10 Desain Kos Kosan Kecil Minimalis Sederhana

Contoh desain kos kosan kecil minimalis sederhana yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam membangun rumah kost.

Memulai bisnis kos kosan kecil memang sangat menguntungkan dan bisa menjadi pemasukan jangka panjang. Bahkan dengan lahan yang sempit, kita bisa membuatnya jadi sebuah kos kosan kecil dengan berbagai ukuran.

Bagi Anda yang punya lahan tidak terpakai dan ingin menyulapnya jadi mesin uang. Membangun kos kosan kecil merupakan ide yang sangat bagus. Anda bisa membangun rumah kost 1 lantai dengan ukuran 3x3, 3x4, atau 3x5. Jika ingin membuat lebih banyak kamar, tinggal menjadikannya rumah kost 2 lantai.

Bisnis kos kosan memang sangat menguntungkan, baik dari segi finansial maupun personal bagi pemiliknya. Segi finansial tentu karena tiap bulan kita bisa mendapatkan pemasukan secara rutin. Misalnya Anda punya 10 kamar kos kosan kecil dengan biaya sewa 1 juta per bulan. Jika semua kamar terisi, dalam 1 bulan Anda bisa mendapatkan 10 juta rupiah.

Lalu dari segi personal tentu keuntungan karena kita memiliki aset properti yang bisa dijual kapan saja saat kita membutuhkan. Bagaimana? tertarik untuk memiliki kos kosan kecil !

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis kos kosan. 10 Desain kos kosan kecil minimalis berikut ini bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Desain rumah kost minimalis 2 lantai

© source armeximport.com

Tidak perlu khawatir jika lahan yang Anda miliki sempit dan terbatas. Dengan membangun kos kosan kecil 2 lantai, masalah keterbatasan lahan ini bisa Anda atasi.

Rumah kost minimalis 2 lantai ini cocok jika Anda memiliki lahan memanjang, misalnya ukuran 3x10 atau 4x15. Dengan ukuran lahan itu, Anda bisa membangun lebih dari 10 kamar kos kosan kecil yang nyaman.

2. Desain kos kosan keren

© source pinterest.com

Kos kosan kecil nggak selalu terlihat sumpek kok. Dengan penataan desain yang tepat, Anda bisa menyulap kos kosan kecil tampak luas dan nyaman. Misalnya dengan menambahkan tanaman hias di depan kamar kos, memasang beberapa interior dinding, seperti lukisan dan lain sebagainya. Biar tetap terkesan luas, jangan gunakan lemari berukuran besar di dalam kamar kos.

Baca juga: 6 Desain rumah minimalis tipe 36 terbaik

3. Desain kos kosan minimalis modern

© source infodigimarket.com

Membangun kos kosan kecil butuh budget yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda ingin membuatnya berkonsep minimalis modern. Pada desain di atas misalnya, kos kosan dibuat menjadi 2 lantai berbentuk U, dimana setiap sudut kos kosan dipasang kamera CCTV untuk melakukan pengawasan.

Agar tampak minimalis, gunakan warna cat kamar aesthetic biru yang bisa memberi kesan elegan dan nyaman. Karena mengusung konsep modern, biaya pembangunannya juga lumayan banyak.

4. Desain kos kosan sederhana

© source kostjakarta.net

Jika budget dan lahan yang Anda miliki terbatas, solusinya adalah dengan membangun kos kosan kecil sederhana dengan ukuran 3x3. Dengan lahan memanjang, Anda bisa membuat lebih dari 10 kamar kost ukuran 3x3, tergantung seberapa panjang lahan yang Anda miliki. Buat juga sedikit teras di depan kamar kost agar tidak terlalu polos. Hal ini penting karena menyangkut kenyamanan para penghuninya.

5. Desain rumah kost 2 lantai sederhana

© source jualo.com

Kos kosan kecil sederhana yang dibangun menjadi 2 lantai bertujuan agar ada lebih banyak ruangan kamar kost. Semakin banyak jumlah kamar, pemasukan yang akan Anda dapatkan juga lebih besar. Desain rumah kost 2 lantai diatas misalnya yang mengusung konsep simpel dengan ukuran ruangan yang kecil. Untuk kamar kost 3x3, Anda bisa membuat lebih banyak ruangan di lahan yang terbatas.

Baca juga: 10 Desain rumah minimalis sederhana

6. Desain kos kosan minimalis 1 lantai

© source rumah123.com

Jika budget yang Anda miliki terbatas, membangun kos kosan kecil minimalis 1 lantai menjadi salah satu pilihan terbaik. Dengan kamar kost ukuran 3x5, Anda bisa menambahkan kamar mandi kecil di setiap ruangan. Untuk mempercantik tampilan, gunakan warna cat yang cerah, seperti orange atau biru.

7. Desain kos kosan 3x4

© source blogspot.com

Desain diatas merupakan contoh kamar kost ukuran 3x4, dimana terdapat 1 buah kamar mandi kecil di dalamnya. Dengan ukuran kasur yang hanya muat 2 orang, masih ada sedikit space kosong untuk dijadikan tempat duduk jika Anda ingin bersantai atau mengerjakan tugas. Di lihat dari desainnya, kamar kost diatas sangat minimalis tanpa terlalu banyak interior yang bisa mempersempit ukuran kamar.

8. Denah kamar kost 3x5

© source blogspot.com

Ukuran 3x5 sebenarnya cukup luas untuk sebuah kamar kost. Daripada disebut kamar kost, ukuran kamar yang satu ini lebih cocok disebut kamar hotel. Di dalamnya terdapat 1 buah kamar mandi dengan tempat tidur yang cukup luas. Bisa juga ditambahkan interior seperti lemari dan rak sepatu karena space yang tersisa di kamar masih cukup luas.

9. Desain rumah kost 10 kamar

© source thegorbalsla.com

Kos kosan dengan jumlah 10 kamar bukan hanya membutuhkan budget yang besar, melainkan juga ukuran lahan yang luas dan panjang. Misalnya jika kita ingin membuat kamar kos dengan ukuran 3x3 sebanyak 10 kamar, setidaknya dibutuhkan luas lahan 5x35 meter persegi. Jika dibuat menjadi 2 lantai, panjang lahan kemungkinan bisa dikurangi hingga sebagian.

10. Desain kos kosan 3x3 

© source gramho.com

Di Jakarta, kos kosan kecil berukuran 3x3 sangat mudah ditemukan. Kos kosan jenis ini memiliki harga sewa yang lebih murah, sekitar 500 sampai 800 ribu per bulan. Ukuran kamarnya yang kecil mungkin hanya bisa ditempati oleh 1 atau 2 orang saja. Meski cukup sempit, dengan penataan kamar yang bagus, Anda bisa menyulap kos-kosan 3x3 jadi sebuah kamar minimalis yang nyaman.

Baca juga: 10 Desain rumah minimalis 3 kamar

Dari sepuluh desain kos kosan kecil diatas, beberapa diantaranya mungkin bisa Anda jadikan inpirasi sebelum membangun kos kosan Anda sendiri.

1 komentar

  1. menarik artikelnya dan lebih lengkap.... terus berkaya ya gan... sukses selalu
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>