Model Rumah Atap Seng Sederhana

Model rumah atap seng sederhana merupakan salah satu referensi terbaik bagi kalian yang ingin memiliki hunian yang sederhana dan hemat budget.
Memiliki rumah adalah impian semua orang, pasalnya rumah adalah tempat pulang ternyaman setelah lelah beraktivitas dan penatnya kegiatan di luar rumah. Sebagai pemilik rumah tentunya kita sangat menginginkan rumah yang bersih, nyaman dan aman.

Model rumah atap seng sederhana merupakan salah satu referensi terbaik bagi kalian yang ingin memiliki hunian yang sederhana dan hemat budget. Seng adalah sebuah material yang menyerupai lempengan aluminium. Dengan bentuk yang bergelombang, menjadi ciri khas tersendiri dari seng.

Selain itu material atap yang satu ini pun dapat digunakan sebagai alas pada bagian atap rumah dengan memanfaatkan berbagai bentuk yang diaplikasikan. Bahkan di era modern saat ini, sudah banyak juga atap berbahan seng yang mulai digunakan oleh segenap masyarakat di Indonesia.

Selain desaiannya yang sangat sederhana, seng juga dinilai lebih murah dan lebih ringan daripada genteng yang berbahan dasar tanah liat. Atap yang terbuat dari material seng pun cenderung lebih kuat dan awet karena tidak mudah pecah. Namun, paling beresiko berkarat saja. 

Di samping itu atap yang digunakan dari seng memiliki kelebihan yaitu bisa di kreasikan dengan sentuhan-sentuhan warna baik merah, abu,-abu, hitam atau warna-warna lainnya. Dengan penambahan warna pada atap seng, tentunya akan memancarkan keindahan dari rumah yang kita miliki. 

Model Rumah Atap Seng 

© source inspirasipagi.id
Mau punya rumah dengan menggunakan atap berbahan seng yang sederhana? Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau seng adalah material paling banyak digunakan sebagai pelengkap bagian rumah. Nah, buat Anda yang sedang mencari inspirasi model atap rumah menggunakan seng, kalian bisa melihat beberapa inspirasinya dibawah ini:

1. Atap Rumah Seng Model Miring

© source 99.co
Model atap dengan material seng yang dominan bergelombang, bisa kalian kreasikan bentuknya menjadi miring guna melengkapi rumah impian. Disini kalian bisa memilih material atap rumah dengan jenis seng yang bergelombang berwarna putih atau lainnya guna menyempurnakan kesan cerah dan modern di hunian tinggal Anda.

2. Model Atap Rumah Seng Minimalis

© source 99.co
Model atap seng yang satu ini, adalah jenis atap paling recommended dan paling populer. Bahkan di era modern saat ini atap model ini sudah mulai banyak digunakan guna menunjang konsep rumah minimalis. Model atap seng minimalis yang satu ini terdapat dua bentuk, pertama di sisi depan dengan membentuk segitiga dan bagian lainnya menerapkan gaya miring. Sedangkan pemilihan warna atap yang dipilih adalah hitam dan abu-abu.

3. Atap Seng Garis Panjang 

© source 99.co
Model atap material seng selanjutnya berbentuk memanjang dengan aksen garis-garis yang ukurannya lumayan luas. Atap rumah yang satu ini sangat cocok untuk tipe-tipe rumah modern yang kekinian. Sementara untuk penggunaan warnanya, disini kalian bisa memadu padankan dengan warna yang disukai atau sesuai kebutuhan.

4. Model Atap Seng Spandek

© source 99.co
Selanjutnya model atap dari seng yang bisa Anda jadikan contoh adalah atap seng spandek. Atap yang satu ini adalah salah satu tipe atap rumah yang lumayan banyak dipilih dari sebagian besar pemilik rumah. Spandek sendiri adalah jenis atap rumah paling nyaman karena terbuat dari persilangan seng dan aluminium. 

Selain nyaman, atap seng spandek juga lebih tahan lama, kokoh, ringan dan pastinya mudah kreasikan dalam berbagai bentuk. Selain itu, seng spandek pun lebih aman karena tidak mudah pecah, mudah dipadupadankan dan tersedia banyak pilihan warna menarik. Hanya saja, atap ini cenderung lebih tipis dan cukup bising ketika hujan deras.

5. Atap Seng Trapesium 

© source 99.co
Atap seng dengan bentuk trapesium seperti ini bisa kamu jadikan pilihan untuk tipe rumah berkonsep modern. Bentuk atap yang satu ini pun tampak mewah dan elegan dengan model trapesum yang sangat unik. 

6. Model Atap Seng Gelombang 

© source 99.co
Seng dengan model glombang adalah sebuah material atap yang paling banyak digunakan untuk rumah maupun gedung. Selain itu, jenis seng glombang pun terdapat beragam jenis mulai dari galvanis, plastic dan juga besi. Pada umumnya, atap seperti ini banyak digunakan untuk bagian atap dengan bagian depan rumah seperti garasi, carport, kandang hewan atau dapur. 

7. Atap Seng Panel Surya 

© source wikipedia.org
Desain rumah yang satu ini memiliki nilai plus. Dengan warna yang sedikit mencolok pada bagian dinding dan atap membuat kian indah dan mempesona hunian. Terlebih, rumah ini diaplikasikan dengan panel surya yang menambah kesan cantik desain interior pada atap rumah tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Seng 

© source dekadeko.com
Saat Anda memiliki rencana membangun rumah dengan atap yang terbuat dari material seng, penting untuk Anda mengenali terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari model rumah atap seng sederhana yang saat ini mulai banyak digunakan oleh sebagian kalangan. 

Dibawah ini saya telah merangkum rangkaian terkait kelebihan dan kekurangan model atap yang berbahan material seng, diantaranya meliputi berikut:

Kelebihan Atap Rumah Seng

© source dekadeko.com

1. Tahan Terhadap Karat

Kelebihan yang paling banyak digemari oleh sebagian pengguna atap seng adalah, daya ketahanan yang cukup baik dari pengaratan. Dengan tambahan logam jenis galvalum diproses pembuatannya membuat permukaan seng tidak mudah teroksidasi pada saat terkena air hujan. Tidak hanya itu saja, seng juga memiliki kelebihan anti gores. Jadi pada saat permukaanya terkena goresan, bekasnya akan hilang dengan sendiri seiring berjalannya waktu. 

2. Ringan

Berbeda dari material atap bangunan lainnya seperti asbes maupun beton yang cenderung lebih berat, jenis atap yang berbahan seng ini justru cenderung lebih ringan. Bahkan Anda pun tidak perlu khawatir apabila kerangka pada bawahnya turun karena tidak kuat menopang beban. 

Dan menariknya, dari kelebian tersbeut membantu tukang bangunna lebih cepat dalam pemasangannya dan tentunya lebih hemat budget. Walau ringan, tapi atap ini tidak mudah pecah dan tentunya akan memberikan perlindungan lebih maksimal dari bahaya jatuhnya benda-benda asing ke bawah. 

3. Instalasi Mudah 

Ketebalan bahan yang cenderung lebih tipis membuat cara pemasangan atap ini menjadi lebih praktis. Hanya dengan menggunakan bor atau paku dalam pemasangan rangka kayu membuat pemasangannya lebih simple, hemat alat dan mempermudah proses tukang dalam mengerjakan bangunan. 

4. Ramah Lingkungan

Saat ini bumi semakin panas saja, jadi sekarang saatnya Anda berkontribusi dengan mulai beralih ke atap bangunan berbahan seng yang lebih ramah lingkungan. Proses pengerjaan nya pun sangat singkat karena bahan persilangannya mudah meleleh di suhu rendah, membuat seng lebih hemat energy. 

5. Mudah di Dapatkan 

Sebagai material atap rumah yang sangat gencar dipilih oleh sebagian besar pemilik rumah di Indonesia, membuat material seng lebih mudah di temukan di toko material bangunan. 

Kekurangan Atap Seng

© source dekadeko.com

1. Bising

Salah satu kekurangan atap seng yang paling terlihat adalah kebisingan dari meterial tersebut. Ukurannya yang ringan juga membuat seng jadi mudah rusak apabila terkena angin kencang saat hujan. 

2. Lebih mudah dalam penyerapan panas 

Karena berbahan seperti alumunium, seng jadi mudah menyalurkan dan menyerap panas matahari. Hal ini membuat ruangan terasa engap dan panas di siang hari. Untuk mengantisipasi hal ini, gunakan plafon tertutup dan juga AC di dalam ruangan.

Nah, jadi itu tadi beberapa referensi model atap rumah seng yang sederhana yang bisa Anda pertimbangkan. Model atap rumah seng di atas merupakan model terbaik yang dipilih oleh banyak masyarakat Indonesia.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>