7 Kacamata Pintar Terbaik Berbasis Teknologi AR (Augmented Reality)

Simak rekomendasi kaca mata pintar terbaik berteknologi AR (Augmented Reality) berikut ini.

Bukan hanya smart home dan smart office, kini teknologi IoT terus merambah ke berbagai segmen, salah satunya adalah kacamata pintar terbaik yang akan saya ulas kali ini.

Sebagai salah satu perangkat personal yang sering digunakan, kacamata tentu punya banyak fungsi selain untuk menunjang penampilan dan kesehatan mata.

Kacamata pintar misalnya, yang di dalamnya disematkan teknologi AR (augmented reality), hal ini memungkinkan frame kacamata menampilkan berbagai informasi digital layaknya layar pada smartphone.

Bahkan, salah satu kacamata pintar Amazon Echo menggunakan mikrofon dan speaker empat arah yang memungkinkan kamu berbicara dengan asisten pintar Alexa.

So, bagaimana? tertarik untuk memiliki kacamata pintar. Kalau iya, berikut ini saya rekomendasikan 7 kacamata pintar terbaik dengan teknologi AR.

1. Kacamata Pintar Vuzix Blade

© source tomsguide.com

Vuzix Blade mengusung teknologi AR (augmented reality) dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. 

Dengan kacamata ini, kamu bisa memeriksa pesan, mendapatkan petunjuk arah, membaca lirik karaoke, dan bahkan menggunakan Alexa langsung didepan mata. Dilengkapi kamera kecil beresolusi 720p/8MP, kacamata pintar Vuzix Blade dapat digunakan untuk mengambil foto dan video dengan kualitas HD.

2. Kacamata Pintar Vue Glasses

© source kickstarter.com

Memiliki desain stylist seperti kacamata pada umumnya, menjadikan Vue Glasses sebagai kacamata pintar terbaik di kelasnya.

Beberapa fitur unggulan seperti speaker yang tertanam, kontrol sentuh yang intuitif, bluetooth, hingga daya tahan untuk segala cuaca dengan perlindungan air IPX5.

Kacamata ini diklaim sebagai yang tertipis dan teringan di dunia, plus dirancang untuk penggunaan sehari-hari.

3. Kacamata Pintar Everysight Raptor

© source bikeradar.com

Jika kamu hobby bersepeda, kacamata pintar ini mungkin jadi pilihan terbaik untuk kamu coba.

Everysight Raptor, didukung dengan konektivitas WiFi dan bluetooth lengkap dengan GPS serta kamera bawaan. Kacamata pintar ini juga menawarkan slot penyimpanan 16GB hingga 32GB. Jadi kamu nggak perlu khawatir lagi saat merekam kegiatan bersepeda, karena kapasitas penyimpanannya yang cukup besar.

Satu-satunya kekurangan adalah bentuknya yang besar dan berat, mungkin akan sedikit tidak nyaman jika kamu belum terbiasa.

4. Kacamata Pintar Google Glass

© source google.com

Google sebagai produsen perangkat pintar tentu tidak ingin ketinggalan dalam menciptakan perangkat kacamata pintar. 

Salah satu produknya yang terkenal adalah Google Glass Enterprise Edition 2, yang merupakan kacamata dengan sistem Android open source platform.

Kacamata ini didesain untuk memudahkan pekerjaan, mempercepat waktu, dan meningkatkan efektifitas.

Dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon XR1 yang memungkinkan kamu mendapat dukungan yang lebih baik untuk kasus penggunaan computer vision dan pembelajaran mesin onboard.

5. Kacamata Pintar Bose Frames

© source bose.com

Kacamata pintar Bose Frames mengusung desain retro yang kekinian, ditambah frame hitam dengan kaca yang terpolarisasi membuat Bose Frames terlihat elegan dan minimalis.

Di bagian gagang kacamata ini, tersemat berbagai teknologi termasuk baterai, sensor gerak, mikrofon, speaker, dan sirkuit bluetooth.

Untuk fitur AR-nya sendiri, Bose Frames sudah mendukung enam aplikasi AR sejak diluncurkan. Sayangnya, kebanyakan dari aplikasi tersebut ditujukan untuk tujuan hiburan.

6. Kacamata Pintar Amazon Echo

© source cnn.com

Dari segi visual, kacamata pintar dari Amazon ini bisa dibilang yang terbaik. Bentuknya sangat simpel, persis seperti kacamata biasa dengan lensa jernih dan gagang hitam.

Konsepnya juga relatif sederhana, dimana terdapat speaker kecil dan mikrofon yang tertanam di pelipis sehingga memungkinkan kamu dapat mendengarkan musik dan memerintahkan Alexa.

Salah satu kekurangan dari kacamata ini adalah desain frame lensanya yang agak besar, mungkin akan terlihat bagus dari depan, tapi tidak dari samping.

7. Kacamata Pintar Microsoft Hololens

Kacamata pintar besutan Microsoft ini lain daripada yang lain. Bagaimana tidak, teknologi yang disematkan bukan hanya AR (augmented reality), melainkan juga teknologi VR (virtual reality).

Microsoft Hololens menggabungkan antara virtual reality dan augmented reality sehingga menciptakan mixed reality. Mixed reality memungkinkan kacamata ini membawa tampilan grafis dalam dunia virtual ke dalam dunia nyata.

Kacamata ini mengusung sistem operasi Windows 10 dengan kamera 2,4MP. Harganya dibanderol sekitar 51 juta rupiah per unit.

Itulah ketujuh rekomendasi kaca mata pintar terbaik yang bisa kamu beli sekarang juga. Selain kaca mata pintar, kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi perangkat pintar lain seperti smart lamp, smart lock, dan smart vacuum cleaner hanya di blog ini.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>