Teknologi Smart Window Ala Rumah Tora Sudiro

Simak ulasan lengkap tentang smart window dan kaitannya dengan smart home.

Smart window atau jendela pintar menjadi salah satu bagian penting dari smart home, setelah smart door lock dan smart CCTV. Ketiganya merupakan device yang saling terkait untuk menjaga keamanan rumah.

By the way, salah satu teknologi smart window ini ternyata sudah diterapkan di Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah kantor podkesmas dan rumah Tora Sudiro.

Hal tersebut terungkap di salah satu video YouTube Taulany TV. Berikut videonya:

Teknologi smart window yang diterapkan di kedua tempat tersebut bernama Electrochromic Glass. Yaitu jendela kaca pintar yang bisa berubah-ubah, dari jernih ke buram atau terang ke gelap.

Dengan teknologi ini, kamu nggak perlu lagi pakai gorden di jendela, cukup gunakan tombol remote untuk merubah intensitas warna kaca. Simpel banget kan.

Definisi Kaca Electrochromic

Kaca Electrochromic (kaca dinamis) adalah kaca yang bisa diwarnai secara elektronik yang digunakan untuk jendela, skylight, fasad, atau dinding tirai. 

Kaca Electrochromic ini bisa dikontrol langsung oleh penghuni rumah, populer karena kemampuannya meningkatkan kenyamanan, memaksimalkan akses ke pemandangan luar ruangan, mengurangi biaya listrik, dan memberikan kebebasan desain kepada arsitek.

Teknologi Electrochromic juga diterapkan pada jendela pesawat untuk menghalau sinar matahari dan meredupkan kaca jendela.

Hal tersebut bisa dilakukan karena adanya arus listrik ke sebuah panel yang berada di antara lapisan dua kaca.

Lapisan terluar kaca (terbuat dari bahan plastik), berfungsi sebagai pelindung lapisan-lapisan di dalamnya.

Lapisan kedua yang berada di bawah lapisan kaca pertama merupakan lapisan oksida transparan (bening) dan bersifat konduktor.

Lapisan ketiga terdiri dari bahan Electrochromic, umumnya menggunakan oksida tungsten (WO3).

Lapisan keempat merupakan bahan elektrolit (bahan konduktor ion), dan lapisan kelima merupakan tempat berkumpulnya ion-ion. 

Kelima lapisan ini kemudian ditutup lagi oleh lapisan oksida dan lapisan kaca yang sama dengan lapisan kedua dan pertama tadi sehingga bentuk susunan lapisannya seperti roti isi sandwich.

Seluruh lapisan ini bisa melewatkan gelombang cahaya agar tampak (transparan) saat tidak diberi tegangan listrik.

Opsi Kontrol Kaca

Selain dengan remote, beberapa kaca Electrochromic juga bisa dikontrol dengan aplikasi smartphone dan bahkan dengan perintah suara seperti Alexa atau Google Asisstant.

Contohnya merk kaca pintar SageGlass yang digunakan Dirty Habit Restaurant di Washington DC.

Dirty Habit Restaurant © source sageglass.com

Kaca pintar Sage Glass menawarkan kontrol otomatis untuk pengelolaan cahaya, silau, konsumsi listrik, dan rendering warna. 

Untuk pengguna yang menginginkan kontrol lebih, Sage Glass dapat disetting secara manual menggunakan panel dinding, hal ini memungkinkan pengguna bisa mengubah warna melalui aplikasi seluler.

Harga Kaca Electrochromic

Dari segi harga tentunya kaca Electrochromic lebih mahal dibandingkan dengan kaca biasa. Untuk kisaran harganya bervariasi tergantung merk dan brand-nya. Tapi umumnya kaca Electrochromic dihargai minimal 400 ribu rupiah per meter persegi.

Berikut beberapa merk kaca Electrochromic yang saya rekomendasikan:

1. Sage Glass

© source sageglass.com
Fitur:
  • Memblokir 99% cahaya yang menghasilkan silau

  • Manajemen siang hari yang cerdas

  • Kontrol otomatis dan manual

Spesifikasi:
  • Tersedia dalam berbagai bentuk seperti persegi panjang, trapesium, jajaran genjang, segitiga, dll

  • Tersedia panel persegi panjang berukuran 6 'x 10' (1,8mx 3m)

  • Ada banyak pilihan warna dan aksesoris kaca tambahan

Salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang mencari kaca Electrochromic berkualitas tinggi. Sage Glass menawarkan merk kaca pintar dengan sistem kontrol otomatis. Tersedia empat level warna dan intensitas kaca yang bisa dirubah sesuka hati. Bisa dengan aplikasi smartphone maupun perintah suara.

2. SSEC Glass

© source ssecglass.com
Fitur:
  • Efektif memblokir 99% UV dan dapat menghentikan suara (kedap suara)

  • Manajemen siang hari yang cerdas

  • Kontrol otomatis dan manual

Spesifikasi:
  • Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran

  • Terintegrasi dengan berbagai bangunan

  • Tahan benturan dan perlindungan terhadap pecahan kaca

SSEC Glass merupakan salah satu merk kaca pintar yang diproduksi oleh Shanghai Strong Glass Intelligent Technology Co Ltd.

Merk ini menawarkan kaca pintar berteknologi Electrochromic dengan integrasi ke berbagai bangunan, mulai dari rumah sakit, hotel, smart office, rumah, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas umum.

3. Switch Glass

© source himalayaabadi.com
Fitur:
  • Efektif memblokir 98% UV

  • Beroperasi dengan voltase listrik normal

  • Kontrol otomatis dan manual

Spesifikasi:
  • Berubah dari buram (opaque) menjadi bening (clear) dalam sekejap

  • Dapat difungsikan sebagai layar interaktif dengan menambahkan touch screen sensor ataupun motion sensor

  • Mudah dalam perawatan dan pembersihan

Produsen dalam negeri juga nggak mau ketinggalan, terbukti dengan adanya produk switch glass buatan Himalaya Abadi yang merupakan salah satu produsen kaca pintar di Indonesia.

Berbeda dari yang lain, switch glass tidak hanya bisa merubah warna atau intensitas kaca, melainkan juga bisa dijadikan sebagai layar proyektor (projector glass), maupun sebagai layar interaktif (interactive glass).

Penutup

Teknologi smart glass merupakan terobosan baru dalam pengembangan IoT dan perangkat smart home. Selain diaplikasikan dalam bentuk kaca bangunan, smart glass juga tersedia dalam balut kacamata canggih yang memiliki teknologi AR (Augmented Reality).

Kedepannya teknologi ini akan terus berkembang dan tidak menutup kemungkinan akan muncul inovasi-inovasi baru yang lebih canggih lagi.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>