Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik Murah

Berikut adalah ide terbaik untuk dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik murah.

Dapur sering menjadi pusat rumah, tempat berkumpul, memasak, makan, mengobrol, tertawa, mengerjakan pekerjaan rumah atau membayar tagihan, dan berbagi momen spesial bersama. Untuk dapat menikmati momen tersebut, dibutuhkan beberapa perencanaan cerdas untuk menciptakan dapur yang sangat fungsional dan indah.  Dapur kecil yang dirancang dengan baik memiliki tata letak yang cerdas, desain minimal, dan efisiensi setiap perabotan di dalamnya. 

Inspirasi Dapur Kecil Modern

Berikut adalah ide terbaik untuk dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik murah:

1 . Buat lemari penyimpanan cerdas

Merancang dapur Anda dengan penyimpanan cerdas memang diperlukan. Anda bisa menambahkan lemari dinding untuk menjadi area penyimpanan yang fungsional. Ini adalah tempat yang ideal untuk memasang lemari penyimpan barang-barang kalengan. Konsultasikan dengan ahli lemari dapur untuk melihat opsi apa yang Anda miliki.

Anda juga bisa membuat lemari fungsional ini di dekat kompor. Tentu hal ini akan membuat minyak, cuka, dan bumbu dapur yang Anda simpan lebih mudah dijangkau oleh juru masak. Laci tarik yang dibuat khusus dengan tempat penyimpanan peralatan memasak adalah cara yang sangat praktis untuk mengosongkan ruang meja yang sangat dibutuhkan untuk menyiapkan masakan.

Sedangkan untuk lemari dapur, buat kabinetnya sampai menyentuh plafon. Lemari di bagian atas ini dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang musiman yang Anda gunakan sewaktu-waktu sambil menyimpan barang-barang sehari-hari agar mudah dijangkau.

Lemari dengan ketinggian penuh menciptakan jumlah penyimpanan maksimum, sementara bagian depan kaca membuat ruangan terasa lapang.

2 . Perluas ruang secara visual dengan pencahayaan

Di dapur, anda membutuhkan pencahayaan yang bagus dan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Ruang yang cukup terang juga memberi Anda kesan visual bahwa ruangan itu sedikit lebih besar dan lega. Idealnya, dapur kecil harus memiliki kombinasi warna cat dan pencahayaan utama. Pertimbangkan untuk menggunakan lampu pijar di bawah lemari atas dan lampu pijar di atas lemari, serta lampu langit-langit tersembunyi di dapur kecil Anda. 

Hindari lampu yang menggantung dari langit-langit yang bisa membuat dapur Anda terlihat lebih kecil. Pencahayaan juga dapat dipasang di bawah lemari dasar sehingga menyinari pelat kaki. Jangan dibiarkan dalam kegelapan saat memasak di dapur minimalis anda.

3. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya 

Cermin bekerja sangat baik di banyak ruang kecil yang membuat ruangan terasa lebih besar, jadi pertimbangkan untuk menambahkan satu atau lebih ke dapur minimalis Anda. 

Untuk menempatkan cermin, anda bisa memasangnya pada pintu lemari dapur atau di dinding atas kitchen set. Anda juga bisa memasangnya tersembunyi di antara lemari dan kitchen set.

4. Gunakan counter space sebagai tempat makan juga

Segala sesuatu di dapur kecil harus berfungsi ganda, jadi lemari dan rak tidak hanya untuk menyimpan piring, meja bar tidak hanya untuk persiapan makanan. Bila Anda tidak memiliki ruang untuk meja dapur yang layak, meja bar berfungsi ganda sebagai ruang persiapan dan area makan. Ini sangat praktis dan dengan bangku yang tepat, itu akan terlihat sangat elegan!

5. Tampil all out dengan desain dapur warna putih

Pastikan Anda menggunakan nuansa dan tekstur warna yang berbeda untuk dapur putih kecil Anda. Pilih tekstur matte, glossy dan kayu bersama dengan nuansa seperti off-white, ivory, cream, bahkan abu-abu. Seperti yang kita tahu bahwa warna putih adalah warna yang bisa memantulkan cahaya, hal ini akan membuat dapur Anda yang sangat kecil terlihat lebih luas dan lega.

6. Buat banyak rak terbuka

Rak terbuka bukan hanya ide dapur hemat untuk ruangan kecil, tetapi juga memberi ilusi ruang, membuka dinding Anda, dan membuat dapur terlihat lebih lapang.

7. Buat lebih banyak ruang dengan furnitur yang bisa dilipat

Dapur modern ini memiliki meja yang dapat diperpanjang atau dipendekkan, semacam meja portable. Karena sifat furnitur yang dapat dilipat, ruang sama sekali tidak terganggu oleh kebutuhan akan meja. Ini adalah cara yang sangat efisien untuk membuat ruang dapur bekerja secara maksimal.

8. Dekorasi dengan tanaman hias

Meski dapur yang Anda miliki sempit, bukan berarti tidak perlu diberi dekorasi tambahan. Justru dengan adanya dekorasi seperti pot tanaman hias di beberapa sudut dapur, kesan sempit akan tergantikan dengan suasana dapur yang segar dan nyaman.

9. Dapur kecil khas lokal

Kebanyakan dapur di desa atau perkampungan memang banyak mengadopsi desain sederhana dengan dominasi material dari kayu. Mulai dari kabinet, rak, peralatan memasak, meja dan kursi makan, bahkan sampai dinding pun ada yang terbuat dari kayu.

Gambar di atas menjadi salah satu contoh dapur kecil lokal yang sederhana dan minimalis. Hanya terdiri dari kitchen set berbentuk L dengan ukuran sekitar 1x2 meter.

Tips Mendesain Dapur Kecil

Setelah melihat beberapa inspirasi dapur kecil diatas, sekarang, anda pasti sudah terpikirkan konsep dapur seperti apa yang hendak anda buat. Nah, sebelum anda memulainya, berikut ini ada beberapa tips mendesain dapur kecil agar tetap terlihat rapi dan minimalis.

Pilih perlengkapan dapur seusai kebutuhan

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam mendesain dapur adalah perlengkapan yang akan digunakan. Semakin banyak perlengkapan, tentu ruang yang dibutuhkan juga semakin luas. Untuk dapur kecil, usahakan pilih perlengkapan dapur seperlunya sesuai dengan kebutuhan harian anda.

Gunakan peralatan multifungsi

Sebagai upaya untuk menekan jumlah perabotan dapur yang ada. Anda harus pintar dalam memilih peralatan dapur, usahakan memilih peralatan yang multifungsi. Tips ini akan menjadi penyelamat dapur anda agar tetap tampil rapi dan tidak berantakan.

Kurangi peralatan berukuran besar

Ada berbagai macam ukuran perabotan dapur, mulai dari yang kecil, sedang, sampai besar. Untuk dapur kecil, sebaiknya sesuaikan perabotan yang hendak anda beli. Pilih perabotan berukuran kecil sampai sedang agar kabinet dan rak dapur bisa tertata rapi tanpa barang yang bisa memakan tempat terlalu banyak.

Gunakan wadah toples sebagai penyimpanan

Biar semua bumbu dan bahan masakan tidak tercecer di meja dapur. Simpan barang-barang tersebut ke dalam toples kecil, lalu letakan di rak atau lemari dapur. Anda juga bisa memberi label nama pada setiap toples agar mudah saat memilih bahan masakan. Tampilan dapur anda pun jadi semakin rapi dan kekinian.

Buat menjadi semi outdoor

Tata letak dapur terbaik adalah menghadap ke taman belakang rumah. Membuatnya sedikit terbuka tanpa dinding atau sekat akan menambah kesan luas pada dapur. Udara di dalamnya pun jadi semakin segar. Desain dapur semi outdoor ini banyak diminati, khususnya bagi mereka yang memiliki rumah berkonsep minimalis modern.

Nah, demikianlah ulasan mengenai dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik murah. Semoga beberapa desain dapur di atas bisa menginspirasi anda dalam menata dan mendekorasi ruangan memasak yang nyaman.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>