Pengering Mesin Cuci Mati, Penyebab dan Cara Memperbaiki

Penyebab dan cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar atau mati. Bisa untuk segala jenis mesin cuci, baik front loading maupun top loading

Pengering mesin cuci mati menjadi salah satu kerusakan yang sering terjadi. Rusaknya mesin cuci disebabkan oleh berbagai faktor eksternal, mulai dari pemakaian yang berlebih hingga masuknya benda-benda asing secara tidak sengaja saat memasukan pakaian.

Jika pengering mesin cuci tidak berputar, Anda tidak perlu panik dan buru-buru memanggil jasa service mesin cuci kerumah. Ada beberapa hal yang perlu Anda cek terlebih dahulu untuk memastikan penyebab pengering mesin cuci mati atau tidak berputar.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Mati

Berikut beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan pengering mesin cuci tidak berputar:

1. Kabel putus atau pintu mesin cuci tidak tertutup sempurna

Saat pengering mesin cuci tidak berputar, periksa terlebih dahulu kondisi mesin cuci Anda. Pastikan tidak ada kabel yang terlepas atau putus, selain itu pintu mesin cuci juga harus tertutup sempurna. Sebab, beberapa merk mesin cuci tidak akan berfungsi jika pintunya tidak ditutup dengan baik.

2. Overload, terlalu banyak diisi pakaian

Pada beberapa kasus, pengering mesin cuci mati bisa juga disebabkan oleh pakaian yang terlalu banyak hingga melebihi kapasitas, akibatnya pengering mesin cuci tidak bisa berputar dengan baik. Jadi saat mengalami masalah ini, pastikan Anda mengeluarkan seluruh pakaian di dalam mesin cuci atau mengurangi jumlahnya.

3. Elemen pemanas tidak berfungsi

Pengering mesin cuci memiliki elemen pemanas yang berfungsi untuk mengeringkan pakaian. Jika elemen pemanas ini tidak berfungsi dengan baik atau mati total, maka pengering juga tidak akan bisa berputar.

4. Saluran ventilasi tersumbat

Jika saluran ventilasi tersumbat, maka bisa dipastikan pengeringan pakaian tidak akan berjalan dengan baik. Masalah ini biasanya ditandai dengan kondisi mesin cuci yang cepat panas tetapi pakaian tidak kunjung kering. Jika mengalami masalah tersebut sebaiknya periksa saluran ventilasi mesin cuci Anda.

5. Pipa ventilasi yang tidak pas

Pemasangan pipa ventilasi mesin cuci yang tidak benar, kekecilan, atau kebesaran akan membuat pengering tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi lain seperti pipa terjepit, bengkok, atau terkena benda tajam juga bisa jadi penyebabnya. Karena itu pastikan kondisi pipa ventilasi terpasang dengan baik sebelum Anda memutuskan memanggil jasa service mesin cuci.

Baca juga: Rekomendasi mesin cuci LG 1 tabung terbaik dengan harga murah

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Untuk memperbaiki pengering mesin cuci mati, Anda memerlukan keahlian khusus. Jangan sampai mesin cuci tambah rusak karena kita coba-coba untuk memperbaikinya sendiri. Tapi buat Anda yang ngeyel dan ingin tetap coba memperbaikinya sendiri, silahkan simak ulasan dibawah ini:

1. Kabel mesin cuci putus

Untuk masalah yang pertama, Anda hanya perlu menyambung kembali kabel mesin cuci yang terputus. Matikan terlebih dahulu aliran listrik ke mesin cuci, kemudian sambung kabel yang putus. Jika kondisi kabel sudah tidak layak, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membeli kabel khusus mesin cuci di toko-toko elektronik.

2. Tali rem pengering putus

Masalah tali rem pengering yang putus seringkali terjadi dan menyebabkan pengering mesin cuci tidak berputar. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu menarik kawat selling rem hingga terbuka, kemudian putar manual dengan tangan. Jika bisa berputar dengan baik, berarti masalah pengering mesin cuci Anda sudah berhasil diperbaiki.

3. Kapasitor mesin cuci rusak

Kondisi ini ditandai dengan Pengering mesin cuci tidak berputar dan hanya menghasilkan suara dengung saat mesin dinyalakan. Solusi untuk memperbaikinya adalah melepas kapasitor mesin cuci dan membawanya ke tukang service. Anda juga bisa mengganti kapasitor mesin cuci yang rusak dengan kapasitor baru.

4. Dinamo mesin cuci rusak

Sama halnya seperti kapasitor, dinamo juga berfungsi sebagai penggerak mesin cuci. Jika dinamo rusak atau mengalami masalah, maka bisa dipastikan pengering mesin cuci tidak akan bisa berfungsi dengan normal. Untuk memperbaikinya, lepas dinamo mesin cuci dan menggantinya dengan dinamo yang baru. Jangan lupa beli dinamo sesuai tipe dan merk mesin cuci yang Anda gunakan.

5. Timer pengering mati

Timer mesin cuci yang mati terkadang juga menyebabkan pengering tidak bisa berputar. Masalah ini disebabkan oleh pegas mesin cuci yang sudah usang, atau bisa juga karena kemasukan semut. Untuk memperbaiki masalah ini sebaiknya panggil jasa service mesin cuci kerumah Anda.

Baca juga: Rekomendasi mesin cuci front loading untuk laundry, harga mulai 2 jutaan

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar diatas bisa Anda terapkan ke segala tipe mesin cuci, baik yang top loading, front loading, maupun jenis mesin cuci 2 tabung. Meski begitu, pada beberapa merk mesin cuci terkadang memiliki komponen atau bagian-bagian yang berbeda, sehingga perlu pemahaman khusus untuk memperbaikinya.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>