Google Smart Home: Fungsi dan Setelan Perangkat

Mengenal Google Smart Home, contoh, fungsi, dan cara penggunaan.

Sebagai kaum milenial, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Smart Home, yang memang memudahkan seseorang untuk menjalankan perintah dengan perangkat yang terhubung. Di mana, Anda dapat mengontrol perangkat smart home dengan Asisten Google untuk menjalankan berbagai fitur dengan mudah.

Tentu saja sebagian besar para kaum milenial sudah pernah menggunakan Google Home yang fungsinya dapat membantu Anda menyiapkan, dan mengontrol perangkat di rumahmu seperti mengontrol speaker dan layar Google Nest

Nah, Anda dapat mengontrol ribuan fitur yang kompatibel di rumah seperti lampu, kamera, speaker, dan ribuan perangkat lainnya dari satu aplikasi dengan Smart Home System

Fungsi Google Smart Home

Fungsi atau peran Google Smart Home yaitu untuk mengontrol, mengatur, dan mengelola lampu, kamera, TV, dan perangkat lainnya yang kompatibel. Cara menghubungkannya hanya dapat dilakukan dengan  satu perangkat saja.

Hal tersebut dikarenakan Google Smart Home menyiapkan perangkat Google Nest Family generasi ke 1 yang berupa Google Home Max, Google Nest Audio, Google Nest Hub, Google Nest Hub Max, perangkat WiFi, perangkat Chromecast, perangkat TV dan speaker yang dilengkapi Chromecast).

Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Google Smart Home mempunyai fungsi seperti remote dengan ribuan perangkat smart home dari berbagai merek.

Cara Mengelola Setelan Perangkat Google Smart Home

Terdapat beberapa settingan perangkat Google Smart Home yang harus kamu ketahui agar dapat menghubungkannya dengan perangkat pintar di rumah dengan mudah.

1. Setelan Tab Rumah 

Melalui setelan yang satu ini, Anda dapat mengontrol layar, speaker, chromecast, dan perangkat lainnya dengan mudah. Dari menu ini, Anda juga dapat memeriksa semua perangkat yang ada di rumah untuk dihubungkan sebagai perangkat yang baru tersambung atau menyambungkannya ulang.

2. Setelan Beranda

Saat membuka setelan perangkat Google Smart Home, maka Anda akan menjumpai adanya menu nama rumah di atas layar. Lalu, jika Anda menggunakan Google Smart Home ini untuk perangkat yang ada di rumah lainnya, maka Anda tinggal memilih nama rumah untuk berpindah-pindah.

3. Setelan Tindakan Cepat

Dalam setelan tindakan cepat terdapat akses untuk kontrol semua perangkat yang tersedia di rumah Anda. Perlu diketahui juga bahwa setiap tombolnya memiliki fungsi untuk mengontrol semua perangkat dengan layanan maupun grup perangkat layanan.

Menu Pada Google Smart Home

Jika Anda ingin menggunakan Google Smart Home, maka pahamilah terlebih dahulu beberapa menu yang dapat Anda  gunakan, berikut ulasannya:

1. Media 

Pada menu media menampilkan media yang sedang diputar dalam perangkat yang terhubung. Jika memiliki lebih dari satu perangkat, maka Anda sebaiknya memilih salah satu untuk menstreaming dari perangkat satu ke perangkat lainnya. 

2. Menu Telepon Rumah

Selain itu, terdapat menu telepon rumah yang berfungsi untuk menelepon rumah, yang berarti menghubungi semua perangkat yang ditautkan ke Duo.

3. Menu Siaran

Menu Siaran berfungsi untuk menyebarkan pesan ke speaker Asisten Google, dan juga layar smartphone Anda dari aplikasi Google Home.

4. Menu Thermostat

Lalu, terdapat menu Thermostat yang berfungsi untuk membuka kontrol termostat. Apabila Anda mempunyai beberapa thermostat smart, maka sebaiknya Anda memilih salah satu thermostat mana yang akan dikontrol agar lebih mudah nantinya.

5. Kamera

Untuk menu kamera berfungsi untuk menampilkan feed video dari kamera Anda. Apabila Anda memiliki beberapa kamera, maka sebaiknya memilih kamera mana yang akan ditampilkan.

6. WiFi

Menu WiFi dapat digunakan untuk menjalankan uji kecepatan dan mengelola setelan dan jaringan Nest Wifi, Google WiFi  dan OnHub.

Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa fungsi Google Smart Home cukup memudahkan kaum milenial untuk melakukan berbagai kegiatan di rumah. Semoga membantu.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>