AC LG Dual Inverter: 2 Kali Lebih Cepat Dinginkan Ruangan

Ulasan tentang AC LG Dual Inverter LW-1019Y-VSM. Pendingin AC terbaik dengan mode hemat energi dan performa pendingin lebih cepat dan tidak bising.

Tidak mungkin Anda tidak menyukai AC LG Dual Inverter atau jika Anda ingin menyebutnya dengan nama resminya, yaitu LG - LW 1019Y VSM. AC LG Dual Inverter ini mampu mendinginkan kamar tidur saya dengan sangat cepat, tanpa menimbulkan suara bising yang berlebihan.

Perangkat ini juga pintar. Sebelum memasuki gedung apartemen, saya biasa menyalakannya dari jarak jauh sehingga ketika saya sampai di ruangan, udara dingin nan segar bisa langsung saya hirup. Efisiensi tanpa harus memboroskan listrik, itulah kenapa saya menyukai AC LG Dual Inverter.

Kelebihan:
  • Dilengkapi 4 Cooling dan Fan Speeds with Auto Cool

  • Dilengkapi LG SmartThinQ™ Technology

  • Dilengkapi teknologi LoDecibel™ dengan 4-Way Air Direction

Kompatibel dengan:
  • Amazon Alexa

  • Google Assistant

  • Smart ThinQ

Proses Instalasi

Saya menghabiskan waktu setidaknya dua hari untuk memasang unit AC ini, bagi tenaga ahli mungkin hanya butuh waktu beberapa jam saja. Spesifikasi pemasangannya membutuhkan jendela gantung ganda dengan dimensi tertentu, Belum lagi tambahan bracket L yang disertakan juga harus dipasang agar unit AC tetap aman.

Di hari kedua pemasangan AC, saya mengambil beberapa potongan kayu di belakang rumah, menggergajinya ke bentuk yang tepat agar permukaan kayu menjadi rata. Kemudian saya memasang bracket L ke kayu tersebut sebagai tatakan dan mengangkat AC LG Dual Inverter ke tempatnya dengan bantuan pasangan saya.

LG menyertakan banyak busa pelindung dan bantalan untuk menutup celah di sekitar unit AC, hal ini tentu untuk meminimalisir kebisingan ketika unit AC dinyalakan. Selebihnya relatif mudah. Buku manual yang disertakan juga cukup rinci dan mudah diikuti.

Baca juga: Portable AC PC9+, lebih dingin dan mudah dibawa

LG Dual Inverter

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Dual Inverter? Prinsip sederhananya begini, jika AC biasa menggunakan kompresor tunggal yang digerakkan motor untuk menghilangkan udara panas dari ruangan, mendinginkan udara di dalam ruangan, dan mencegah masuknya udara panas dari luar. Unit AC biasa akan merasakan saat ruangan terlalu panas dan kompresor naik ke level maksimal, lalu mati saat ruangan mencapai suhu yang tepat. 

Namun, AC LG Dual Inverter memiliki kompresor dan ruang kembar, yang memungkinkannya untuk mengubah outputnya. Jika sebuah ruangan hanya membutuhkan energi dalam jumlah tertentu untuk mendinginkan ruangan, maka motor tidak perlu berputar sepenuhnya untuk bekerja. 

Hal ini membuat unit AC lebih cepat, lebih tenang, dan lebih hemat energi. Menurut Energy Star, unit AC LG Dual Inverter menggunakan 27% lebih sedikit energi dari standar normal.

1. Mampu mendinginkan lebih cepat

Sebagian orang mungkin tidak terlalu memikirkan masalah kehematan energi AC. Yang paling dibutuhkan adalah seberapa baik suhu ruangan menjadi dingin. Jawabannya sangat sangat baik. Pada kemarau beberapa bulan lalu misalnya, ketika suhu ruangan mencapai 80 derajat, unit AC LG Dual Inverter ini mendinginkan suhu dalam ruangan dari menjadi 40-an derajat yang nyaman hanya dalam waktu satu jam.

2. Jangkauan lebih luas

Kalau dilihat dari spesifikasinya, unit AC LG Dual Inverter dapat mendinginkan ruangan dengan luas sekitar 400 hingga 450 kaki persegi. Sayangnya, saya hanya dapat mengujinya di ruangan berukuran setengah dari itu, meskipun ketika saya biarkan pintu terbuka, bahkan bisa mendinginkan lorong dan ruangan di sekitarnya dengan cukup baik.

3. Tiga mode kipas untuk performa maksimal

Unit AC LG Dual Inverter memiliki kipas angin yang kuat. Anda dapat memilih antara tiga kekuatan kipas, dan saya biasanya membiarkannya pada pengaturan normal. Ketika saya berada di tempat terdekat dengan AC, saya bisa merasakan angin sedingin es di wajah saya. Anda juga dapat mengatur kisi-kisi AC ke atas, bukan hanya dari sisi ke sisi, hal ini untuk mengarahkan udara menjauh dari wajah Anda. Itu membantu, terutama untuk Anda yang alergi dingin berlebihan.

4. Tenang dan tidak bising 

Yang paling saya sukai dari AC LG Dual Inverter adalah suaranya yang tidak keras. Meskipun tidak benar-benar tenang, tapi itu secara signifikan lebih tenang daripada kebanyakan merk air conditioner lain yang sudah saya coba.

Biasanya saya juga mengaktifkan mode penghemat energi saat malam hari. Dengan mode ini, ruangan bisa di dinginkan ke suhu yang diinginkan dan kemudian mati. Itu akan hidup kembali sesering mungkin untuk mendinginkan ruangan lagi.

5. Mode timer yang menyenangkan

Karena sering lupa mematikan AC saat berpergian, sekarang saya terbiasa menggunakan timer pada unit AC LG Dual Inverter. Saya bisa menyetelnya selama setengah jam, satu jam, hingga beberapa jam. Cukup efisien dan membantu menghemat energi listrik di rumah.

Baca juga: Coway Air Purifier,solusi terbaik udara sehat di rumah

Spesifikasi Lengkap

Performa Fitur Spesifikasi
BTU Performance 9500 Termostat Control Thermistor Dimensions 9.56" x 12.48" x 24.53"
CEER 13.8 Air Deflections 4-Way Weight 63 Ibs
Dehumid 2.7 Remote Controller LED Remote Voltage 115
Dry Air Flow 280 Auto Restart Yes Watts 660
dBA Level 58/64 Timer Yes Color White
Cooling Area 450 Compressor Rotary Warranty 1 Year Parts and Labor
Refrigerant R32 Chassis Type Top Down Codes 048231600781

Itulah ulasan tentang AC LG Dual Inverter dari saya. Secara keseluruhan, saya memberi nilai 90 untuk unit AC ini, belum sempurna, tapi bisa dibilang yang terbaik di kelasnya. Sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan di rumah, kantor, atau ruangan luas yang butuh pendinginan ekstra.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>