5 Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai yang Tidak Menyala

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak bisa menyala.

Rinnai merupakan salah satu merk kompor gas yang paling banyak digunakan di Indonesia. Jenis kompor ini bisa kamu dapatkan di toko retail dan peralatan rumah tangga terdekat. Selain harganya yang terjangkau, kompor gas Rinnai juga tahan lama dan mudah digunakan.

Meski begitu, tidak jarang kompor gas Rinnai juga mengalami beberapa masalah, salah satu yang paling sering terjadi adalah kompor gas yang tidak mau menyala. Hal ini biasanya terjadi pada kompor gas Rinnai yang sudah lama dipakai, tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi pada kompor gas Rinnai yang baru.

Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala? jangan khawatir, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kompor gas Rinnai di rumah kamu tidak mau menyala:

1. Periksa gas di tabung elpiji

Gas elpiji merupakan bahan bakar yang membuat kompor Rinnai menyala. Tanpa adanya gas yang keluar dari tabung elpiji, pematik api dalam kompor tidak akan mampu menyalakan api.

Karena itu, ketika kompor gas Rinnai kamu tidak mau menyala. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa tabung elpiji, apakah masih ada gas di dalamnya atau sudah habis.

Caranya dengan mendekatkan telinga kamu di knop tabung elpiji, jika tidak ada suara desis maka gas elpiji di dalam tabung bisa dipastikan habis. Gas elpiji yang akan habis biasanya juga menimbulkan bau menyengat di sekitarnya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli gas elpiji yang baru.

2. Knop tabung gas bermasalah

Kompor gas Rinnai yang tidak menyala juga bisa disebabkan masalah yang terjadi pada knop tabung gas. Masalah ini biasa ditandai dengan nyala api yang kecil atau api yang tiba-tiba mati setelah nyala sesaat.

Pada bagian knop tabung gas ada pemutar yang bernama spuyer. Spuyer memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya api di kompor. Jika spuyer ini tersumbat, kotor, atau rusak, maka bisa dipastikan api di kompor juga tidak akan bisa menyala maksimal.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membuka spuyer dengan tang dan kunci, kemudian bersihkan bagian dalamnya. Jika sudah, pasang kembali spuyer dan coba nyalakan kembali kompor.

Baca juga: Harga dan spesifikasi blender Philips terbaik

3. Selang dan regulator tersumbat

Jika ada masalah pada regulator atau selang kompor, sudah pasti api tidak akan bisa menyala. Selang dan regulator merupakan saluran utama yang menghubungkan kompor Rinnai dengan tabung gas elpiji. Penyumbatan atau kerusakan pada kedua alat ini tentu akan menyembabkan kompor gas tidak menyala.

Kamu harus memeriksa regulator tabung gas apakah terpasang dengan baik dan juga masih berfungsi. Jika penyumbatan terjadi pada selang, kamu bisa mengetuk ngetuknya agar aliran gas kembali lancar. 

Salah satu masalah yang sering jadi penyebab tidak berfungsinya regulator dengan baik adalah karet yang ada di dalamnya. Kamu bisa mengganti karet regulator jika diperlukan agar fungsi alat ini kembali normal.

4. Kerusakan pematik kompor

Kompor gas Rinnai tidak menyala juga bisa disebabkan oleh penarik kompor yang rusak atau aus. Seperti yang kita tau bahwa pematik kompor berfungsi sama seperti korek api, tanpa adanya pematik, kompor Rinnai yang kamu gunakan tidak akan bisa menyala.

Salah satu penyebab kerusakan pematik kompor adalah adanya kotoran atau pemakaian yang terlalu sering. Solusi untuk masalah ini bisa dengan membongkar pematik kompor lalu membersihkannya atau dengan membeli pematik kompor Rinnai yang baru.

Baca juga: 10 Kitchen set minimalis dapur kecil

5. Corong api kompor berkerak

Sumbatan pada lubang api di kompor juga bisa menyebabkan kompor tidak mau menyala. Kotoran seperti karat, debu, atau sejenisnya akan membuat lubang api tertutup dan api yang keluar tidak akan maksimal. Untuk memperbaiki hal ini, bisa kamu mulai dengan membersihkan seluruh bagian kompor, terutama bagian lubang atau corong api.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala. Sebenarnya cara ini juga bisa diterapkan untuk semua jenis kompor gas. 

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>