10 Desain Rumah Industrial Low Budget Tapi Mewah

Inspirasi desain rumah industrial low budget tapi mewah dengan berbagai interior dan eksterior unik.

Tren rumah industrial kini semakin populer dikalangan para milenial. Desain rumah dengan konsep industri ini memiliki biaya pembangunan yang lebih kecil namun tetap terkesan mewah. Berbeda dengan rumah minimalis, desain rumah industrial menggunakan bahan-bahan seperti baja, kayu, logam, batu, dan material lain yang memberi kesan industri.

Desain rumah industrial

Kebanyakan rumah industrial mempunyai dinding rumah unfinish (mentah tanpa plester dan cat). Hal ini sengaja dilakukan agar kesan industrial pada rumah semakin terlihat. Sementara itu pada bagian atap biasa menggunakan aluminium atau baja ringan yang biayanya lebih murah dibanding genteng tradisional.

Selain dari segi desain luar, rumah industrial juga mencakup berbagai interior klasik didalamnya. Mulai dari perabotan dari kayu, lantai marmer atau beton, hingga pintu rumah minimalis.

Kelebihan dan kekurangan rumah industrial

Sama halnya dengan rumah minimalis, desain rumah industrial juga memiliki berbagai kelebihan:

  • Low budget - rumah industrial menggunakan material serba mentah atau daur ulang yang harganya lebih murah. Jika dilihat sekilas mungkin jauh dari kesan mewah, tapi justru bagi sebagian orang desain rumah seperti inilah yang di inginkan.
  • Ramah lingkungan - rumah industrial sebisa mungkin mengurangi penggunaan cat dan material finish yang tidak ramah lingkungan. Perawatannya juga jauh lebih mudah dan hemat tenaga.
  • Nyaman dan unik - konsep industrial masih sangat jarang digunakan, karena itu rumah jenis ini akan terlihat berbeda dari yang lain. Apalagi dengan banyaknya material dari alam, kesan adem dan nyaman akan semakin memanjakan Anda.

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangan. Salah satu kekurangan dari desain rumah industri adalah tantangan dalam memilih berbagai material yang akan digunakan. Dengan material usang dan serba mentah, kita harus bisa menghadirkan kesan berkelas dan mewah. Sering kali pemilihan bahan yang salah malah membuat rumah jadi terlihat murahan.

Inspirasi rumah industrial low budget

Bagi Anda yang tidak sabar untuk memiliki rumah berkonsep industrial, berikut ini kami merangkum beberapa contoh desain rumah industrial yang bisa Anda tiru.

1. Rumah industrial 2 lantai

© source spoa arsitek

Dengan luas lahan 150 meter persegi, rumah berkonsep industrial ini dibangun menjadi 2 lantai dengan halaman rumah yang cukup luas. Lantai pertama rumah ini mengusung konsep open plan dengan dinding unfinish, sehingga membuatnya tampak lebih luas.

2. Rumah industrial futuristik

© source ruangrona arsitek

Rumah industrial bernama SN house ini merupakan sebuah showroom butik sekaligus tempat tinggal. Bentuk rumahnya memang tidak terlalu luas, hanya saja dibuat memanjang kebelakang dengan showroom yang dibuat dilantai dasar. 

Konsep industrial jelas terlihat dari desain eksterior yang menggunakan material unfinished. Beberapa ornamen kayu pada fasad dan tralis jendela dari logam semakin menambah kesan industrial pada rumah.

3. Rumah industrial modern

© source tamara wibowo arsitek

Desain rumah industrial low budget dengan atap bersudut curam juga bisa jadi pilihan untuk Anda tiru. Desain fasad-nya yang unik dengan blok batu yang tersusun rapi membuat kesan industrial semakin terasa. Belum lagi adanya pohon yang merambat antara dinding dengan fasad membuat suasana rumah seperti menyatu dengan alam.

4. Rumah industrial dengan bata ekspos

© source archdaily

Kunci dari desain rumah industrial diatas terdapat pada susunan bata ekspos yang rapi dengan mempertahankan warna aslinya. Karena itu dinding rumah tidak di plester agar tetap menampilkan kesan industrial.

Tapi sebelum Anda memilih desain rumah seperti ini, penting untuk mengetahui jenis bata ekspos yang digunakan. Sebab tidak semua bata memiliki ketahanan tinggi jika tanpa dilindungi dengan lapisan plester. Beberapa bata yang direkomendasikan para arsitek seperti bata tanah liat belang, bata terakota, batu bata pasir kapur, dan bata ekspos KWD.

5. Rumah industrial tropis

© source bitte design studio

Desain rumah industrial dengan sentuhan hunian bernuansa tropis memang memanjakan mata. Lebatnya tanaman hias dan beberapa bunga gantung membuat kesan rumah yang menyatu dengan alam.

Desain rumah diatas merupakan salah satu perumahan berkonsep industrial yang berada di daerah Cimanggis Jakarta Selatan. Perumahan tersebut bernama AA Residence. Hunian berkonsep industrial ini dibangun pada tahun 2016.

6. Rumah industrial dengan rooftop

© source blogspot.com

Rumah industrial 2 lantai dengan rooftop memang memberi kesan tampilan yang mewah. Material utama di rumah ini di dominasi kaca dan bata ekspos yang memiliki warna khas. Pada lantai 2, tangga menuju rooftop sengaja dibuat terbuka agar semakin menonjolkan kesan industrial di dalam rumah.

7. Rumah industrial setengah kontainer

© source pinhome.id

Menarik memang, dengan memanfaatkan kontainer bekas kita bisa membuat rumah bergaya industrial. Pada desain rumah diatas, sebagian terbuat dari kontainer bekas yang disusun 2 tingkat. Memodifikasinya hingga menyerupai rumah dan nyaman untuk ditempati tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

8. Rumah industrial full kontainer

© source instagram.com

Desain rumah industrial yang terbuat dari kontainer juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang punya keterbatasan dana. Selain terkesan lebih simpel, rumah industrial dari kontainer juga bisa dimodifikasi sedemikian rupa hingga nyaman ditinggali.

Kalau Anda menganggap rumah diatas murahan maka salah besar. Rumah dari kontainer tersebut merupakan milik salah satu selebritis terkenal loh, siapa lagi kalau bukan chef Renatta.

Mau tau seperti apa desain dan interior di dalamnya, cek ulasan kami sebelumnya tentang: potret rumah minimalis chef Renatta

9. Rumah industrial kecil

© source orami.co.id

Punya lahan terbatas tapi ingin memiliki rumah bergaya industrial. Desain rumah kecil diatas mungkin cocok untuk Anda. Dengan master plan yang matang, Anda bisa membangun rumah bergaya industrial yang lega dan nyaman untuk ditempati. 

Sedikit sentuhan modern pada rumah tentu tidak akan menjadi masalah. Jangan lupa sisakan sedikit lahan dibagian depan untuk dijadikan taman kecil yang hijau.

10. Rumah industrial minimalis

© source google.com

Desain minimalis selalu menghilangkan bagian rumah yang tidak perlu, membuatnya terlihat flat dan sederhana tanpa embel-embel yang berlebihan. Pada desain rumah diatas, hampir seluruh dinding dibuat unfinished dengan warna yang natural.

Demikianlah ulasan mengenai desain rumah industrial low budget. Inspirasi desain diatas pastinya akan membantu Anda dalam menentukan rumah industrial seperti apa yang nantinya akan Anda bangun. 

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>