Yuk Buat Rumah Makin Canggih dengan Smart Home System

Smart home adalah salah satu bukti canggihnya teknologi saat ini. Perangkat smart home sendiri memiliki berbagai fungsi.

Rumah menjadi tempat pulang paling nyaman. Kamu setuju dong dengan kalimat indah tersebut. 

Selain indah, kalimat tersebut ternyata memiliki interpretasi makna yang luar biasa. Sehingga melahirkan berbagai inovasi luar biasa terhadap rumah.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan smart home. Beberapa di antara kamu mungkin sudah ada dong yang pernah mendengar istilah ini.

Kalau yang belum pernah, tenang sis, kita bakalan kupas tuntas kok tentang si smart home ini.

Jadi, perkembagan teknologi ternyata nggak cuma mengejutkan kita dengan kehadiran smart phone, tapi juga smart home. Secara, sekarang nggak cuma  ponsel doang yang pinter, tapi rumah juga. 

Hal ini karena memang kita sedang hidup di zaman perkembangan teknologi yang sangat luar biasa, sehingga memberikan berbagai kemudahan bagi manusia untuk melakukan berbagai hal, termasuk ketika di luar rumah. 

Dan ternyata nih, istilah ‘rumah pintar’ ini sudah mulai booming belakangan. Mungkin, karena adanya berbagai tuntutan banyak hal kali ya.

Dan yang kerennya lagi, istilah ini kemudian menjadi sebuah daya tarik tersendiri loh bagi masyarakat yang akan membeli rumah. 

Sementara bagi penjual, bisa memberikan panawaran ‘rumah dengan embel-embel rumah pintar’ tentu memberikan keuntungan dari segi harga jual. 

Tentu saja, hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Karena ternyata, biaya instalasi pemasangannya juga nggak murah bro

Tapi tenang, harga jual dengan kualitas yang didapatkan juga seimbang kok. Sehingga tidak ada satu pihakpun yang merasa dirugikan.

Sampai sini mungkin kamu semakin penasaran ya. Oke baik, kita bahas satu persatu, mulai dari pengertian smart home dan juga perangkatnya apa saja.

Kamu punya masalah dengan lampu rumah yang sering mati dan tidak tahan lama, coba baca ini bro: 7 smart lighting (lampu pintar) terbaik

Pengertian Smart Home

Smart home adalah salah satu bukti canggihnya teknologi saat ini. Perangkat smart home sendiri memiliki berbagai fungsi. 

Seperti untuk mengontrol kondisi rumah dari jarak jauh tanpa terbatas kapan dan dimana. Sehingga, keamanan dan kenyamanannya terjaga. 

Kamu juga nggak perlu khawatir secara berlebihan lagi sekarang. Karena dengan adanya system ini, kamu bisa menghubungkan semua perangkat yang ada di rumah ke ponsel, sehingga kamu bisa melakukan pengecekan dari jarak jauh terkait kondisi ac, mesin cuci, TV, dan lain sebagainya. 

Bahkan, smart home juga memungkinkan kamu untuk mengatur alatnya untuk bekerja dengan otomatis.

Keren banget, asli

Kalau kamu perhatikan sih, bentuk rumah yang sudah ‘pintar’ juga nggak ada bedanya sama rumah pada umumnya. 

Untuk memanfaatkan keunggulan ini, kamu perlu memiliki koneksi internet yang mumpuni dan juga ponsel. Ponsel di sini berguna sebagai alat, atau remot.  

Nggak hanya itu saja sis, bahkan, ada perangkat smart home yang juga menyediakan layanan mood lamp. 

Dimana, mood lamp ini adalah fitur yang memungkinkan kamu buat ngubah-ngubah warna lampu, ya sesuai mood kamu dan penghuni rumah. Kalau pengen yang merah bisa, kuning bisa, dan lain sebagainya.

Perangkat Smart Home

Buat kamu yang penasaran, bisa memperhatikan beberapa perangkat smart home berikut ya. Siapa tahu kapan-kapan minat buat menggunakannya juga di rumah.

1. Nest Thermostat

© source google.com

Perangkat pertama ada Nest Thermostat. Perangkat ini berfungsi untuk mengatur suhu di rumah kamu. 

Dengan perangkat ini, kamu dapat mengatur suhu rumah dengan sangat mudah, yakni hanya dengan aplikasi saja, bahkan ketika kamu  lagi di luar. 

Tak hanya itu saja, perangkat smart home satu ini juga dapat mendeteksi kondisi cuaca loh, dan juga mengetahui kebiasaan suhu yang biasa kamu gunakan.

2. Google Home

© source google.com

Google home adalah perangkat di bagian suara atau speaker, sehingga apapun yang ingin kamu control di rumah bisa sangat mudah dilakukan, alarm misalnya. 

Selain itu, perangkat ini juga memungkinkan kamu untuk mengatur jadwal di kalender kemudian mencatatnya, memasang music, dan lain sebagainya.

Google Home juga bisa disambungkan ke perangkat atau aplikasi lain ya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatur suhu dan cahaya di rumah.

Dan sampai saat ini, perlengkapan smart home yang sedang gencar-gencarnya dikembangkan ya speaker ini.

3. Samsung Family Hub™

© source samsung.com

Perangkat satu ini terbilang memiliki teknologi yang sangat canggih. Karena ia bisa dikatakan memiliki system yang hampir sama kayak computer. 

Jadi, bentuknya tuh kulkas ya. Di bagian pintu kulkas kamu, layarnya bakalan layar sentuh, dan memungkinkan kamu buat melakukan banyak hal menarik, seperti membuat daftar belanjaan, mendengarkan music dan memutar film, bahkan, kamu juga bisa mengambil gambar isi kulkas kamu loh. 

Keren banget

Hal ini karena ternyata, perangkat satu ini menyediakan kamera di dalam kulkas kamu, dan hasilnya bisa kamu akses langsung di ponsel.

Tak hanya itu saja, keberadaan kamera di dalam kulkas juga membantu kamu dalam memantau kondisi makanan yang ada di dalamnya dengan mudah. 

Nggak perlu repot-repot lagi ke dapur ya.

4. Yale Conexis™ L1 Smart Door Lock

© source lockrite.org

Kalau selama ini kamu suka bingung mau ngeletakin kunci dimana, suka kelupaan ngunci pintu, dan lain sebagainya, tenang aja sis, karena Yale siap membantu kamu.

Kamu tahu dong, kalau salah satu perusahaan kunci terkenal dan ternama adalah ‘Yale’. Dan kini, melihat perkembangan smart home yang mulai menguntungkan, perusahaan Yale kemudian mencoba menginovasi produk mereka menjadi digital.

Sehingga, kini kamu sudah bisa mengunci dan membuka kamar hanya dengan ponsel doang. Kalau ponsel sih, pasti jarang banget ketinggalan dan kelupaan ya. 

Jadi perangkat dari Yale ini tentu sangat memudahkan kamu ya, apalagi, kamu juga dapat mengirimkan mobile key ke bebera orang pilihan kamu.

Pengen tau perangkat smart home lebih banyak, yuk baca artikel ini: 7 perangkat smart home terbaik

Smart Home Indonesia

Di Indonesia sendiri, tinggkat peminat smart home ini tergolong cukup tinggi. Bahkan kerennya, sudah ada loh beberapa perumahan yang menyediakan konsep smart home ini. 

Terutama di daerah Jakarta dan Bali. Kamu tahu banget dong, kalau dua kota tersebut merupakan kota dengan tingkat kesibukan yang luar biasa, sehingga memaksa mereka buat lebih sering beraktifitas di luar rumah. 

Meskipun demikian, keamanan rumah juga tentu harus diperhatikan, sehingga mereka mulai mempercayakan rumah mereka kepada perangkat smart home saja yang memungkinkan mereka untuk mengontrol rumah darimana saja dan kapan saja.

Penutup

Nah, menjelang lebaran atau hari-hari besar, permintaan perangkat smart  home tentu kian tinggi. Karena ada banyak banget orang-orang yang ingin mudik atau pulang kampung.

Meskipun masih di tengah  pandemic, tetap nggak ada salahnya loh kalau kamu mulai memasang perangkat smart home di rumah. 

Karena ada banyak banget keuntungannya, salah satunya adalah bisa menekan angka pengeluaran listrik kamu.

Hal ini karena dengan memantau perlengkapan yang ada di rumah, kamu bisa langsung mematikan peralatan yang masih dalam kondisi hidup.

Oke sekian pembahasan seputar smart home dan juga perangkatnya. 

Kamu bisa menyesuaikan perangkat apa saja yang akan kamu gunakan. Karena pada umumnya, hampir semua perangkat bisa digunakan untuk banyak hal kok. Nggak cuma satu.

Semoga bermanfaat.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>