10 Model Atap Rumah Memanjang dengan Desain Modern

Ingin memiliki hunian dengan desain atap memanjang. Inspirasi model atap rumah dibawah ini bisa kamu tiru.

Ingin memiliki hunian dengan desain atap memanjang. Inspirasi model atap rumah dibawah ini bisa kamu tiru.

Ada berbagai macam model atap rumah yang bisa digunakan. Mulai dari model atap limas, joglo, kerucut, datar, kubah, dan masih banyak lagi. Desain atap memanjang juga jadi salah satu dari sekian banyak model atap tersebut.

Model atap rumah memanjang banyak digunakan di Indonesia, terutama pada desain rumah minimalis dan rumah industrial. Selain menambah kesan estetik pada rumah, atap memanjang juga cocok untuk segala tipe hunian, khususnya tipe rumah 45 dan tipe rumah 6x12.

Kamu yang ingin memiliki hunian dengan model atap rumah memanjang, inspirasi desain atap memanjang berikut ini bisa jadi ide menarik untuk ditiru.

1. Model atap tipe 45

© source rumah123.com

Hunian tipe 45 menjadi salah satu rumah yang cocok menggunakan model atap memanjang. Kamu bisa membuat desain atap lurus kebelakang dengan kanopi di bagian teras. Untuk mempercantik tampilan rumah, gunakan kombinasi warna cat yang pas, misalnya putih dan abu-abu.

2. Model atap miring

© source rumah123.com

Bukan hanya modern, rumah dengan model atap memanjang seperti diatas juga terlihat sangat estetik dan mewah. Penggunaan atap miring ini cocok untuk rumah industrial yang banyak menggunakan material alam. Ide yang sangat menarik dengan membuat dinding berwarna coklat khas kayu. Pemakaian granit pada dinding fasad juga semakin menambah kesan mewah pada hunian.

3. Model atap pelana

© source rumah123.com

Model atap yang memanjang kesamping ini cocok untuk kamu penyuka desain rumah simpel dan sederhana. Kamu juga bisa membuatnya memanjang kebelakang sesuai ukuran lahan yang dimiliki. Untuk membuatnya terlihat modern, gunakan lebih banyak ornamen kaca pada bagian depan rumah.

Baca juga: 10 Model profil tiang teras rumah

4. Model atap kontemporer

© source rumah123.com

Hunian diatas merupakan hunian bergaya kontemporer dengan ukuran 45/72. Desain atapnya dibuat cukup unik dengan model trapesium siku-siku. Belum lagi 2 sisi atap yang berbeda membuat tampilan rumah semakin elegan.

5. Model atap curam

© source rumah123.com

Salah satu bentuk atap memanjang yang bisa kamu tiru adalah dengan membuatnya curam ke bagian depan. Dengan adanya lubang ventilasi di salah satu sudut atap, tampilan rumah jadi semakin estetik dan kekinian.

6. Model atap modern

© source rumah123.com

Desain atap modern dengan bentuk yang unik ini bisa kamu terapkan di rumah. Warna cat atap yang senada dengan dinding membuat rumah terlihat mewah dan minimalis. Menambahkan beberapa ornamen granit atau batu alam pada dinding juga bisa jadi ide yang menarik.

Baca juga: 10 Granit teras depan rumah minimalis

7. Model atap minimalis

© source rumah123.com

Bentuk atap memanjang kesamping seperti diatas cocok untuk rumah tipe 45 dan 36. Tampilan atap yang sederhana dengan warna merah bata semakin menambah kesan minimalis pada rumah.

8. Model atap satu arah

© source rumah123.com

Jika ingin membuat hunian terlihat modern dan elegan, gunakan model atap miring ke salah salah satu sisi rumah. Kamu juga bisa menambahkan kanopi kaca dibagian teras untuk mempercantik tampilannya.

9. Model atap tingkat

© source rumah123.com

Untuk membuat ruangan di dalam rumah terasa lega dan luas, buatlah desain atap bertingkat dengan bentuk yang disesuaikan dengan tinggi plafon ruangan. Pada bagian atap yang lebih tinggi, buat plafon sedikit lebih tinggi untuk memperbesar ukuran ruangan.

Baca juga: 10 Model teras rumah minimalis masa kini

10. Model atap simpel

© source rumah123.com

Desain atap rumah memanjang dengan bentuk yang sangat simpel. Warna atap dibuat senada dengan dinding rumah agar tidak terlalu kontras. Penggunaan warna-warna kalem, seperti abu, putih, atau grey sangat cocok untuk model rumah seperti ini.

Bagian-bagian atap

Setelah melihat beberapa model atap rumah memanjang, kamu pasti sudah tidak sabar untuk membuat desain rumah sendiri dengan model atap seperti diatas.

Tapi sebelum itu, kamu harus tau terlebih dahulu bagian-bagian apa saja yang harus ada di atap rumah. 

Secara umum, atap terdiri dari tiga bagian:

1. Penutup atap

Bagian penutup atap merupakan bagian terluar dari struktur atap. Bagian ini terdiri dari berbagai jenis bahan seperti genteng, beton, genteng metal, asbes, dan lain-lain.

2. Rangka atap

Rangka menjadi penopang bagian terluar dari atap. Biasanya rangka atap terbuat dari kayu, baja, alumunium, ataupun beton. 

3. Garis tepi atap 

Garis tepi menjadi batas terluar dari atap, pada bagian ini biasanya diberi kayu lisplang. Garis tepi menjadi pembatas dari setiap sisi atap rumah.

Bagian-bagian lain:

  • Nok - merupakan pertemuan puncak dari dua sisi atap yang kemudian diberi genteng nok
  • Jurai luar - merupakan pertemuan luar dari dua sisi atap yang bersebelahan yang kemudian diberi genteng nok
  • Jurai dalam - merupakan pertemuan dalam dari dua sisi atap yang bersebelahan yang kemudian diberi balok, papan, dan seng talang
  • Talang - merupaka bagian atap yang berfungsi sebagai saluran untuk menampung dan membuang air hujan
  • Kasau - merupakan bagian atap dari kayu atau rangka baja ringan yang menjadi dudukan untuk reng
  • Reng - merupakan bagian atap yang berfungsi untuk menahan genteng 

Penutup

Model atap rumah memanjang memang cocok digunakan untuk berbagai jenis hunian. Tampilannya juga bisa disesuaikan dengan selera dan desain rumah yang dibuat. Selain minimalis, model atap rumah memanjang juga akan membuat tampilan rumah kamu terlihat luas dan mewah.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>