Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Mungil Cantik Untuk Keluarga Baru

Lihat inspirasi desain rumah 2 lantai mungil cantik berikut ini. Bisa jadi pilihan untuk keluarga baru yang ingin memiliki rumah minimalis impian.

Inspirasi desain rumah 2 lantai mungil cantik berikut ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang memiliki lahan terbatas.

Harga properti dan tanah terus mengalami peningkatan pesat, hal ini membuat banyak orang kesulitan mendapatkan lahan yang cukup untuk membangun rumah. Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, tentu akan jadi sangat sulit mendapatkan lahan untuk membangun rumah yang sesuai.

Untuk menyiasatinya, membangun rumah 2 lantai mungil cantik bisa jadi solusi terbaik bagi keluarga baru yang memiliki lahan sempit untuk membangun rumah.

Dengan membangun tipe hunian seperti ini, kamu tidak hanya menghemat budget pengeluaran, tapi juga bisa membuat rumah dengan lebih banyak ruangan yang notabene tidak ditemukan pada rumah mungil 1 lantai.

Berikut Smartnul berikan inspirasi desain rumah 2 lantai mungil cantik untuk keluarga baru yang ingin membangun rumah impian.

1. Rumah Kecil Tapi Mewah 2 Lantai

Untuk kamu yang punya lahan sempit di perkotaan, contoh desain rumah minimalis diatas bisa kamu tiru. Dengan lahan terbatas, kamu bisa membangun rumah mungil berkonsep modern lengkap dengan teras balkon.

Konsep rumah seperti ini cocok untuk keluarga baru yang beranggotakan 2 sampai 4 orang. Dengan 3 ruangan utama yang ada dalam rumah, kamu tetap bisa membuat nuansa hunian yang asri, nyaman, dan pastinya hemat budget.

2. Rumah Tingkat Sederhana Kecil

Selanjutnya, ada rumah 2 lantai mungil cantik yang mengusung konsep sederhana. Desain rumah ini cocok untuk kamu yang tinggal di pinggiran kota yang asri, dengan lingkungan yang teduh dan dikelilingi banyak pohon, suasana rumah akan semakin terasa nyaman.

Untuk mempercantik tampilan rumah kalian, gunakan kombinasi warna cat rumah abu-abu muda dan juga dekorasi teras rumah sederhana yang inspiratif.

3. Rumah 2 Lantai Sederhana Di Kampung

Dengan lahan 3x6 meter, kamu juga bisa membuat rumah minimalis 2 lantai loh. Inspirasi desain diatas adalah salah satu contohnya. Rumah ini dibangun dengan konsep yang sangat sederhana, bisa dilihat dari bagian depan rumah yang polos tanpa adanya atap kanopi maupun eksterior teras lainnya.

4. Konsep Rumah Modern 2 Lantai

Mengikuti perkembangan zaman, konsep rumah modern 2 lantai memang menjadi incaran banyak orang. Rumah dengan konsep seperti ini jauh terlihat lebih minimalis, terlebih lagi jika dibangun di perkotaan yang padat penduduk. 

Gunakan ornamen kaca dan juga material seperti keramik hingga granit untuk menambah kesan mewah pada rumah. Selanjutnya, kamu bisa mempercantiknya dengan menggunakan kombinasi warna cat dinding yang sesuai.

5. Lantai 1 Untuk Carport

Untuk kamu yang punya kendaraan tidak perlu khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan merubah fungsi lantai 1 sebagai carport kendaraan. Dengan begitu, rumah 2 lantai mungil cantik tetap terlihat aesthetic dan nyaman untuk ditinggali.

Inspirasi model tangga rumah minimalis yang sudah dibahas sebelumnya mungkin bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin membangun model hunian seperti ini.

6. Rumah Mungil Kodasema

Rumah 2 lantai yang terlihat seperti 1 lantai ini merupakan konsep hunian yang diperkenalkan oleh Firma Arsitektur Kodasema. 

Dengan luas yang hanya 25m persegi, hunian mungil ini memiliki fungsi layaknya rumah pada umumnya lengkap dengan ruangan-ruangan seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan juga kamar mandi.

Di lantai 1, kamu akan menemukan ruang tamu mungil yang menyatu dengan dapur serta sebuah kamar mandi. Sementara itu, di lantai 2 ada sebuah kamar tidur yang bisa ditempati 1 sampai 2 orang, lengkap dengan space yang bisa diisi meja kursi untuk bekerja dari rumah.

7. Rumah Konsep Villa

Terakhir ada rumah 2 lantai mungil yang mengusung konsep seperti villa. Dengan warna cat serba putih, model rumah seperti ini terlihat lebih minimalis. Bagian pintu utama dibuat sangat tinggi, hingga membuatnya terlihat futuristik dan nampak berbeda dari rumah pada umumnya.

Keuntungan Membangun Rumah 2 Lantai

Banyak orang mengatakan jika membangun rumah 2 lantai akan jauh lebih mahal biayanya dibandingkan rumah 1 lantai. Anggapan ini memang benar adanya, tetapi tentu kembali lagi pada ukuran dan lokasi dimana rumah itu dibangun.

Beberapa faktor tersebut nantinya akan mempengaruhi total biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan rumah. Misalnya, membangun rumah mungil 2 lantai di Jakarta tentu akan berbeda biayanya dengan rumah yang dibangun di perkampungan. Hal ini dikarenakan harga tanah serta material bangunan akan jauh lebih mahal di Jakarta, belum lagi biaya tukang yang tentunya tidak sama.

Nah, diluar itu semua, membangun rumah 2 lantai ternyata memiliki beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan. Berikut diantaranya:

Efisiensi

Tidak banyak orang tahu, bahwa membangun rumah 2 lantai ternyata jauh lebih efisien dibanding rumah 1 lantai. Efisien disini mencakup banyak hal, mulai dari efisiensi saluran air, jalur kelistrikan, dan hal-hal teknis lainnya.

Menurut konsep green building, semakin banyak jumlah lantai dalam satu bangunan akan semakin efisien dan lebih baik. Hal ini dikarenakan segala macam instalasi bisa dibuat secara vertikal atau satu arah.

Area Jadi Lebih Luas

Rumah 2 lantai tidak hanya membuat efisiensi dalam hal biaya dan proses pembangunannya, tetapi juga menciptakan area rumah yang jauh lebih luas. Dengan membuat bangunan rumah jadi 2 lantai, tentu akan ada space tanah lebih yang bisa kamu jadikan taman atau area terbuka.

Selain itu, kamu juga bisa membuat lebih banyak ruangan dengan rumah 2 lantai. Misalnya, jika pada rumah ukuran 36m persegi umumnya hanya memiliki 3 kamar tidur, kamu bisa membuatnya jadi 5 kamar tidur dengan membuatnya jadi tingkat 2. Dengan begitu, akan ada lebih banyak anggota keluarga yang bisa tinggal bersama.

Hemat Biaya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan sebuah rumah. Mulai dari harga tanah, material bangunan, dan biaya tukang.

Tapi diluar itu semua, membangun rumah 2 lantai tetap lebih terjangkau jika mempertimbangkan berbagai keuntungan yang didapatkan. Apalagi jika rumah 2 lantai yang kamu bangun memiliki ukuran mungil seperti diatas, tentu budget pembangunannya akan jauh lebih hemat.

Biaya Pembangunan Rumah 2 Lantai Mungil Cantik

Untuk membangun rumah 2 lantai mungil cantik seperti diatas, setidaknya kamu harus menyiapkan dana 150 sampai 200 juta rupiah.

Anggaran tersebut dihitung dari perkiraan spesifikasi material yang akan digunakan. Disini, kamu bisa menggunakan pondasi standar dengan batu kali. Untuk dinding, sebaiknya gunakan bata merah lokal yang harganya jauh lebih murah.

Penggunaan eternit juga direkomendasikan agar budget pembangunan bisa diminimalkan. Untuk kelengkapan rumah seperti pintu, jendela, kusen, dan lain sebagainya, sebaiknya pilih yang harganya ekonomis tetapi tetap memiliki kualitas yang bagus.

Sisanya, kamu tinggal sesuaikan budget di atas untuk keperluan lain seperti pembayaran upah tukang, dan lain-lain.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>