Rekomendasi Mesin CNC Milling 4 Axis Terbaik

Daftar harga mesin CNC milling 4 axis terbaik untuk kebutuhan industri dari berbagai merk ternama.

Sebelum memilih mesin CNC milling 4 axis yang akan dibeli, faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah kompleksitas suku cadang, campuran suku cadang, dan jumlah rata-rata suku cadang yang akan dijalankan per penyetelan. Hal ini penting untuk memaksimalkan proses produksi yang akan Anda lakukan.

Berikut beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum memilih mesin CNC milling 4 axis:

Kompleksitas bagian

Apakah Anda ingin mengerjakan bagian yang rumit? Pertimbangkan jumlah kantong alat yang tersedia. Semakin banyak stasiun, semakin rumit dalam satu pengaturan.

Industri primer

Apakah toko Anda didedikasikan untuk satu bidang manufaktur seperti otomotif, aerospace, mold & die, peralatan medis atau oli? Industri yang berbeda memiliki tuntutan yang berbeda untuk torsi, kecepatan dan presisi. 

Misalnya, perangkat medis seringkali membutuhkan suku cadang yang lebih kecil dan presisi tinggi. Hal ini menuntut material yang sulit untuk dikerjakan dan banyak suku cadang besar. Ini menunjukkan bahwa Anda memerlukan mesin CNC milling 4 axis dengan daya yang cukup untuk menangani material yang keras.

Ukuran fisik

Anda harus mempertimbangkan ukuran fisik mesin CNC milling 4 axis yang akan dibeli. Ini akan ditentukan oleh ukuran bagian yang akan dikerjakan dengan diameter, panjang, perjalanan X, Y dan Z, serta perjalanan sumbu lainnya dalam derajat. Kemudian Anda perlu menentukan persyaratan kekakuan dan tenaga dengan memikirkan jenis material yang akan diproduksi.

Dibuat sesuai pesanan

Ingatlah bahwa beberapa mesin CNC multi axis lebih baik daripada yang lain untuk aplikasi tertentu. Sangat membantu untuk mengetahui apakah mesin CNC tertentu pernah digunakan dalam aplikasi serupa sebelumnya. Seringkali mesin CNC milling 4 axis dibuat sesuai pesanan dan kebutuhan pelanggan tertentu. Saat Anda membelinya, Anda mencari yang paling cocok dari mesin yang ada.

Fungsi Axis Pada Mesin CNC

Axis adalah sumbu penggerak. Umumnya mesin CNC memiliki banyak sumbu penggerak untuk memaksimalkan pengoperasian. Setiap sumbu penggerak pada mesin CNC ini memiliki fungsi masing-masing. 

Setidaknya ada tiga jenis axis pada mesin CNC milling dan router:

1. Mesin CNC milling 3 axis

Jenis mesin CNC yang paling umum digunakan biasanya memiliki 3 sumbu penggerak atau axis. Sumbu pertama adalah Y (penggerak maju mundur), sumbu X (penggerak naik turun), dan sumbu Z (penggerak kanan kiri). Mesin ini banyak digunakan untuk memproduksi desain 3D yang timbul, seperti ukiran kayu.

2. Mesin CNC milling 4 axis

Jenis mesin CNC yang sedang kita bahas saat ini. Memiliki 4 sumbu penggerak atau axis, yaitu sumbu X,Y, Z dan juga tambahan sumbu A (penggerak putaran horizontal). Biasanya digunakan untuk media silinder.

3. Mesin CNC milling 5 axis

Lebih kompleks lagi dengan banyak sumbu penggerak, mulai dari sumbu X, Y, Z, A, dan tambahan sumbu C (penggerak putaran vertikal. Karena kompleksitas dari mesin CNC milling 5 axis, jenis yang satu ini bisa digunakan untuk memproduksi berbagai bentuk media, baik yang datar, 3D, hingga silinder.

Rekomendasi Mesin CNC Milling 4 Axis

© source ebay.com

1. SHARP SV4020

Merk: Sharp
Model: SV4020
Tahun: 2011
Dimensi: 142" x 100" x 102"
Berat: 14.900 LBS
Harga: $51.500
Spesifikasi:
  • Motor Spindle: 20 HP

  • Kecepatan Spindle: 10.000 RPM

  • Spindle Taper: 40 CT

Pilihan:
  • Fanuc Series iO-md

  • 4th Axis Rotary Table

  • Chip Conveyor

© source revelationmachinery.com

2. LEADWELL V40IT

Merk: Leadwell
Model: V40IT
Tahun: 2017
Dimensi: 117" x 115" x 101"
Berat: 13.200 LBS
Harga: $99.500
Spesifikasi:
  • Motor Spindle: 24,8 HP

  • Kecepatan Spindle: 8.000 RPM

  • Spindle Taper: 40 CT

Pilihan:
  • Fanuc OiMF

  • 4th Axis Rotary Table

  • Chip Conveyor

© source mmi-direct.com

3. OKUMA MA600HB

Merk: Okuma
Model: MA600HB
Tahun: 2017
Dimensi: 117" x 115" x 101"
Berat: 57.200 LBS
Harga: $137.500
Spesifikasi:
  • Motor Spindle: 40 HP

  • Kecepatan Spindle: 6.000 RPM

  • Spindle Taper: 50 CT

Pilihan:
  • 6K RPM Direct Drive

  • OSP-P100

  • Chip Conveyor

Itulah ulasan mengenai mesin CNC milling 4 axis yang bisa Anda beli. Rekomendasi diatas merupakan daftar yang saya rangkum berdasarkan popularitas pemakaian mesin, jadi bisa saja berbeda dengan pilihan yang mungkin ingin Anda beli. 

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>