7 Cara Menata Bunga Di Depan Rumah Sederhana, Mudah Banget !

Bingung bagaimana cara menata bunga di depan rumah sederhana. Yuk simak tips yang Smartnul berikan berikut ini.

Simak cara menata bunga di depan rumah sederhana berikut ini agar tampilan teras kamu semakin rapi, cantik, dan minimalis.

Buat para homeowner, pasti setuju jika teras menjadi salah satu area rumah yang paling penting. Letaknya yang berada di halaman depan membuat teras menjadi bagian yang paling dilihat dari rumah, karena itulah tampilan dan desainnya harus benar-benar diperhatikan.

Salah satu ide untuk menata area di depan rumah adalah dengan menggunakan bunga atau tanaman hias. Selain menggunakan bunga, kamu juga bisa meniru desain kolam ikan mini di teras rumah yang bisa dijadikan inspirasi untuk mempercantik tampilan teras.

Menata Bunga Di Depan Rumah Sederhana

Jika kamu ingin menggunakan tanaman hias untuk mempercantik area teras. Ketahui terlebih dahulu tips dan cara menata bunga di depan rumah berikut ini.

1. Gunakan Rak Kayu

Menggunakan rak kayu sebagai tempat untuk meletakan tanaman hias merupakan salah satu ide yang bisa kamu tiru. Tidak hanya menghemat space, rak kayu juga terlihat lebih fungsional dan rapi.

Penggunaan rak kayu ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah mungil dengan space teras terbatas. Tentu dengan adanya rak kayu, kamu jadi bisa merawat lebih banyak tanaman hias tanpa harus memenuhi area depan rumah. 

2. Gunakan Pot Gantung

Pot gantung juga bisa loh dijadikan inspirasi menata bunga di depan rumah sederhana. Penggunakan pot gantung ini akan membuat tampilan teras kamu jadi makin aesthetic, apalagi jika kamu punya banyak jenis bunga warna-warni, tentu bisa jadi hiasan eksterior rumah yang natural dan kekinian.

Selain karena tampilannya, pot gantung juga punya beberapa kelebihan. Misalnya, lebih aman dari jangkauan hewan perusak tanaman (tikus), menghemat space yang ada di depan rumah, dan juga lebih mudah terjangkau matahari sehingga bagus untuk kelangsungan hidup tanaman.

3. Gunakan Rak Besi Bertingkat

Tidak jauh berbeda dengan rak kayu, penggunaan rak besi juga bisa jadi ide menata bunga di depan rumah sederhana. Keduanya sama-sama bagus dari segi estetika dan tampilan, hanya saja tentu rak besi jauh lebih tahan lama dan kuat jika dibandingkan rak kayu.

Ketahanan akan air membuat material rak yang satu ini jadi pilihan para homeowner untuk menghias halaman depan rumah mereka.

4. Tiru Konsep Vertical Garden

Kalau kamu seorang pecinta tanaman hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah vertical garden. Istilah ini telah berkembang dan menjadi tren baru menata halaman depan rumah agar tampak cantik dan minimalis.

Sesuai namanya, vertical garden merupakan istilah untuk tanaman hias yang ditata secara vertikal. Misalnya, kamu bisa saja memanfaatkan dinding depan rumah sebagai media untuk menggantungkan pot tanaman. tentu agar bisa disebut vertical garden, kamu perlu menatanya secara vertikal dari bawah ke atas atau sebaliknya.

Dengan konsep seperti itu, kamu tidak hanya menghemat space halaman rumah, tetapi juga membuat tampilannya jadi semakin minimalis.

5. Memanfaatkan Sudut Teras

Sudut teras adalah area yang sering terlupakan saat kita menata halaman depan rumah. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, sudut teras bisa jadi focal point yang bagus. 

Kamu bisa mulai dengan menempatkan beberapa pot bunga di sudut teras, gunakan juga rak kayu atau rak besi bertingkat agar tampilannya semakin bagus. Ide lainnya juga bisa kamu terapkan, seperti menggantungkan tanaman di sudut teras atau menempelkannya pada dinding.

6. Pilih Bunga Terbaik

Ada banyak jenis bunga hias yang bisa kamu gunakan. Mulai dari Lili Paris, Peace Lily, Dragon Tree, Anggrek, Mawar, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis bunga diatas tentunya memiliki tampilan dan cara perawatan yang berbeda beda. Karena itu, penting bagi homeowner untuk mencari tahu terlebih dahulu tanaman hias apa yang cocok dengan lingkungan rumah.

Mudahnya tingkat perawatan dan tampilan yang cantik bisa dijadikan pertimbangan sebelum kalian memilih jenis bunga yang cocok untuk hiasan teras. Pilih bunga hias terbaik untuk hasil yang maksimal.

7. Kembangkan Kreatifitas

Kreatifitas dalam menata bunga di depan rumah sederhana memang sangat diperlukan. Dengan kreatifitas sang pemilik rumah, desain teras sejelek apapun bisa disulap jadi taman bunga yang indah.

Kreatifitas ini tentu tidak terbatas dengan hal-hal yang sifatnya materialis. Misalnya kamu bisa saja menggunakan pot dari kaleng cat bekas yang dihias sedemikian rupa, memanfaatkan rak sepatu bekas untuk dijadikan tempat tanaman hias, atau bahkan mengolah kotoran hewan untuk dijadikan pupuk organik.

Jadi, gunakan kreatifitasmu tanpa batas dan buat tampilan teras rumah jadi semakin cantik dan nyaman.

Rekomendasi Jenis Bunga Hias Terbaik Untuk Halaman Rumah


Setelah kamu tau bagaimana cara menata bunga di depan rumah sederhana, selanjutnya Smartnul akan memberikan rekomendasi tanaman hias terbaik yang bisa dijadikan pilihan untuk menata area teras rumah.

Penasaran seperti apa? Langsung saja simak rekomendasinya berikut ini:

Bunga Pentas

Jenis bunga yang punya karakteristik warna merah muda ini sangat cocok dijadikan tanaman hias di depan rumah. Warnanya yang cantik serta kemudahan dalam pemeliharaan juga jadi keunggulan tersendiri dari bunga Pentas.

Kemungkinan hal ini juga yang jadi alasan kenapa banyak pecinta tanaman hias memilih bunga pentas sebagai focal point utama di halaman rumah.

Bunga Tabebuya

Jenis bunga ini sering kali disamakan dengan bunga Sakura yang ada di Jepang. Memang, dari segi tampilan maupun warna keduanya sangat mirip. Bahkan bentuk pohonya pun terlihat serupa.

Bunga Tabebuya merupakan jenis bunga hias outdoor yang sering ditanam di daerah tropis. Bunga yang berasal dari Brazil ini ternyata menjadi viral di Indonesia sejak banyaknya warga Surabaya yang menanam bunga Tabebuya di halaman rumah mereka.

Kecantikan bunga ini memang tidak perlu diragukan lagi. Pastinya sangat cocok dijadikan bunga hias di halaman rumah kalian.

Tapak Dara

Tapak Dara atau bunga Geranium adalah salah satu jenis bunga yang paling banyak digunakan sebagai tanaman hias. Bunga yang satu ini memiliki beragam manfaat, disamping warnanya yang beraneka ragam, Tapak Dara juga bisa dijadikan bahan wewangian hingga alat untuk mengusir nyamuk.

Tentu fungsionalitasnya yang banyak menjadikan Tapak Dara tidak hanya cantik dari segi tampilan saja, melainkan juga manfaat lain yang bisa membantu kamu menciptakan hunian yang nyaman dan aman.

Jadi itulah beberapa bunga yang bisa kamu jadikan hiasan di depan rumah. Tidak hanya cantik, bunga-bunga diatas juga tergolong mudah dalam perawatannya. Pastinya tidak akan membuat kamu kesulitan.

Semoga ulasan tentang cara menata bunga di depan rumah sederhana ini, bisa menginspirasi pembaca dalam mendesain teras rumah agar menjadi area yang tidak hanya aesthetic, tapi juga nyaman dan menyenangkan.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>