Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola

Denah rumah 4 kamar 1 mushola berikut ini akan menginspirasi anda dalam mendesain rumah impian dengan ruangan khusus ibadah di dalamnya.

Sebagai tempat tinggal, rumah harus memiliki setidaknya satu ruangan untuk dijadikan tempat beribadah. Ide desain rumah seperti ini juga menjadi favorit banyak orang, khususnya yang beragama islam.

Dengan membuat mushola di dalam rumah, anda dan keluarga jadi lebih mudah ketika ingin beribadah. Meskipun ruangan lain seperti kamar juga bisa dijadikan tempat untuk beribadah, tentu akan lebih afdol jika dikerjakan di mushola khusus untuk beribadah, shalat pun jadi lebih khusuk.

Nah, beberapa denah rumah 4 kamar 1 mushola berikut ini akan menginspirasi anda dalam mendesain rumah impian dengan ruangan khusus ibadah di dalamnya.

Desain Rumah 4 Kamar 1 Mushola

© source 99.co

Dalam membangun rumah dengan berbagai macam ruangan, mulai dari tempat tidur, ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi, tentu harus menggunakan denah atau rancangan desain sebagai patokan utama untuk membangun rumah. Dalam denah rumah ini terdapat ukuran hingga bentuk ruangan yang digambar dalam bentuk 3d maupun 2d, yang nantinya akan memudahkan vendor maupun tukang saat proses pembangunan.

Untuk desain rumah 4 kamar 1 mushola, setidaknya anda harus memiliki ukuran lahan yang cukup luas, setidaknya 90 meter persegi. Semakin luas ukuran lahan yang anda miliki, maka semakin besar juga ukuran setiap ruangan yang bisa dibuat.

Adapun untuk membantu anda dalam mendesain rumah 4 kamar 1 mushola, denah rumah berikut ini pasti bisa anda jadikan inspirasi

Inspirasi Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola

1. Mushola di Tengah Rumah

© source mirachinterior.id

Pada denah yang pertama, anda bisa membuat desain ruang mushola di tengah ruangan, tepatnya di sebelah ruang keluarga. Penempatan ruangan mushola di tengah-tengah rumah ini bertujuan untuk memudahkan anda dan keluarga dalam mengakses ruangan tersebut. Letaknya akan menjadi dekat baik dari bagian depan maupun belakang rumah.

2. Mushola dan Garasi

© source mirachinterior.id

Selanjutnya, ada denah rumah dengan ruang mushola dan juga garasi. Jumlah ruangan pada denah di atas ada 10 ruangan dengan detail seperti berikut: 4 kamar tidur, 1 mushola, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Letak mushola berada di bagian paling belakang, tepatnya di sebelah dapur. 

Jika dilihat sekilas, ruangan tersebut nampak seperti ruang mesin cuci. Memang benar, desain awal dari rumah diatas memang menjadikan ruangan di sebelah dapur sebagai tempat khusus untuk mencuci pakaian. Meski begitu, ruangan ini juga bisa dialihfungsikan menjadi sebuah mushola. Tentu dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Jika anda ingin tetap menjadikan ruangan ini sebagai tempat mesin cuci, maka mushola bisa dipindahkan di sebelah ruang keluarga yang berada di tengah. 

Ukuran dari ruangan ini cukup luas, jadi tidak akan masalah jika anda menyekat sebagian ruang keluarga untuk dijadikan tempat khusus untuk beribadah.

3. Rumah 2 Lantai 8X12

© source mirachinterior.id

Jika anda ingin membangun rumah 2 lantai dengan mushola di dalamnya, contoh denah di atas mungkin bisa anda jadikan inspirasi. Pada denah tersebut, ada 4 buah kamar tidur dan 1 ruangan mushola yang ukurannya cukup luas. Anda bebas menempatkan ruang mushola, baik di lantai 1 ataupun 2. Saran kami tentu membuatnya berada di lantai 1 bersama ruangan umum lain seperti garasi, ruang tamu dan juga dapur.

4. Rumah dengan Taman Luas

© source mirachinterior.id

Denah rumah selanjutnya memiliki desain halaman depan dan taman belakang yang cukup luas. Ukuran garasinya juga mampu menampung 2 mobil sekaligus, cocok untuk anda yang memiliki kendaraan lebih dari satu.

Pada denah di atas, ruangan mushola berada di bagian belakang rumah, tepatnya di sebelah taman dan juga dapur. Dengan total 4 kamar tidur, menjadikan rumah ini sangat nyaman dijadikan tempat tinggal keluarga anda.

5. Rumah Tipe 10x13 Meter

© source wdesain.com

Berikutnya ada denah rumah 4 kamar 1 mushola yang sangat lengkap. Kenapa dibilang lengkap? tentu karena jumlah ruangan di dalamnya yang komplit. Berikut beberapa ruangan yang ada di dalam denah tersebut: ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, 2 kamar utama, 2 kamar anak, 2 kamar mandi, dan dapur. Selain itu ada juga area outdoor yang fungsional, misalnya carport, teras rumah, area menjemur pakaian dan teras belakang.

6. Rumah atap limas

© source minimalis123.com

Desain atap limas memang menarik untuk dicoba, tidak terkecuali untuk model rumah 4 kamar tidur 1 mushola yang notabene memiliki bangunan berukuran luas. Pada denah di atas misalnya, dengan arsitektur bangunan berukuran 10x15 meter, anda sudah bisa memiliki banyak ruangan kamar dan juga sebuah mushola di dalamnya. Denah rumah tersebut juga memiliki halaman depan dan samping, cocok untuk anda yang hobi merawat tanaman hias.

7. Denah rumah 4 kamar 1 mushola 3d

© source minimalis123.com

Berikutnya ada denah rumah 4 kamar 1 mushola dalam bentuk 3d desain. Memiliki ukuran bangunan yang terbilang luas, sehingga ada banyak sekali ruangan yang ada di dalamnya. Mulai dari 2 kamar utama, 2 kamar anak, ruang tamu, mushola, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, sampai kolam renang mini yang ada di teras.

8. Carport luas

© source minimalis123.com

Jika anda punya lebih dari satu kendaraan, denah rumah diatas cocok untuk anda miliki. Dengan carport yang luas, anda bisa memarkir 2 mobil sekaligus dengan posisi memanjang. Selain ukuran carport yang luas, desain rumah diatas juga memiliki mushola berukuran 5x3 meter, cukup luas untuk dijadikan tempat anda dan keluarga beribadah berjamaah.

9. Model atap segitiga

© source minimalis123.com

Desain atap segitiga memang seringkali dijadikan inspirasi rumah minimalis modern yang layak untuk anda miliki. Model atap segitiga ini bisa dibangun dengan bentuk memanjang ke belakang seperti rumah-rumah di perkampungan. Bagian carport dibuat dengan atap datar dari beton, anda juga bisa menambahkan kanopi teras di bagian depan untuk mempercantik tampilan luar rumah.

Tips Membangun Mushola di Rumah

© source nada313.com

Jika anda benar-benar ingin membuat mushola di dalam rumah, perhatikan beberapa tips berikut agar rumah anda tidak terkesan sempit dan tetap nyaman untuk ditempati:

  • Pastikan arah kiblat, setelah itu baru tentukan desain ruangan mushola yang akan dibuat
  • Perihal ukuran ruangan, sesuaikan dengan space yang anda miliki di rumah. Jangan memaksakan untuk membuat ruang mushola yang besar sementara ukuran rumah anda terbatas. Ukuran yang kami rekomendasikan adalah 4x2 meter dan 4x3 meter
  • Sebisa mungkin jangan dekatkan dengan ruangan yang kotor seperti kamar mandi atau dapur. Jika terpaksa, maka buat dinding atau sekat pemisah beserta pintu di ruangan mushola
  • Pasang gantungan atau cantolan untuk meletakkan sarung, sajadah, atau mukenah. Serta, meja kecil yang bisa digunakan untuk meletakkan Al-Qur’an

Nah, dengan menerapkan tips diatas, nantinya desain ruang mushola di rumah anda akan semakin minimalis dan nyaman. Rumah pun jadi tidak terasa sempit dan tetap nyaman untuk dihuni bersama keluarga tercinta.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>