7+ Inspirasi Kolam Ikan Mini di Teras Rumah dan Tips Membuatnya

Inspirasi kolam ikan mini di teras rumah berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk menata area teras agar terlihat cantik dan nyaman.

Seperti yang kita tau, teras rumah merupakan spot paling menyenangkan untuk berkumpul dan berbincang ria bersama keluarga. Teras juga menjadi halaman depan atau muka sebuah rumah.

Desain teras rumah yang bagus, tentunya akan membuat kamu, keluarga, dan orang-orang yang datang ke rumah merasa nyaman dan betah berlama-lama. Nah, untuk membuat tampilan teras terlihat bagus, menambahkan kolam ikan mini di teras rumah adalah salah satu ide yang bisa kamu tiru.

Konsep teras rumah dengan kolam ikan ini cocok untuk kamu yang suka rebahan sambil leyeh-leyeh di halaman teras. Adanya kolam mini dengan berbagai ikan hias di dalamnya tentu akan melengkapi kemageran kamu dan membuat suasana rumah semakin menyenangkan.

Inspirasi Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi kolam ikan mini di teras rumah. Berikut Smartnul berikan beberapa konsep teras rumah minimalis yang terdapat kolam ikan mini di dalamnya. Langsung saja, cekidot…

1. Kolam Ikan Memanjang

Desain kolam ikan memanjang ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk menghias teras rumah. Bentuknya simpel, yang membentang dari sudut teras ke sisi teras lainnya membuat suasana rumah semakin adem dan asri.

Untuk membuat nuansa semakin natural, gunakan pancuran air di salah satu sudut kolam agar suara gemericik air bisa menenangkan pikiran kita ketika duduk di teras rumah. Pancuran air ini juga berfungsi untuk mensirkulasi air yang ada dalam kolam agar tetap jernih dan jadi habitat nyaman bagi para ikan hias.

2. Kolam Mini Sudut Teras

Selanjutnya, ada kolam ikan mini yang ditempatkan di sudut teras rumah. Desain ini cocok untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan banyak budget untuk membuat sebuah kolam ikan hias.

Dengan petak kolam yang hanya berukuran 1 meter persegi, kamu sudah bisa membuat kolam ikan mini di teras rumah yang minimalis dan cantik. Tempatkan juga beberapa tanaman hias di sekitar kolam agar semakin menambah kesan natural pada teras.

3. Kolam Ikan Aesthetic

Desain kolam ikan mini di teras rumah yang satu ini adalah yang paling diminati banyak orang. Konsep desain yang digunakan adalah kombinasi dari desain modern dan juga desain natural.

Seperti yang kamu lihat, penggunaan material keramik sebagai lantai teras merupakan representasi dari konsep modern, sedangkan bentuk kolam yang unik dengan banyak bebatuan di sekitarnya menjadikan kesan natural tetap terjaga.

Kombinasi dari keduanya akhirnya membuat tampilan teras rumah semakin aesthetic dan nyaman. Cocok untuk kamu yang hobi berpetualang atau vacation di tempat-tempat yang memamerkan keindahan alam. 

Baca juga: 7+ Kombinasi Warna Cat Rumah Abu Abu Muda Minimalis Kekinian

4. Kolam Ikan Persegi

Next, ada kolam ikan mungil berbentuk persegi yang dilengkapi beberapa ornamen air mancur dan juga lampu taman. Letak kolam ikan yang berada tepat di hadapan pintu teras rumah ini bisa jadi pemandangan yang menyegarkan mata.

Saat pagi atau sore hari, kamu bisa duduk bersantai di teras sambil memberi makan ikan hias yang ada di kolam. Nuansa alami akan semakin terasa dengan adanya gemericik air mancur. Belum lagi ketika malam, kamu bisa menikmati suasana teras dengan kolam dan lampu taman yang indah.

5. Akses Jalan di Tengah Kolam

Salah satu ide kreatif yang bisa kamu tiru nih, membuat kolam ikan mini di teras rumah dan menjadikannya sebagai akses jalan keluar masuk rumah.

Bukan hanya aesthetic, desain kolam seperti ini juga membuat tampilan teras kamu lain daripada yang lain. Kamu bisa mulai dengan membuat kolam ikan memanjang di teras rumah, kemudian menambahkan beberapa pondasi batu yang disusun sejajar di tengah kolam, untuk nantinya dijadikan akses jalan. 

Menambahkan beberapa air mancur di sekitar kolam juga akan membuat tampilannya semakin keren. Nah, jika kamu tertarik membuat desain kolam ikan seperti ini, jangan lupa perhatikan kedalamannya ya. Jangan sampai nantinya malah berbahaya untuk anak-anak. 

6. Aquarium Terbuka di Teras

Aquarium terbuka yang aesthetic ini mungkin bisa kamu jadikan inspirasi saat ingin membuat kolam ikan mini di teras rumah. Dengan menggunakan aquarium, kamu bisa menghemat budget pengeluaran sekaligus membuat tampilan teras terlihat berbeda dari yang lain.

Untuk ukuran akuariumnya sendiri tidak harus berukuran besar. Kamu bisa mulai dengan membuat aquarium berukuran 1x2 meter menggunakan coran semen atau semacamnya yang kedap air.

Di beberapa sisi kolam, gunakan juga kaca aquarium dengan ketebalan yang sesuai. Adanya kaca ini akan mempercantik tampilan kolam dan membuatnya bisa dilihat dari atas maupun samping.

7. Kolam Ikan Alami

Terakhir, ada inspirasi kolam ikan mini di teras rumah yang mengusung konsep natural. Tidak hanya natural dari segi desain, kolam ikan ini juga menggunakan berbagai material dari alam, seperti bebatuan, tanaman hias, hingga bunga teratai yang memenuhi air kolam. Adanya air mancur yang keluar dari selah-selah bebatuan membuat nuansa alami semakin terasa di area teras.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Mungil Cantik Untuk Keluarga Baru

Tips Membuat Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Nah, setelah kamu mengetahui inspirasi desain kolam ikan mini di teras yang cantik dan mengagumkan. Selanjutnya, Smartnul akan berikan beberapa tips penting bagi kamu yang akan membuat kolam ikan di teras rumah.

Seperti apa tipsnya, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini:

Tentukan Konsep Kolam yang Ingin Dibuat

Sebelum memutuskan untuk membuat kolam ikan di teras, tentukan terlebih dahulu konsep atau desain yang akan digunakan. Kamu bisa memilih satu dari ketujuh desain diatas untuk ditiru atau membuat desain kolam ikan kalian sendiri.

Menentukan konsep kolam yang akan dibuat ini juga termasuk memilih lokasi yang akan digunakan untuk membuat kolam. Apakah kamu akan menempatkannya di sudut teras, taman depan rumah, atau tepat di tengah-tengah teras.

Perhatikan Faktor Keamanan

Saat menentukan konsep dan memilih lokasi kolam, perhatikan juga faktor keamanan. Buat desain kolam ikan yang tidak terlalu dalam, maksimal 1 sampai 1,5 meter untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan. Khususnya untuk kalian yang memiliki anak atau balita.

Tentukan Desain Sirkulasi Air Kolam

Meski kolam yang ingin kamu buat adalah kolam ikan mini yang ukurannya tidak terlalu besar. Tetap saja, saluran sirkulasi air kolam harus diperhatikan agar ikan-ikan yang ada di dalamnya bisa hidup dengan tenang.

Untuk membuat saluran sirkulasi air kolam, kamu bisa menggunakan pipa air yang berbentuk lereng berlubang. Perlengkapan semacam ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko aquarium atau alat-alat bangunan.

Untuk hasil terbaik, pilihlah desain kolam yang selaras dengan bentuk dan ukuran rumah kalian. Untuk rumah minimalis modern misalnya, menggunakan desain kolam ikan dengan aquarium terbuka adalah pilihan terbaik. Selain menunjang tampilan rumah, desain kolam seperti ini juga akan mempertahankan kesan modern dan minimalis yang rumah kalian miliki.


  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>