50 Juta Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

50 Juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang bisa kamu tiru untuk membangun rumah minimalis impian.

Membangun rumah 50 juta ternyata tidak mustahil dilakukan! hanya saja, kamu perlu merencanakan setiap detail pembangunannya secara matang agar tidak membengkak melebihi budget yang ada.

Bagi kamu yang tertarik memiliki rumah dengan modal 50 juta. Silahkan simak pembahasan Smartnul kali ini tentang 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya.

Membangun Rumah 50 Juta

Banyak pertanyaan yang telah kami terima dari pembaca, dan salah satu yang paling sering ditanyakan adalah tentang bagaimana membangun rumah minimalis dengan modal uang 50 juta. 

Nominal 50 juta untuk membangun rumah ini sebenarnya sangatlah kecil. Apalagi jika kamu ingin membangunnya menjadi 2 lantai, tentu biayanya harus ditekan sedemikian rupa agar tidak over budget.

Lalu bagaimana menyiasatinya? apakah bisa dengan 50 juta bisa menjadi sebuah rumah 2 lantai yang layak huni?

Sebelum kami menjawabnya, mari ketahui terlebih dahulu rincian hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membangun rumah 50 juta.

Luas Bangunan Rumah

Tentukan luas bangunan rumah yang ingin dibangun. Mengingat budget yang dimiliki hanya 50 juta, maka luas bangunan tidak boleh melebihi 40m2. Dalam artian kamu hanya bisa membangun rumah dengan type 21 sampai type 36 saja.

Type 21 mungkin bisa menjadi pilihan yang paling sesuai, apalagi nanti kamu akan membuatnya jadi 2 lantai. Agar budget tetap terkendali, sebaiknya buat konsep rumah yang sederhana dan minimalis. 

Pondasi Rumah

Pondasi bisa jadi bagian penting yang akan menghabiskan budget pembangunan rumah kamu. Apalagi membuatnya jadi 2 lantai, tentu pondasi yang ditanam haruslah kuat dan kokoh untuk menahan bangunan 2 lantai tersebut.

Nah untuk menyiasati ini, gunakan material pondasi yang terjangkau seperti batu bata. Atau jika kondisi tanahnya bagus, kamu bisa langsung memasang sloof beton bertulang sebagai pondasi. Cara kedua ini bisa dilakukan dengan syarat kamu harus membuat pondasinya lebih dalam, ini untuk memperkuat struktur bangunan yang nantinya akan dibangun menjadi rumah 2 lantai.

Lantai

Mengingat biaya lantai keramik yang mahal, sebaiknya tunda terlebih dahulu jika ingin memasangnya. Gunakan saja lantai beton untuk sementara, kamu bisa menutupnya dengan karpet lantai agar tidak terlihat polos dan jelek.

Untuk bagian kamar mandi, kamu bisa menggunakan material keramik yang lebih terjangkau. Lihat desain kamar mandi minimalis kloset jongkok shower yang telah kami berikan sebelumnya.

Dinding

Dinding termasuk bagian vital dari sebuah rumah. Karena itu kamu harus membangunnya dengan kokoh dan kuat agar tetap aman saat dihuni. Mengingat budget yang dimiliki hanya 50 juta, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai sekat dinding dari kayu atau baja ringan di bagian dalam rumah. Sementara untuk dinding bagian luarnya bisa menggunakan susunan batu bata yang telah di aci dan plester. 

Atap dan Plafon

Oke, bagian terakhir yang perlu diperhatikan adalah material atap dan plafon rumah. Sebaiknya kamu menggunakan plafon gypsum dengan rangka besi hollow, ini akan jauh lebih murah dan terjangkau.

Lalu untuk bagian atapnya, gunakan saja baja ringan dengan penutup atap galvalum, asbes, ataupun atap multiproof. Selain lebih kuat, harganya juga jauh lebih murah dibanding atap kayu dengan genteng tanah tradisional.

Tips Bangun Rumah Modal 50 Juta

50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya mungkin terdengar mustahil dilakukan. Padahal selama perencanaan pembangunannya dibuat dengan baik dan terukur, tentu bukan mustahil lagi membangun rumah 2 lantai dengan biaya 50 juta.

Nah, selain hal-hal diatas yang perlu kamu perhatikan, ternyata masih ada faktor lain yang tidak kalah penting. Apalagi kalau bukan biaya tukang bangunan. Ini cukup vital mengingat biaya tukang terkadang bisa membengkak ketika target penyelesaiannya tidak tercapai.

Semakin lama proses pembangunan, tentu semakin banyak juga uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar pekerja. Untuk mencegah hal ini terjadi, tentu kamu harus tegas dalam menentukan target penyelesaian dan memantau setiap tahap pembangunan yang dilakukan.

Inspirasi Rumah  50 Juta 1 Lantai dan 2 Lantai

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah 50 juta, sekarang Smartnul akan berikan inspirasi rumah modal 50 juta yang bisa kamu tiru. Seperti apa bentuknya, langsung aja cek di bawah ini.

Konsep RISHA

Risha atau rumah instan sederhana sehat merupakan salah satu program hunian subsidi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rumah dengan konsep Risha ini terlihat sederhana dengan konsep minimalis. Program ini bisa kamu jadikan inspirasi karena umumnya hanya dibanderol dengan harga 50 jutaan saja.

Konsep 1 Ruang

Desain rumah selanjutnya yang bisa kamu bangun dengan budget 50 juta adalah konsep 1 ruang seperti gambar diatas. Tampilannya terlihat sangat simpel, dengan dominasi material kayu hampir di semua bagian rumah.

Untuk di bagian dalamnya, kamu bisa membuat sekat atau pembatas antara ruang satu dengan ruangan lainnya agar tidak terlihat polos. Pemilihan warna cat rumah yang bagus akan semakin mempercantik dan membuatnya terlihat minimalis.

Konsep Modern

Desain modern dengan taman mungil di halaman depan juga bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah 50 juta. Kamu bisa memulai dengan menentukan bentuk bangunannya, lalu memilih material bangunan yang cocok, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Dinding Kaca

Menggunakan dinding kaca akan membuat tampilan rumah jadi lebih cerah, ini bisa jadi alternatif yang bagus untuk rumah yang memiliki ukuran mungil dan sempit. Untuk membuat rumah di konsep dinding kaca, kamu bisa mulai dengan memilih kombinasi material yang tepat, misalnya material dinding industrial atau bata blok yang lebih terjangkau.

Nah, inspirasi dan tips di atas akan membantumu mewujudkan rumah impian dengan budget hanya 50 juta rupiah. Semoga ulasan tentang 50 juta desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya bisa menginspirasi pembaca dalam membangun rumah impian di kemudian hari.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>