Mengenal Apa Itu Smart Home System

Di artikel ini kamu akan mengenal apa itu smart home, smart home system, dan smart home devices berikut contohnya.

Dengan semakin berkembangnya jaman, tentu kebutuhan akan rumah pintar juga semakin bertambah. 

Rumah pintar atau smart home merupakan upaya otomatisasi rumah dengan berbagai alat canggih yang saling terintegrasi. Biasanya semua peralatan ini terhubung melalui internet dan dapat dikontrol dengan mudah lewat perintah suara.

Apa Itu Smart Home?

Simpelnya, smart home adalah rumah berbasis teknologi. Dimana teknologi yang digunakan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh.

Teknologi smart home ini sebenarnya masih tergolong baru di Indonesia, jadi masih belum banyak orang yang paham tentang seluk beluk smart home dan berbagai peralatan canggih yang bisa digunakan.

Dengan smart home atau sistem rumah cerdas, kamu bisa melakukan kontrol berbagai fungsi dalam rumah dengan mudah, mulai dari sistem keamanan rumah, pencahayaan, suhu ruangan, hingga peralatan memasak.

Smart System dan Smart Device

Buat kalian yang ingin memasang dan menggunakan smart home di rumah, sebaiknya pahami dulu apa saja peralatan atau sistem rumah cerdas yang akan digunakan.

Smart home itu terbagi dalam dua bagian, yaitu smart home system dan smart home device.

Ibarat manusia, smart home system ini adalah otak atau sistem yang mengatur berbagai fungsi organ tubuh.

Sementara smart home device adalah organ tubuh itu sendiri yang punya fungsi masing-masing.

Untuk mempermudah pemahaman kalian, mari kita bahas beberapa contoh smart home system:

1. Amazon Alexa

Alexa merupakan smart home system milik raksasa eccomerce Amazon. Smart system ini kompatible dan bisa di integrasikan dengan ribuan perangkat smart home dari berbagai merk.

Seperti produk yang dibuat oleh Philips, Samsung, Nest, hingga layanan musik Spotify.

Untuk menggunakan Alexa, kamu hanya perlu memberikan perintah suara.

Misalnya saat ingin mematikan lampu, kamu tinggal bilang begini:

Alexa tolong matikan lampu rumah?

Smart system Alexa ini punya kemampuan AI (artificial intelligence) yang sama dengan Google Assistant. Sehingga bisa menerima berbagai perintah suara selama perangkat dari setiap perintahnya terpasang di rumah kalian.

2. Google Assistant

Google Assistant merupakan salah satu smart home system terbaik.

Jika dibandingkan Alexa, Google Assistant punya sistem AI  (artificial intelligence) yang lebih canggih, meski perangkat yang bisa terintegrasi cukup terbatas.

Berdasarkan data ZDNet, Google Assistant memiliki skor akurasi 92,9% dan Amazon Alexa hanya 79,8% dalam hal menjawab perintah suara.

Dari data tersebut terlihat bahwa Alexa unggul dalam segi jumlah device yang terintegrasi, sementara untuk urusan user experience, Google Assistant bisa dibilang yang terbaik.

3. Wink Hub

Berbeda dengan Alexa dan Google Assistant, Wink Hub tidak memiliki loyalitas merk. 

Perangkat smart system ini dirancang untuk bisa menggabungkan berbagai produk pintar dalam satu hub, dan mengontrolnya dengan mudah lewat aplikasi.

Wink Hub mendukung berbagai protokol rumah pintar, termasuk bluetooth, wifi, z-wave, hingga lutron clear connect.

Ada banyak sekali merk produk smart home yang bisa dikontrol dengan Wink Hub, mulai dari Philips, Nest, TCP, Kidde, HoneyWell, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang suka mengoleksi berbagai merk perangkat pintar di rumah, memang paling cocok menggunakam smart system dari Wink Hub.

4. Samsung SmartThings Hub

Dengan smart system dari Samsung, kalian bisa mengontrol berbagai perangkat smart home dari satu aplikasi.

Kamu bisa menyatukan berbagai perangkat smart home, mulai dari termostat pintar, bola lampu, router wifi, hingga perangkat keamanan rumah.

Simpelnya, kamu tinggal menyalakan atau mematikan fungsi dari tiap perangkat tersebut melalui aplikasi SmartThings yang tersedia di Android dan IOS.

Selain itu, Samsung SmartThings Hub juga memiliki bebepara produk smart home sendiri, seperti SmartThing Lightbulb dan SmartThings Cam.

5. Apple Siri

Khusus kalian para pecinta produk Apple, atau memiliki banyak produk smart home dari Apple, mungkin bisa menggunakan smart system canggih dari Apple Siri.

Dengan smart system dari Apple Siri, kalian bisa mengontrol semua perangkat Apple dengan lebih mudah bahkan saat berada diluar rumah.

Apple Siri juga mempunyai fitur assistant yang mendukung perintah suara. Jadi saat kalian ingin menyalakan atau mematikan perangkat, cukup katakan Hey Siri, lalu ucapkan sesuatu seperti:

"Nyalakan lampu"

"Matikan kipas"

"Hidupkan pemanas"

"Kunci pintunya"

...dan lain-lain.

Untuk mulai menggunakan Siri, berikut beberapa hal yang kamu perlukan:

  1. Mengatur perangkat smart home di aplikasi rumah
  2. Untuk menggunakan fitur voice assistant, pastikan perangkat terhubung dengan wifi atau internet
  3. Untuk menggunakan app rumah dan mengontrolnya di Mac, perbarui versi Mac ke OS Mojave atau versi terbaru
  4. Untuk mengontrol Siri dari jarak jauh (diluar rumah), kamu harus mengatur hub rumah terlebih dulu

Smart Home dan IoT

IoT (Internet of Things) ini erat kaitannya dengan smart home. Keduanya punya tujuan sama yaitu otomatisasi semua perangkat agar terhubung dan dapat dikontrol melalui internet.

Beberapa platform IoT seperti Tuya juga menyediakan banyak produk smart home dari berbagai merk ternama.

Untuk sekarang ini, selain perangkat smart home, ada beberapa produk IoT yang sudah banyak digunakan, seperti smartphone, smartwatch, laptop, gadget, dan lain-lain.

Penutup

Sampai disini, saya rasa kalian sudah paham betul apa itu smart home system dan smart home device.

Sistem smart home yang berbasis IoT ini sebenarnya punya banyak kelebihan dan juga kekurangan.

Kelebihannya karena bisa mempermudah kontrol rumah dan segala perangkat yang terhubung, sehingga semua pekerjaan rumah bisa dilakukan dengan lebih efisien.

Sedangkan kekurangannya adalah rentan diretas. Seperti yang kita tau bahwa smart system harus terkoneksi dengan internet untuk bisa digunakan, dan system semacam ini bisa saja diretas atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang smart home system, temukan berbagai artikel menarik lainnya tentang smart home dan IoT hanya di blog ini.

FAQ

  • Sangat bagus. Dengan smart home kamu bisa meningkatkan tingkat keamanan rumah. Misalnya saat lupa mengunci pintu rumah, kamu bisa menguncinya dari jarak jauh dengan perangkat smart home. Kamu juga dapat menggunakan peralatan pintar untuk memantau rumah dan orang yang kamu cintai di dalamnya.
  • Dikutip dari FIXR.com, biaya otomatisasi rumah adalah sekitar $ 20.000 untuk mengotomatiskan setiap ruangan di rumah, termasuk lampu, tirai, kunci, peralatan, sistem irigasi, termostat, hub, dan empat speaker pintar.
  • Tentu saja. Misalnya saat kamu lupa mematikan lampu atau AC rumah saat sedang keluar, dengan smart home kamu bisa mematikannya dari jarak jauh. Tentu ini akan menghemat pengeluaran listrik bulanan.

2 komentar

  1. trima kasih infonya sangat bermanfaat
    • sama-sama kak, jangan lupa di share🤗
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>