Penyebab dan Cara Mengatasi Hotspot HP Tidak Bisa Tersambung Ke Laptop

Penyebab hotspot HP tidak bisa terhubung ke laptop dan solusi untuk mengatasinya.
Jika Anda mengalami masalah saat ingin menghubungkan hotspot HP ke laptop, saya rasa artikel ini akan sangat membantu. Sering kali saat kita ingin menghubungkan hostspot WiFi HP ke laptop, berbagai masalah muncul, mulai dari koneksi yang tidak stabil hingga kegagalan dalam menghubungkan hotspot.

Lalu apakah penyebabnya, padahal sudah mengikuti panduan dan langkah-langkah dalam membuat hotspot di HP android dan cara menghubungkannya ke laptop. Tapi kenapa selalu gagal terhubung. Adakah cara yang paling efektif untuk memperbaiki hotspot HP yang gagal terhubung dengan laptop.

Oke, tidak usah khawatir. Sebenarnya ada beberapa penyebab gagalnya hotspot HP yang ingin dihubungkan ke laptop. Berikut beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi masalah utama:

  • Hotspot HP tidak terdeteksi atau terbaca di jaringan WiFi laptop
  • Tanda WiFi dan sinyal di laptop disertai tanda loading dalam waktu lama
  • Hotspot terdeteksi di laptop tapi setelah memasukan password tetap tidak mau terhubung
  • Muncul tanda seru warna kuning pada ikon sinyal dan WiFi laptop
Saat Anda mengalami salah satu masalah diatas, bisa jadi itu merupakan penyebab tidak bisa terhubungnya hotspot HP ke laptop. Nah, setelah mengetahui beberapa kendala tersebut, sekarang kita akan mencoba untuk memperbaikinya.

Memperbaiki hotspot HP tidak bisa tersambung ke laptop

Untuk memperbaiki hotspot HP yang tidak bisa terhubung ke laptop, beberapa cara dibawah ini mungkin bisa jadi solusi. Ingat, sebaiknya terapkan cara sesuai kendala atau penyebab yang dialami. Silahkan simak ulasannya berikut:

1. Hotspot HP tidak terdeteksi di laptop

Untuk problem yang pertama, kemungkinan sumber masalah ada pada settingan WiFi di laptop maupun hotspot di HP Anda. Misalnya karena WiFi laptop belum diaktifkan, hotspot diluar jangkauan karena jarak HP dan laptop cukup jauh, atau pengaturan yang salah pada hotspot di ponsel genggam Anda.

Untuk mengaktifkan WiFi laptop Anda, cukup tekan FN+F3 atau klik ikon WiFi di layar laptop Anda. Setelah itu pastikan posisi HP dan laptop berdekatan agar jangkauan sinyalnya lebih kuat. Kemudian jika masih belum bisa, coba ganti settingan hotspot di HP dari moda putih ke mode normal, atau ganti AP band pita frekuensi dari 5.0 GHz ke 2.4 GHz.

Baca juga: Cara download aplikasi di smart TV LG Netcast dan WebOs

2. Muncul tanda loading di ikon WiFi laptop

Masalah ini biasanya muncul saat ingin menghubungkan hotspot HP untuk yang kedua kalinya. Beberapa penyebabnya seperti:

  • Password hotspot di HP sudah diganti tapi laptop masih membaca password yang lama. Hal ini terjadi karena laptop biasanya mengaktifkan fitur "connect automatically" pada setiap hotspot yang sebelumnya pernah tersambung. Jadi saat hotspot HP Anda nyalakan, laptop akan otomatis menghubungkannya. Solusi untuk masalah ini cukup klik kanan pada nama hotspot di laptop lalu klik "forget". Jika sudah coba hubungkan kembali dengan memakai password yang baru.
  • Ada 2 hotspot yang aktif dari dua HP berbeda tapi dengan nama yang sama. Periksa terlebih dahulu sebelum menghubungkan hotspot ke laptop, pastikan nama dan password-nya sesuai dengan perangkat Anda.

3. Hotspot tidak connect setelah memasukan password

Untuk problem yang satu ini ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, pertama password yang dimasukan salah, yang kedua karena limit pada jumlah jaringan yang bisa terhubung ke hotspot.

Jadi jika Anda mengalami masalah diatas, pastikan terlebih dahulu kalau password yang Anda masukan sudah benar. Kemudian coba periksa settingan hotspot HP Anda, ubah koneksi maksimal hotspot sesuai dengan keinginan. Jika yang Anda pilih "1", itu artinya hanya satu perangkat yang bisa terhubung dengan hotspot, begitu juga dengan "2" dan seterusnya.

Baca juga: HP 5G terbaik di Indonesia, harga murah spek gahar

4. Muncul tanda seru warna kuning dan koneksi menjadi lemot

Jika pada ikon WiFi laptop muncul tanda seru berwarna kuning, bisa jadi HP Anda kehabisan kuota atau paket data. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan karena kesalahan input IP address manual di laptop. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan ikuti tutorial dibawah:
  • Buka control panel di laptop Anda
  • Pilih tab network and internet
  • Pilih tab network and sharing center
  • Pilih nama hotspot untuk mulai melakukan setting IP address
  • Klik tab properties
  • Pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) lalu klik properties
  • Kosongkan IP address lalu pilih Obtain an IP Address automatically
  • Selesai klik OK
Setelah mengikuti panduan diatas, coba matikan dulu jaringan hotspot HP Anda lalu kemudian nyalakan lagi. Lihat sekarang tanda seru di WiFi laptop sudah hilang dan hotspot sudah bisa terhubung dengan baik.

Tanya jawab

  • Ada banyak penyebabnya, seperti WiFi laptop belum diaktifkan, hotspot diluar jangkauan karena jarak HP dan laptop cukup jauh, atau pengaturan yang salah pada hotspot di ponsel genggam Anda. Untuk mengaktifkan WiFi laptop Anda, cukup tekan FN+F3 atau klik ikon WiFi di layar laptop Anda.
  • WiFi yang mengalami no internet access, bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari salah setting router, salah setting Windows, sampai gangguan jaringan dari provider-nya itu sendiri.
  • Pada umunya kita menggunakan koneksi WiFi yang aman di rumah/kantor. Jadi, jika Anda mendapatkan notifikasi kesalahan yang bertuliskan “no internet, secured” hal ini mungkin karena konfigurasi IP yang salah/tidak valid. Mungkin Anda harus mengubah settingannya.

Itulah beberapa cara memperbaiki hotspot HP yang tidak bisa terhubung ke laptop beserta penyebab masalahnya. Jika merasa panduan ini bermanfaat untuk Anda silahkan di share ke teman-teman yang membutuhkan agar makin banyak manfaatnya.

2 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  2. tetep tidak kedetect di laptop. tapi kalau tidak dikasih password langsung kedetek di wifi laptop
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>