Rekomendasi Produk Smart Home Indonesia untuk Kehidupan yang Lebih Modern

Temukan berbagai rekomendasi produk smart home Indonesia terbaik untuk keperluan rumah Anda.

Bisa dikatakan jika saat ini perkembangan teknologi terus meningkat dan menawarkan kehidupan yang lebih modern serta lebih mudah. Tidak hanya berkutat pada teknologi media dan informasi saja, namun kini sudah hadir banyak teknologi pintar pada peralatan rumah atau yang lebih dikenal dengan istilah smart home.

Tentu, hadirnya teknologi smart home ini akan membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan rumah ataupun meningkatkan keamanan rumahnya saat ia bepergian. Nah, perkembangan teknologi smart home yang masih terlihat dari banyaknya produk serta brand smart home Indonesia yang hadir di pasaran.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa rekomendasi produk smart home beserta beberapa brand terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya. 

Apa yang Dimaksud Produk Smart Home?

Sebelum membahas tentang beragam produk smart home yang tersedia di Indonesia, tentu saja Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan produk smart home terlebih dahulu. 

Nah, secara singkat, produk smart home merupakan peralatan rumah tangga yang dilengkapi dengan teknologi internet of things atau IoT untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

Teknologi ini hadir dilengkapi dengan jaringan sistem operasi yang sederhana antar piranti fisik serta sensor yang ada di dalamnya. Dengan rangkaian ini, nantinya komunikasi antar perangkat akan berjalan secara langsung. 

Tidak hanya itu, alat smart home yang digunakan bisa menjadi alat monitor dan kontrol untuk perlengkapan rumah dari jarak jauh. Proses monitor dan kontrol ini bisa dilakukan dengan smartphone sehingga tidak perlu device lain untuk melakukan controlling.

Rekomendasi Produk Smart Home Terbaik untuk Hunian Lebih Nyaman

Menggunakan produk smart home di rumah tentu menjadi pilihan yang tepat. Dengan penggunaan produk tersebut, tentu saja nantinya Anda akan mendapatkan sebuah hunian yang cenderung lebih nyaman dan menyenangkan bagi keluarga.

Nah, beberapa rekomendasi produk smart home yang bisa dipilih untuk kenyamanan yang lebih maksimal adalah sebagai berikut:

1. Smart Bulb

Smart bulb atau lampu pintar adalah salah satu produk smart home yang sangat menarik untuk digunakan. Meskipun hanya sebuah lampu, namun produk ini begitu mengesankan dengan teknologi terbaru yang diaplikasikan.

Umumnya, smart bulb dibuat dengan teknologi LED berwarna putih. Dengan warnanya yang putih, tentu lampu akan memberikan efek kecerahan yang lebih maksimal untuk menerangi ruangan. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan aplikasi khusus untuk terhubung dengan smartphone.

Nah, dengan hal ini nantinya pengguna bisa mengubah cahaya yang keluar dari lampu sesuai keinginan. Produk lampu sendiri tersedia dengan detail watt dan teknologi yang berbeda, seperti deteksi gerakan, suara dan lainnya. Anda bisa melihat produk Bardi smart home untuk pilihan smart bulb yang tersedia. 

Baca: Rekomendasi smart bulb terbaik, dari Philips Hue hingga Wyze

2. Cloud Camera

Cloud camera bisa dikatakan sebagai salah satu produk smart home yang begitu penting, terutama untuk urusan keamanan. Ya, dengan menggunakan produk ini, maka Anda bisa mengetahui kondisi rumah ketika bepergian hanya dengan melakukan pengecekan melalui smartphone.

Tidak hanya memudahkan untuk melakukan pengecekan kondisi di sekitar rumah, produk smart home ini bisa dikatakan cukup canggih. Pasalnya, kebanyakan produk cloud camera sudah dibekali dengan kemampuan melakukan perekaman video beresolusi HD 720p untuk hasil yang tajam dan maksimal. Selain itu, kamera ini mampu melihat dari sudut pandang 360 derajat.

Di pasaran, tersedia cukup banyak produk cloud camera dengan spesifikasi berbeda yang bisa dipertimbangkan. Anda bisa melihat kamera ini dari brand Bosman smart home sebagai salah satu referensi.

Baca: Rekomendasi smart CCTV terbaik dengan sistem cloud camera

3. Air Purifier

Memiliki rumah dengan kondisi udara yang bersih dan menyegarkan tentu menjadi keinginan setiap orang. Ya, kondisi udara di rumah memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Nah, kini sudah hadir air purifier yang bisa diandalkan untuk membersihkan udara di dalam rumah.

Produk air purifier yang tersedia umumnya dilengkapi dengan teknologi yang cukup mengesankan. Misalnya saja, ada filter glass HEPA yang canggih dengan kemampuan menyaring hingga 99% alergen halus dan bau. Tentu, dengan filter ini, kualitas udara di ruangan Anda akan cenderung membaik.

Tidak hanya itu, produk smart home ini mudah dioperasikan. Untuk menikmati aneka fitur yang tersedia, Anda bisa mengoperasikannya dengan menggunakan smartphone. Sangat menarik, bukan?

4. Home Switch

Bisa dikatakan jika home switch adalah produk smart home yang sangat canggih dan akan memberikan kemudahan hakiki untuk mengoperasikan seluruh peralatan rumah tangga. Fungsi utama dari home switch adalah menjadi terminal pengendali dari seluruh perangkat pintar yang digunakan.

Artinya, dengan menggunakan produk ini, maka Anda bisa mengoperasikan aneka peralatan rumah tangga seperti pendingin ruangan, lampu, sound bar, smart TV dan lainnya dengan sangat mudah. Tentu saja, sebelum menggunakannya, peralatan tersebut harus terhubung atau ter sinkronisasi sebelumnya.

Di pasaran, ada cukup banyak produk home switch yang bisa dijadikan opsi. Salah satu yang bisa Anda jadikan referensi adalah produk dari Lumi smart home yang selain canggih, juga cenderung lebih terjangkau. 

5. Spy Camera Light Switch

Seperti namanya, produk ini adalah sebuah kamera pengintai yang bisa dipasang untuk meningkatkan keamanan di sekitar rumah, terutama ketika Anda pergi. Nah, apa yang menarik dari produk smart home ini adalah kamera pengintai yang dipasang berbentuk light switch atau saklar lampu.

Bentuk kamera ini merupakan sebuah kamuflase yang sangat menarik. Karena berbentuk saklar lampu, tentu saja pengintaian akan bisa dilakukan dengan lebih aman tanpa ketahuan. Juga, orang yang berniat jahat pun nantinya tidak akan menyadari keberadaan kamera tersebut.

Hal lain yang menarik dari kamera ini adalah kemampuannya. Meskipun terbilang cukup mungil, namun kamera ini bisa diandalkan untuk mendeteksi gerakan. Tidak hanya itu, kamera mampu merekam video dan audio dengan cukup jelas karena memiliki resolusi HD 720p.

Di dalam produk kamera ini juga disematkan SIM card dan memory card untuk melakukan streaming serta menyimpan hasil rekaman. Nah, untuk membeli produk ini, mungkin Anda bisa menyimak produk yang disediakan oleh Dings smart home.

6. Microwave Oven

Untuk Anda yang suka memasak, salah satu produk smart home ini cocok untuk Anda miliki. Ya, microwave oven adalah produk smart home yang menarik dan begitu modern. Dengan menggunakan produk ini, memasak akan cenderung lebih mudah dan lebih cepat, terutama dengan teknologi terbaru yang disematkan.

Selain itu, menariknya, pengoperasian microwave ini bisa dilakukan dengan perangkat smartphone. Ya, dengan menggunakan smartphone, Anda bisa menyalakan dan mematikan microwave oven tersebut hingga mengatur tingkat kematangan sesuai bahan makanan yang dimasak. Sangat menarik, bukan?

Nah, beberapa produk di atas bisa menjadi referensi produk smart home Indonesia yang menarik untuk dipertimbangkan. Tidak dimungkiri jika banyaknya produk tersebut juga menjadi dasar mulai berkembangnya perumahan smart home di Indonesia.

Ya, di beberapa daerah mulai muncul perumahan yang dilengkapi dengan peralatan rumah smart tersebut. Anda bisa memperhatikan dan menjadikannya referensi untuk ide hunian yang baru. Semoga bermanfaat.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>