Denah Rumah 3 Kamar 1 Mushola dan Toko

Berikut ini beberapa denah rumah 3 kamar dengan mushola dan toko yang bisa anda jadikan inspirasi.

Bagi anda yang punya jiwa wirausaha, mempunyai rumah dengan toko di dalamnya bisa menjadi ide menarik untuk dicoba. Tak ayal inspirasi denah rumah dengan toko di dalamnya pun banyak diburu masyarakat. Salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini, yaitu denah rumah 3 kamar 1 mushola dan toko.

Mempunyai mushola tidak akan membuat rumah anda terasa sempit. Denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola dan toko di bawah ini menjadi buktinya! mari kita lihat seperti apa desainnya.

Bagi para kaum muslim, mempunyai mushola pribadi dan toko di rumah menjadi sebuah impian. Sayangnya, untuk membangun mushola, anda membutuhkan space tambahan di dalam rumah.Selain itu, desain denah rumah pun harus dipikirkan lebih baik agar tempat tinggal anda tidak terasa sumpek.

Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah, apalagi dengan hadirnya banyak kamar di dalam rumah. Penataan setiap ruangan menjadi fokus utama yang harus diperhatikan.

Nah, jika anda sedang mencari inspirasi denah rumah 3 kamar 1 mushola dan toko, anda membaca artikel yang tepat. Berikut ini beberapa denah rumah 3 kamar dengan mushola dan toko yang bisa anda jadikan inspirasi.

Desain Rumah 3 Kamar 1 Mushola dan Toko

1. Minimalis atap limas

© source homeshabby.com

Denah pertama ini kami kutip dari akun Youtube Bayu Eko Pradana yang membahas mengenai desain rumah 3 kamar dengan mushola dan toko. Dilihat sekilas, tampilan rumah diatas cukup simpel, bagian atap menggunakan model limas lengkap dengan atap teras datar dan pagar rumah minimalis. Salah satu sisi teras dibuat ruangan khusus yang nantinya difungsikan sebagai toko.

© source homeshabby.com

Gambar diatas merupakan tampak depan yang lebih jelas. Terlihat bangunan toko dibuat terpisah dengan teras. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda ketika ingin beristirahat di teras atau ketika ada tamu yang datang ke rumah.

Mari kita masuk ke dalam rumah. Ruangan pertama yang anda lihat adalah ruang tamu yang sejajar dengan dining room. Sengaja dibuat terbuka tanpa sekat agar ruangan terkesan lebih luas.

© source homeshabby.com

Oke mari menuju ke dapur yang letaknya tepat di sebelah dining room. Desain dapur dibuat cukup simpel dengan kitchen set dan lemari dinding. Bentuknya yang memanjang akan memudahkan anda ketika memasak.

© source homeshabby.com

Selanjutnya ada beberapa ruangan penting di bagian belakang, seperti mushola, 1 kamar tidur utama, dan 2 kamar tidur anak.

© source homeshabby.com

Desain rumah diatas memiliki ukuran 12x24 meter dengan perkiraan biaya sekitar 750 juta rupiah. Biaya tersebut tidak termasuk keperluan lain seperti biaya tukang, interior, dan juga lahan yang akan digunakan.

2. Rumah tingkat dengan swalayan

© source homeshabby.com

Nah, inspirasi kedua ini sangat menarik. Desain rumah dibuat menjadi 2 lantai dengan konsep modern. Lantai dasar dijadikan toko swalayan yang cukup besar, sementara itu ruangan pribadi berada semua di lantai 2. Konsep rumah seperti ini bisa dijadikan inspirasi untuk anda yang tinggal di perkotaan, menjadikan tempat tinggal sekaligus sebagai tempat berbisnis pasti sangat menyenangkan.

Denah Rumah 3 Kamar 1 Mushola dan Toko

1. Mushola di ruang keluarga

© source sembilanstudio.com

Pada denah yang pertama, ruangan mushola diletakan di tengah rumah tepatnya di ruang keluarga. Ini tentu memudahkan semua penghuni rumah untuk mengakses mushola, baik dari sisi depan maupun belakang. Sementara itu jika anda ingin menambahkan toko, bisa dengan membuatnya di sisi teras rumah. Bagian teras yang terdapat kursi dan meja itu bisa dialihfungsikan sebagai toko untuk berwirausaha.

2. Mushola rumah minimalis

© source rumah123.com

Denah rumah diatas ini memiliki mushola yang cukup besar. Terletak di tengah kamar dekat dengan kamar tidur dan ruang keluarga.  Mushola juga dekat dengan kamar mandi sehingga memudahkan anda untuk melakukan wudhu. Selain itu, denah rumah ini juga dilengkapi dengan teras yang agak luas. Anda dapat menggunakan salah satu sisi teras  sebagai tempat parkir mobil dan motor.

3. Mushola di lantai 2

© source rumah123.com

Apakah Anda kekurangan ruang untuk mendirikan mushola dalam rumah? saatnya menambahkan lantai kedua di rumah anda. Denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola diatas bisa menjadi inspirasi untuk anda. Lantai pertama digunakan sebagai lantai dasar untuk membangun 3 kamar tidur. Sementara itu ruang sholat terletak di lantai paling atas dengan ruangan tambahan lainnya.

4. Mushola rumah mewah

© source rumah123.com

Rumah mewah yang memiliki halaman luas dan carport juga bisa memiliki ruang mushola di dalamnya. Pada denah di atas misalnya, mushola ditempatkan di antara kamar tidur anak dan sejajar lurus dengan ruang makan. Jika ingin menambahkan toko, anda tinggal membangun ruang tambahan di halaman depan rumah.

5. Mushola semi outdoor

© source rumah123.com

Jika bagian dalam rumah tidak memungkinkan untuk dibuat mushola, anda tidak perlu khawatir karena ruang mushola bisa anda buat di teras rumah. Buat dinding pemisah atau sekat khusus yang menghubungkan teras dengan ruang mushola. Buat juga tempat wudhu di sebelah ruang mushola, ini akan memudahkan anda saat hendak beribadah.

Tips Mendesain Toko Depan Rumah

Setelah anda melihat beberapa denah rumah 3 kamar 1 mushola dan toko, selanjutnya kami akan memberikan tips untuk anda yang ingin memiliki toko kelontong di depan rumah. Apa saja tipsnya, silahkan simak baik-baik dibawah ini:

1. Temukan desain yang tepat

Sebelum membuat desain toko minimalis, cari dan temukan inspirasi sebanyak-banyaknya mengenai desain tampilan luar, interior maupun material yang akan digunakan untuk membangun sebuah toko. Tentunya anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi dari internet, sosial media, maupun dengan cara berkeliling untuk melihat desain toko di sekitar tempat tinggal anda.

2. Sesuaikan desain dengan jenis toko yang dibuka

Desain yang hendak dibangun juga harus disesuaikan dengan jenis toko yang akan dibuka. Misalnya jika anda ingin membuka cafe atau warung kecil, sediakan kursi atau kanopi tempat para pembeli duduk dan menikmati makanan. Sebaliknya, jika yang dibuat adalah toko sembako, maka buat desainnya serupa kios yang simpel dan minimalis.

3. Display produk yang rapi

Penataan display produk yang rapi akan membuat toko anda semakin disukai pembeli. Para konsumen pun lebih leluasa memilih barang yang hendak mereka beli karena display yang tertata rapi dan teratur.

4. Tata letak bangunan

Penting sekali menentukan tata letak toko yang akan dibangun. Mau disatukan dengan rumah atau dibuat terpisah di halaman depan. Yang jelas jika anda memiliki halaman depan rumah yang luas, tidak ada salahnya untuk membangun toko terpisah. Begitu sebaliknya jika tidak ada space yang cukup di depan rumah, maka buat toko menyatu dengan teras tentu jauh lebih baik.

Itulah inspirasi denah rumah 3 kamar 1 mushola dan toko yang nyaman untuk anda dan keluarga. Semoga denah rumah diatas bisa membantu anda dalam mewujudkan rumah impian di kemudian hari.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>