Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal (Terbaru 100% Work)

Tutorial lengkap cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal. Cukup 5 menit langsung berhasil.
TV parabola tidak ada sinyal menjadi salah satu masalah yang sering dialami para pengguna layanan TV. Selain menyebabkan beberapa channel televisi hilang, masalah ini terkadang juga membuat seluruh channel menjadi buram atau bahkan tidak muncul.

Bagi Anda yang punya masalah diatas, bisa ikuti ulasan cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal berikut ini.

Sekilas Tentang TV Parabola

TV parabola dikenal juga sebagai TV satelit, layanan TV ini menggunakan sebuah perangkat yang bisa menghubungkan sinyal satelit langsung ke televisi. Perangkat penghubung tersebut bernama dekoder DVBS (Digital Video Broadcasting Satellite) atau receiver digital.

Secara umum, TV parabola terbagi menjadi 2 bagian, yaitu TV parabola berbayar dan TV parabola free to air (FTA).

Bedanya, TV parabola free to air memiliki channel televisi yang bisa ditonton tanpa harus berlangganan (sinyal televisinya bisa ditangkap dengan perangkat DVBS atau receiver digital). Sedangkan TV parabola berbayar mengharuskan penggunanya untuk membayar atau berlangganan secara berkala (TV berbayar atau pay TV disebut juga sebagai TV digital).

Perbedaan TV Parabola dan TV Kabel

1. Penggunaan alat

TV parabola membutuhkan alat DVBS atau receiver digital untuk menerima sinyal satelite. Sedangkan TV kabel hanya membutuhkan antena dan kabel coaxtial untuk menampilkan siaran TV analog.

2. Jumlah channel

Jumlah channel pada TV parabola lebih banyak dan bervariasi, sedangkan untuk TV kabel biasanya hanya memiliki jumlah channel terbatas dan juga tergantung pada kekuatan sinyal.

3. Jangkauan sinyal

TV parabola lebih unggul karena memiliki jangkauan siaran TV yang lebih luas, sementara itu TV kabel memiliki batas jangkauan sinyal yang terbatas, sehingga kerap kali beberapa channel televisi tidak muncul atau terhubung.

Baca juga: Portable AC PC9+, lebih dingin dan mudah dibawa

Penyebab TV Parabola Hilang Sinyal

Sebelum mengikuti langkah-langkah untuk memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab hilangnya sinyal pada TV parabola. Setelah mengetahui penyebab hilangnya sinyal, nantinya Anda akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan.

Setidaknya ada dua kemungkinan penyebab hilangnya sinyal TV parabola. Pertama masalah pada pemrograman TV, kedua masalah kerusakan pada komponen TV parabola.

Beberapa penyebab hilangnya sinyal TV parabola yang paling umum seperti:
  • Receiver tidak conect
  • Kesalahan program
  • Kerusakan kabel
  • Frekuensi berubah

Cara Memperbaiki TV Parabola Tidak Ada Sinyal

Buat Anda yang mengalami masalah sinyal hilang pada TV parabola, tidak perlu khawatir. Lakukan langkah-langkah dibawah ini untuk memperbaikinya:

1. Program ulang

Langkah pertama untuk memperbaiki TV parabola yang tidak ada sinyal adalah dengan melakukan pemrograman ulang. Dengan memprogram ulang semua channel televisi, maka sama saja dengan melakukan refresh ulang sinyal agar bisa terhubung kembali dengan receiver digital. 

Untuk melakukan program ulang, buka menu pengaturan di TV dan cari tab pengaturan program, kemudian lakukan pengaturan seperti di buku panduan pengguna. Jika sudah memprogram ulang, teyapi sinyal tetap tidak muncul, maka lanjut ke langkah kedua.

2. Periksa receiver

Receiver digital yang tidak connect sering kali menyebabkan hilang sinyal pada TV parabola. Karena itu coba periksa receiver digital, pastikan perangkat tersebut berfungsi dan terhubung dengan TV. 

3. Periksa switch dan soket kabel

Jika Anda belum yakin apakah receiver mengalami kerusakan. Coba cabut semua kabel yang terhubung ke receiver, kemudian sambungkan lagi. Sering kali masalah hilang sinyal pada TV parabola disebabkan oleh rusaknya soket kabel atau tidak terpasangnya kabel dengan baik.

4. Program frekuensi

Terkadang beberapa channel TV merubah frekuensi siarannya tanpa pemberitahuan, hal ini menyebabkan banyak pengguna TV parabola tiba-tiba kehilangan sinyal. Untuk mengatasi hal ini, coba periksa kembali pengaturan frekuensi di TV parabola Anda. Lakukan program ulang jika perlu agar frekuensinya bisa merefresh ke frekuensi yang baru. 

5. Baut parabola

TV parabola yang tidak ada sinyal terkadang juga disebabkan oleh lemahnya sinyal. Hal ini biasanya terjadi karena baut yang terpasang di parabola kurang kencang, sehingga posisinya sering tergeser karena angin atau getaran. Karena itu, coba cek kembali semua baut di parabola, pastikan agar parabola tetap di posisinya dan tidak berubah.

Baca juga: Cara memperbaiki Playstore tidak bisa dibuka

Itulah beberapa langkah memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal. Semoga dengan mengikuti panduan diatas, TV parabola Anda kembali normal, dan sinyal atau channel yang hilang kembali muncul. Semoga bermanfaat.
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>