7 Cara Menghemat Listrik Kulkas di Rumah

Temukan cara menghemat listrik kulkas di rumah dengan 7 tips simpel.

Sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan mendinginkan makanan agar tetap segar, kulkas dituntut untuk terus digunakan selama 24 jam penuh. Alhasil, penggunaan kulkas terkadang membuat tagihan listrik jadi makin bengkak, apalagi jika kamu menggunakan jenis kulkas yang memang boros listrik.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut saya buat ulasan tentang 7 cara menghemat listrik kulkas di rumah:

1. Pilih kulkas dengan fitur energi saving

Sekarang sudah banyak bermunculan merk kulkas, baik yang satu pintu atau dua pintu. Mulai dari Polytron, LG, Sharp, Samsung, hingga Sony. Semua merk ternama tersebut tentunya punya tipe kulkas yang mempunyai fitur energi saving (hemat listrik). 

Kebanyakan tipe kulkas dengan fitur hemat listrik menggunakan High moisture switch atau saklar hemat energi. Saklar ini berfungsi untuk mencegah penguapan dalam kulkas jika cuaca lembab. Dengan mengubah ke posisi off pada cuaca kering. Artinya, saklar ini bisa otomatis mati dan nyala sesuai kondisi kelembaban dalam kulkas.

Baca juga: Rekomendasi Kulkas Polytron 2 Pintu yang Hemat Listrik

2. Beri jarak kulkas dengan dinding dan sekitarnya

Berikan jarak antara kulkas 10 - 15 cm dengan dinding atau perabotan rumah lainnya. Ini untuk meminimalkan beban kerja kulkas. Semakin sempit tempatnya, kemampuan kulkas untuk beroperasi juga semakin buruk. Alhasil, konsumsi listrik kulkas juga semakin tinggi akibat dari kerja kulkas yang berlebih.

3. Tutup rapat pintu kulkas

Pastikan Anda menutup pintu kulkas dengan rapat setelah membukanya. Dengan begitu, suhu dingin kulkas akan semakin cepat, dan konsumsi listrik bisa dihemat lebih banyak. Selain itu, terlalu sering membuka tutup kulkas juga membuat konsumsi listrik jadi semakin besar. Apalagi jika Anda membukanya dalam waktu lama. Hindari kebiasaan seperti itu, dan mulailah menghemat listrik kulkas Anda.

4. Sesuaikan suhu dengan kebutuhan

Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Pengaturan suhu kulkas yang terlalu rendah akan membuat kinerja kulkas semakin berat dan berimbas pada membengkaknya konsumsi listrik. Karena itu, sesuaikan suhu kulkas dengan kebutuhan harian Anda.

5. Rutin membersihkan kulkas

Membersihkan kulkas secara teratur selain menghindarkan kulkas dari kotoran dan bau tidak sedap, juga dapat menghemat pemakaian listrik. Debu dan kotoran lainnya dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara hingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. Jika sudah demikian, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Belum lagi jika kulkas mengalami kerusakan dan harus ada biaya tambahan untuk memperbaikinya.

6. Matikan kulkas jika tidak diperlukan

Saat Anda berpergian atau isi kulkas dalam keadaan kosong, lebih baik matikan kulkas agar tidak memboroskan energi listrik. Pemakaian kulkas yang terus-menerus akan membuat konsumsi listrik semakin besar, karena itu matikan kulkas saat sedang tidak diperlukan.

7. Gunakan kulkas mini 50 watt

Selain beberapa tips diatas, untuk bisa menghemat listrik kulkas, Anda juga bisa menggunakan kulkas mini dengan daya listrik yang lebih rendah. Misalnya kulkas mini 50 watt, dengan jenis kulkas ini kamu bisa menghemat konsumsi listrik lebih banyak. Tentunya kapasitas kulkasnya juga lebih kecil, jadi semua kembali lagi pada kebutuhan harian Anda.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>