Review Robot Vacuum Cleaner Ecovacs T8 dan Roborock S6

Spesifikasi dan harga Robot vacuum cleaner Ecovacs Deebot Ozmo T8 dan Roborock S6 MaxV.

Teknologi IoT semakin maju dengan banyaknya produk pintar seperti robot vacuum cleaner. Sebelumnya kami sudah sering membahas perangkat pintar yang satu ini, mulai dari iRobot Roomba yang paling canggih sampai vacuum cleaner konvensional Kurumi.

Setiap produk robot vacuum cleaner tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang fiturnya canggih tapi dengan harga mahal, ada juga yang punya fitur terbatas tetapi dengan harga yang terjangkau. 

Lalu mana yang ingin kamu pilih? bukankah lebih baik jika membeli robot vacuum cleaner canggih tapi dengan harga yang terjangkau. Memangnya ada? 

Tentu saja ada, robot vacuum cleaner Ecovacs Deebot Ozmo T8 dan Roborock S6 MaxV adalah jawaban atas keinginan kamu. Secanggih apa robot ini dan berapa kisaran harganya, mari kita kupas satu per satu.

1. Ecovacs Deebot Ozmo T8

Harga: Rp 10.290.000
Dimensi: 353 x 93 x 353mm
Berat: 5.9kg
Kapasitas baterai: 5200mAh
Kapasitas debu: 0.4l
Konektivitas: Otomatis
Fitur:
  • Sensor jarak

  • Tampilan LED

  • WiFi control

Teknologi:
  • TrueMapping

  • AIVI Sensor

  • Custom Mode

1. Roborock S6 MaxV

Harga: Rp 10.500.000
Dimensi: 353 x 350 x 96.5mm
Berat: 3.6kg
Kapasitas baterai: 5200mAh
Kapasitas debu: 1.8l
Konektivitas: Aplikasi
Fitur:
  • Sensor jarak

  • Tampilan LED

  • WiFi control

Teknologi:
  • Qualcomm® APQ8053 processor

  • 2500Pa3 HyperForceTM

  • 297ml SnapMopTM

Desain

© source gizmologi.id

Dari sentuhan pertama, kedua perangkat vacuum cleaner ini terlihat sama persis dengan iRobot Roomba. Baik Ecovacs Deebot Ozmo T8 dan Roborock S6 MaxV, keduanya punya bentuk yang serupa.

Kedua robot vacuum cleaner ini berbentuk lingkaran dengan tonjolan dibagian atas yang berfungsi sebagai sensor. Perbedaan yang terlihat ada pada jumlah tombol yang berada di bagian atas perangkat.

Ecovacs Deebot Ozmo T8 memiliki 1 tombol power saja dengan bentuk yang lebih kecil sekitar 2mm. Sementara itu Roborock S6 MaxV memiliki 1 tombol power, tombol spot cleaning, dan juga tombol dock untuk mengembalikan perangkat ke docking station.

Karena ukurannya yang lebih kecil, Ecovacs Deebot Ozmo T8 lebih fungsional karena bisa masuk ke selah atau kolong sofa yang sempit.

Baca juga: Xiaomi deerma vacuum cleaner, penyedot debu handal

Setting awal

© source gizmologi.id

Setelah melihat seluruh fungsi bagian luar, sekarang saya mencoba untuk melakukan setup awal bagaimana menjalankan kedua robot vacuum ini. 

Sebelum memulai, kamu harus tau bahwa kedua perangkat ini membutuhkan listrik untuk charging station, smartphone untuk mengontrol perangkat dan koneksi Wi-Fi sebagai perantara.

Oke kita mulai, perangkat pertama yang saya aktifkan adalah Ecovacs Deebot Ozmo T8. Kamu hanya perlu menekan tombol power sampai lampu indikator menyala, setelahnya unduh aplikasi Ecovacs di Android/iOS, scan QR code yang ada di atas perangkat, lalu sambungkan ke jaringan Wi-Fi.

© source gizmologi.id

Sampai disini perangkat sudah bisa kamu gunakan. Untuk pengaturan dan mode pembersihan bisa kamu sesuaikan di dalam aplikasi. Gampang kan!

Pada Roborock S6 MaxV prosesnya kurang lebih sama. Hanya saja khusus untuk pengguna IOS, perlu adanya transisi atau sambungan ke Wi-Fi direct perangkat lebih dulu, sementara pada Ecovacs hal ini terjadi secara otomatis. Jadi jelas dari segi penggunaan, Ecovacs jauh lebih unggul dan mudah.

Sensor perangkat

© source gizmologi.id

Roborock S6 MaxV memiliki sensor yang lebih lengkap dibanding Ecovacs. Pada Roborock S6 MaxV terdapat dua kamera wide-angle yang berfungsi sebagai pendeteksi objek. Dua kamera tersebut dilengkapi inframerah dan teknologi LiDAR untuk melakukan pemetaan ruangan.

Saat diuji coba, fungsi kedua kamera dan sensornya ternyata sangat akurat. Perangkat dapat mendeteksi benda di sekelilingnya mulai jarak 4,5cm hingga 30cm, bahkan objek dengan ukuran 1mm. 

Hal ini akan membuat Roborock S6 MaxV terhindar dari tersangkut atau jatuh dari tangga. Sensornya akan otomatis aktif ketika mendekati objek yang merepotkan, lalu perangkat akan berpindah ke sisi lain yang lebih aman.

Ecovacs Deebot Ozmo T8 ternyata juga tidak kalah canggih. Perangkat ini dilengkapi sensor TrueDetect 3D Technology yang punya fungsi sama seperti sensor Roborock S6 MaxV.

Kinerja

© source gizmologi.id

Ecovacs Deebot Ozmo T8 memiliki 2 buah alat putar sapu di bagian bawah vacuum, berbeda dengan Roborock S6 MaxV yang hanya punya 1 buah.

Hasil tes selama 15 menit pemakaian ternyata cukup mengejutkan, Ecovacs Deebot Ozmo T8 mampu mengungguli Roborock S6 MaxV dalam semua aspek pembersihan. Roborock S6 MaxV yang punya 2 buah sensor kamera justru lebih sering menabrak objek atau menyangkut objek kecil seperti kabel.

Berbeda dengan Ecovacs yang jauh lebih halus dengan sensor pindai yang lebih canggih, lebih jarang nabrak, dan ketika mendekati objek pun kecepatanya akan menurun, supaya daya tabraknya tidak kencang.

Baca juga: 7 Mesin penghisap debu otomatis terbaik

Kesimpulan

Baik Ecovacs Deebot Ozmo T8 maupun Roborock S6 MaxV, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Melalui pengujian diatas, bisa disimpulkan bahwa Ecovacs hampir unggul dari semua lini, baik kinerja maupun sensor perangkat. Kemudahan pemakaian juga membuat Ecovacs lebih diminati daripada Roborock S6 MaxV.

Pilihan tentunya kembali pada kebutuhan dan fungsionalitas robot vacuum cleaner yang kamu inginkan. Untuk mendapatkan perangkat robot vacuum yang lebih canggih, misalnya iRobot Roomba tentu kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>