Komponen dan Cara Kerja Mesin Fotocopy Lengkap dengan Gambar

Ulasan tentang komponen-komponen dan cara kerja mesin fotocopy serta cara penggunaannya.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis jasa fotocopy, penting untuk mengetahui komponen dan cara kerja mesin fotocopy. Dengan memahami cara kerja dari mesin fotocopy yang akan kita gunakan, diharapkan nantinya Anda akan lebih lancar saat mengoperasikannya. Saat terjadi masalah pun tak perlu khawatir karena sudah paham bagian-bagian mana saja yang perlu diperbaiki.

Seperti yang kita tahu bahwa bisnis fotocopy merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, terlebih jika kamu membukanya di sekitar tempat layanan publik, sekolah, atau perguruan tinggi. Nah, sebelum Anda membuka bisnis fotocopy, sebaiknya pahami dulu komponen dan cara kerja mesin fotocopy dibawah ini.

Komponen Penting Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy memiliki komponen atau bagian perangkat yang fungsinya cukup vital. Tanpa adanya komponen-komponen ini mesin fotocopy tidak akan berfungsi dengan baik.

1. Reflektor cahaya

Ketika Anda meletakan dokumen yang akan difotocopy, dibagian bawah kaca akan muncul reflektor cahaya yang berjalan maju dan mundur. Bagian ini berfungsi untuk melakukan scanning pada dokumen yang akan kita fotocopy. Karena sinar reflektor mengandung ultraviolet, sebaiknya jangan dilihat dengan mata telanjang. Itulah alasan kenapa dianjurkan untuk menutup bagian atas mesin fotocopy saat melakukan scanning dokumen.

2. Drum mesin fotocopy

Salah satu bagian paling penting dari mesin fotocopy adalah drum pemutar. Fungsi drum ini sangat vital karena bertugas untuk mencetak dokumen yang telah di scanning. Perlu diketahui bahwa drum mesin fotocopy memiliki 2 jenis ukuran, yang kecil berdiameter 3-5 cm, sedangkan yang besar berdiameter 7-10 cm.

Masa pakai dari komponen ini juga cukup lama, bisa bertahan hingga bertahun-tahun pemakaian. Kerusakan yang terjadi biasanya karena faktor eksternal pemakaian, seperti kemasukan benda kecil, stapler, atau benda tajam lainnya bersamaan dengan kertas.

3. Toner mesin fotocopy

Toner atau tinta pencetak juga merupakan komponen penting mesin fotocopy. Fungsinya untuk membentuk gambar atau teks di lembar kertas yang akan kita cetak. Tanpa adanya toner, mesin fotocopy tidak akan bisa menduplikasi ataupun mencetak dokumen.

Jenis toner fotocopy juga dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu toner positif dan toner negatif. Bedanya hanya pada pemakaian, untuk toner positif hanya bisa digunakan untuk mesin fotocopy tertentu, sedangkan toner negatif bisa untuk segala merk mesin fotocopy.

4. Kertas

Fungsi kertas tentu saja untuk mencetak dokumen yang akan di fotocopy. Kertas yang digunakan memiliki banyak ukuran, mulai dari ukuran standar A4, hingga ukuran besar seperti A3 dan A5. Biasanya bagian loker kertas di mesin fotocopy bisa disesuaikan ukurannya sesuai lebar kertas. Ada juga mesin fotocopy yang memiliki banyak loker kertas sekaligus yang berbeda-beda ukurannya.

Baca juga: Laptop yang bagus untuk mahasiswa, bisa multitasking dan editing

Cara Kerja Mesin Fotocopy

Konsep dasar dari cara kerja mesin fotocopy sebenarnya cukup sederhana. Perangkat ini memanfaatkan konsep listrik statis, yang melibatkan partikel positif dan negatif pada bagian-bagian mesin.

Lebih jelasnya, berikut urutan cara kerja mesin fotocopy:

  1. Kertas dokumen yang akan difotocopy diletakan di atas kaca dengan posisi menghadap kebawah (tulisan atau gambar yang akan diduplikasi berada di bagian bawah kertas)
  2. Mesin fotocopy dinyalakan lalu cahaya reflektor akan mulai melakukan scanning pada kertas dokumen
  3. Hasil scanning dipantulkan melalui lensa menuju tabung drum mesin fotocopy yang terbuat dari bahan aluminium berlapis selenium
  4. Kawat (konduktor) yang terletak pada tabung berinteraksi dengan bagian gambar yang lebih terang hingga bagian tersebut tidak bermuatan, sedangkan bagian gambar yang gelap tetap bermuatan positif
  5. Toner tinta yang bermuatan negatif akhirnya tertarik dengan ion positif pada permukaan drum
  6. Toner akan menempel pada kertas saat berputar melewati bagian bawah drum (daya tarik ion positif pada kertas lebih besar dibanding ion negatif pada permukaan drum)
  7. Kertas melewati pemanas sehingga toner yang menempel semakin kuat, inilah alasan kenapa kertas hasil fotocopy terasa hangat saat dipegang ketika baru keluar mesin
  8. Dokumen keluar mesin dan selesai di fotocopy

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Setelah memahami cara kerjanya, pastinya Anda sudah sedikit lebih paham tentang cara menggunakan mesin fotocopy. Setiap merk dan tipe mesin fotocopy punya cara penggunaan yang berbeda, tapi secara umum fungsinya hampir sama. Yang membedakan mungkin hanya letak tombolnya saja.

1. Pahami user manual (petunjuk pengguna)

Langkah pertama untuk menggunakan mesin fotocopy adalah dengan memahami buku panduan pengguna (user manual). Saat Anda membeli mesin fotocopy pasti mendapatkan buku ini. Di dalamnya ada cara penggunaan mesin fotocopy lengkap, jadi Anda tinggal membacanya saja.

2. Pahami fungsi setiap tombol

Setiap tombol pada mesin fotocopy punya fungsi masing-masing. Berikut beberapa tombol yang terdapat pada mesin fotocopy beserta fungsinya:
  • Tombol ON/OFF berfungsi untuk menyalakan atau mematikan mesin fotocopy
  • Tombol reset berfungsi untuk menghapus program dan mengembalikan setelan mesin fotocopy 
  • Tombol check counter berfungsi untuk melihat jumlah kertas yang berhasil tercopy
  • Tombol angka berfungsi untuk mengatur jumlah, ukuran, dan besar kertas yang akan digunakan
  • Tombol stop berfungsi untuk menghentikan mesin fotocopy yang sedang beroperasi
  • Tombol clear berfungsi untuk menghapus pengaturan yang telah dibuat ke setelan semula
  • Tombol fungsi option berfungsi untuk membuka program pada mesin fotocopy
Nb: Pada beberapa merk dan tipe mesin fotocopy terkadang memiliki tombol yang berbeda
Tombol diatas biasanya terdapat pada mesin fotocopy manual (konvensional). Sedangkan untuk mesin fotocopy digital biasanya menggunakan display layar sentuh dengan satu atau dua tombol tambahan.

3. Tutorial penggunaan

Bagi yang masih bingung cara menggunakan mesin fotocopy. Silahkan simak langkah-langkah mengoperasikan mesin fotocopy berikut ini:
  • Tekan tombol ON untuk menghidupkan mesin fotocopy
  • Letakan kertas yang akan di fotocopy diatas kaca scanner, pastikan posisinya sudutnya pas sesuai dengan skala ukuran kertas
  • Tekan tombol paper select untuk memilih ukuran kertas yang akan digunakan
  • Tekan tombol angka untuk menentukan jumlah hasil dokumen yang difotocopy
  • Tekan tombol start lalu tunggu beberapa saat hingga kertas hasil copyan keluar
  • Jika sudah selesai, tekan tombol OFF untuk mematikan mesin fotocopy
Baca juga: Laptop yang bagus untuk editing video dan grafis, spek gahar!

Begitulah kira-kira cara menggunakan mesin fotocopy. Untuk mesin fotocopy digital, tentu cara penggunaannya lebih mudah karena tombol yang disediakan dalam bentuk display layar sentuh.


Dengan memahami komponen dan cara kerja mesin fotocopy, Anda akan lebih cepat paham dalam menggunakan alat ini. Saat terjadi masalah pun, paling tidak Anda bisa melakukan identifikasi bagian mana dari mesin fotocopy yang mengalami error, sehingga resiko kerusakan bisa diminimalkan.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>