Cara Mengecek IMEI iPhone di Web Apple Terbaru

Pada ulasan kali ini saya ingin membagikan tutorial mengecek IMEI iPhone di web Apple. Untuk cek IMEI iPhone di website Apple, caranya cukup mudah.

Bagi para pemilik perangkat iPhone atau Anda yang ingin membeli ponsel iPhone, mengetahui IMEI dari perangkat yang akan dibeli tentu menjadi suatu keharusan karena hal inilah yang jadi acuan apakah ponsel iPhone tersebut asli, replika, atau palsu.

Karena itu, pada ulasan kali ini saya ingin membagikan tutorial mengecek IMEI iPhone di web Apple. Untuk cek IMEI iPhone di website Apple, caranya cukup mudah. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat iPhone yang ingin di cek IMEI-nya. Selengkapnya silahkan simak tutorial dibawah.

Apa Itu IMEI ?

Setiap perangkat smartphone yang dijual dipasaran memiliki nomor seri bernama IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nomor seri ini dijadikan identitas sebuah perangkat, ibarat manusia, IMEI merupakan sebuah kartu identitas atau KTP.

Selain sebagai identitas sebuah perangkat, IMEI juga digunakan oleh para penyedia operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung dengan jaringannya.

Baca juga: Cara bobol WiFi Indihome 100% berhasil

Lalu para produsen smartphone seperti Apple juga memanfaatkan IMEI agar produk yang mereka jual bisa dibedakan antara yang asli dan yang palsu. Dengan melacak IMEI lewat website Apple misalnya, kita jadi tau apakah perangkat iPhone yang akan kita beli merupakan produk resmi Apple atau bukan.

Hal ini juga berlaku bagi semua produsen smartphone lainnya, mulai dari Samsung, Oppo, Xiaomi, dan Vivo.

Kegunaan IMEI iPhone

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, IMEI punya banyak sekali kegunaan dan fungsi bagi sebuah perangkat iPhone. Berikut beberapa diantaranya:

  • Sebagai identitas atau nomor seri perangkat iPhone
  • Untuk membedakan iPhone asli, replika, palsu, atau habis masa garansinya
  • Cek status dari lock iCloud atau Find My iPhone terkunci atau tidak
  • Cek status garansi dari perangkat iPhone

Cara Cek IMEI  iPhone

Oke, sebelum mulai mengecek IMEI iPhone di web Apple. Kita harus tahu terlebih dulu seperti apa itu kode IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identity) terdiri dari 15 digit kode unik yang ada di setiap perangkat seluler tipe GSM, dan MEID jika perangkat seluler tersebut adalah CDMA.

Setelah mengetahui seperti apa itu IMEI, langkah selanjutnya adalah menemukan letak IMEI di perangkat iPhone yang Anda miliki. 

Berikut panduannya:

  • Bagian belakang dusbook - Pada bagian ini tertulis IMEI/MEID, dan serial number, Anda bisa mencocokkan IMEI yang tertulis di belakang dus dengan yang ada di dalam sistem.
  • © source apple.com

  • Tempat kartu SIM - Periksa bagian ujung atas simtray atau kartu SIM untuk mendapatkan nomor IMEI.
  • © source apple.com

  • Melalui pengaturan perangkat - Nomor IMEI juga bisa dilihat melalui menu setting pada perangkat iPhone.
  • Dial up telepon - Dengan menggunakan kode dial *#06# kamu bisa mengecek IMEI iPhone dan informasi perangkat secara lengkap.
  • Aplikasi iTunes dan layanan pihak ketiga - Melalui layanan iTunes, kita bisa mengetahui informasi detail mengenai perangkat iPhone yang kita gunakan, termasuk di dalamnya IMEI. Anda juga bisa menggunakan layanan pihak ketiga seperti 3utools dan iUnlocker.

Cara Cek IMEI iPhone di Menu Setting

Cara ini bisa diterapkan untuk semua perangkat milik Apple. Mulai dari iPhone, iPad, dan iPad Touch. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka pengaturan iPhone > umum > lalu klik mengenai
  2. Gulir kebawah untuk menemukan nomor IMEI
  3. © source apple.com

  4. Klik dan tahan pada nomor seri untuk menyalinnya

Cara Cek IMEI iPhone di Web Apple

Cara ini bisa di gunakan ketika lupa membawa perangkat iPhone. Selama Anda ingat ID Apple yang digunakan untuk masuk ke perangkat, maka untuk mengecek  IMEI iPhone akan sangat mudah.

  1. Buka tautan appleid.apple.com di browser web komputer Anda
  2. Masuk dengan ID Apple yang Anda gunakan di perangkat iPhone
  3. Gulir ke bawah ke bagian perangkat. Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, pilih nama perangkat
  4. Jika Anda menggunakan perangkat dengan  sistem IOS 10.3 atau lebih, buka pengaturan > nama Anda > gulir ke bawah untuk menemukan IMEI > pilih nama perangkat
  5. Jika IMEI/MEID tidak muncul setelah Anda mengikuti langkah-langkah diatas, bisa dipastikan iPhone yang Anda gunakan bukan produk resmi dari Apple

Cara Cek Garansi iPhone di Web Apple

Setelah mengecek IMEI iPhone di website Apple. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian iPhone adalah memeriksa garansi dari perangkat iPhone yang Anda gunakan.

  1. Buka browser lalu kunjungi website cek garansi iPhone resmi Apple disini
  2. Masukan serial number dari perangkat Apple Anda (iPhone, Mac, Apple Watch)
  3. Masukan kode captcha untuk verifikasi
  4. Klik lanjutkan
  5. Setelah muncul halaman seperti dibawah, Anda bisa memeriksa garansi dan keaslian iPhone yang Anda gunakan
  6. © source inisitus.com

Keterangan:

  • Tanggal pembelian valid - Menandakan iPhone tersebut sudah pernah diaktifkan. Jika Anda membeli iPhone baru, seharusnya muncul pemberitahuan bahwa iPhone tersebut belum diaktivasi
  • Dukungan teknis - Semua perangkat baru Apple mendapatkan dukungan teknis telepon selama 90 hari sejak tanggal pembelian
  • Servis atau perlindungan perbaikan - Masa garansi iPhone adalah 1 tahun. Jika keterangan yang muncul "berakhir', berarti garansi iPhone yang Anda gunakan sudah habis

Cara diatas sangat efektif untuk mengetahui apakah iPhone yang digunakan resmi produk Apple atau bukan. Jika Anda membeli iPhone baru, harusnya masa garansinya masih utuh 1 tahun. 

Jika setelah pengecekan ternyata masa garansinya sudah habis, bisa dipastikan iPhone yang Anda gunakan adalah hasil refurbish atau daur ulang. Jika Anda tidak teliti dalam hal ini, bisa saja iPhone yang Anda gunakan tiba-tiba mati total.

Cek Status iCloud dan Find My iPhone dengan iUnlocker

Selain menggunakan web resmi Apple, kita juga bisa mengecek IMEI Apple melalui layanan pihak ketiga yaitu iUnlocker. Dengan tools ini kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai perangkat iPhone, termasuk IMEI, status iCloud, dan Find My iPhone.

  1. Buka browser lalu kunjungi website https://iunlocker.com/check_imei.php
  2. Masukan serial number dari perangkat iPhone Anda
  3. Klik check
  4. Jika Anda memasukan serial number yang benar, akan muncul halaman yang berisi informasi detail tentang perangkat iPhone Anda
  5. Dari website ini kita bisa melihat status iCloud iPhone ON/OFF dan bersih atau tidak dari blacklist
  6. iPhone yang terblacklist biasanya merupakan hasil refurbish atau produk ilegal 

Cek IMEI iPhone dengan Website Kemenperin

Cara terakhir untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan menggunakan website resmi kementerian perindustrian (Kemenperin) melalui link https://imei.kemenperin.go.id/.

Seperti yang kita tahu, pemerintah telah mengeluarkan website untuk mengecek IMEI lewat situs tersebut. Hal ini merupakan program validasi IMEI, agar mengurangi jumlah ponsel black market yang beredar di Indonesia.

Untuk mengeceknya, Anda tinggal kunjungi tautan di atas tadi. Kemudian masukan nomor IMEI perangkat Anda ke kolom yang sudah disediakan.

Klik ikon cari dan tunggu hingga proses selesai. Jika perangkat iPhone yang Anda gunakan resmi keluaran Apple, data dari IMEI tersebut akan ditampilkan di layar. Begitu juga sebaliknya jika data IMEI tidak ditemukan, maka bisa jadi perangkat yang Anda gunakan ilegal atau produk refurbish dari black market.

Baca juga: Cara screenshot HP ASUS semua tipe

Penutup

Cara mengecek IMEI iPhone diatas bisa diterapkan juga untuk produk Apple lainnya. Dengan melakukan pengecekan IMEI, kita bisa membedakan mana perangkat asli dan juga perangkat palsu, sehingga bisa terhindar dari barang-barang black market.

Dalam membeli iPhone, melakukan pengecekan IMEI juga sangat berguna agar kita tidak ditipu oleh penjual yang kerap kali mengimingi dengan harga iPhone yang murah.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>