotkan. Karena itu, Google Assistant menawarkan solusi yang lebih praktis.

Untuk berhitung, kamu nggak perlu lagi buka aplikasi kalkulator, cukup katakan "Ok Google, berapa hasil 15x27", dan seketika Google akan langsung memunculkan hasilnya.

Kesimpulan

Google Assistant yang kita tau sekarang ini merupakan sebuah smart system yang bisa di integrasikan dengan berbagai perangkat berteknologi IoT.

Kalau kamu berencana membuat rumah pintar dengan berbagai macam perangkat, mungkin Google Assistant cocok dijadikan asisten virtual yang akan mengontrol semua perangkat pintar tersebut.

Mungkin itu saja ulasan kali ini, nantikan terus update dan perkembangan teknologi smart home hanya di blog ini.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>