5 Desain Rumah Minimalis Tipe 36, Mungil Tapi Mewah

Berikut inspirasi desain rumah minimalis tipe 36 1 lantai dan 2 lantai yang mungil tapi mewah.

Salah satu tipe rumah yang paling banyak dicari adalah rumah berukuran 36 meter persegi atau lebih dikenal dengan rumah tipe 36. Karena ukurannya yang mungil, rumah tipe 36 memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding tipe rumah lainnya. Ukuran rumah ini juga banyak digunakan pada desain perumahan subsidi yang banyak kita temukan di setiap daerah.

Rumah tipe 36 memiliki ukuran lahan yang berbeda-beda, beberapa contoh yang sering ditemui adalah rumah rumah tipe 36 dengan ukuran lahan 60 meter persegi (tipe 36/60) dan juga rumah tipe 36 dengan ukuran lahan 72 meter persegi (tipe 36/60).

Lalu berapa banyak ruangan yang bisa dibuat pada rumah tipe 36?

Kalau dilihat dari pembagian ruangan, tipe rumah 36 banyak dibangun dengan spek ruang berupa 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 dapur serta kamar mandi. Untuk membuat lebih banyak ruangan di rumah tipe 36, kamu bisa membangun rumah menjadi 2 lantai atau tingkat.

Nah kalau kamu mencari inspirasi desain rumah minimalis tipe 36 yang mungil tapi mewah, Smartnul.com telah merangkum beberapa desain rumah tipe 36 1 lantai dan 2 lantai yang bisa kamu tiru.

1. Rumah minimalis tipe 36/60

© source creohouse.co.id

Rumah minimalis tipe 36 yang pertama memiliki luas lahan 60 meter persegi dengan pagar minimalis di bagian depan. Rumah tipe 36 diatas memiliki 2 buah kamar tidur, sebuah ruang tamu, kamar mandi, dan juga dapur. Bagian yang terlihat lebih luas adalah teras depan rumah yang bisa gunakan sebagai tempat menaruh berbagai tanaman hias.

2. Rumah tipe 36 teras modern

© source creohouse.co.id

Model rumah minimalis tipe 36 diatas banyak digunakan di beberapa perumahan. Ukurannya yang mungil, memungkinkan rumah bisa dibangun di berbagai ukuran lahan. Agar tampilan rumah terlihat mewah, buat desain teras dengan profil tiang modern dan pilihan warna yang cerah. Kombinasi warna merah dan putih seperti di atas membuat tampilan rumah semakin berwarna.

3. Rumah tipe 36 simpel

© source creohouse.co.id

Bagi kamu penyuka desain simpel, contoh rumah diatas bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah tipe 36. Bagian teras dibuat sederhana dengan 1 tiang penopang termasuk sebuah sofa bersantai di dalamnya. Rumah tipe 36 seperti diatas cocok dibangun di lahan sempit yang hanya seukuran bangunan rumah. 

4. Rumah minimalis tipe 36/72

© source content.co.id

Rumah minimalis tipe 36 dengan ukuran lahan 72 meter persegi memiliki jumlah ruangan yang lebih banyak. Bisa menampung sampai 3 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan 2 buah kamar mandi. Karena lahannya yang lebih luas, kamu bisa mendesain teras atau halaman rumah dengan banyak tanaman dan pohon. Kamu juga bisa menjadikannya car park dengan kanopi kaca yang estetik.

5. Rumah tipe 36 2 lantai

© source blogspot.com

Konsep rumah minimalis modern memang banyak diminati masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Dengan ukuran rumah tipe 36 yang mungil, beberapa orang memilih membuatnya jadi 2 lantai agar lebih banyak anggota keluarga yang bisa tinggal bersama. Cara ini juga jadi salah satu solusi untuk menghemat biaya pembangunan rumah, apalagi di perkotaan yang harga tanahnya sangat mahal.

Itulah beberapa desain rumah minimalis tipe 36 yang bisa kamu jadikan inspirasi. Selain rumah tipe 36, ada juga rumah tipe 48 dan 72 yang ukurannya lebih besar dan tentunya bisa menampung lebih banyak ruangan. Semuanya kembali lagi pada budget dan luas lahan yang kamu miliki. 

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>