Siap-Siap, Smart Home Bakal Jadi Tren Baru di Jagat Teknologi

Smart home jadi tren baru di jagat teknologi. Mungkin dalam 2 atau 3 tahun kedepan kita akan menyaksikan globalisasi produk smart home di Indonesia.

Smart home kini jadi tren baru di jagat teknologi. Apalagi dengan semakin banyaknya brand-brand lokal yang terjun ke industri smart home, seperti halnya Bardi dan Bossman. Hal ini tentu menimbulkan tren positif dimana masyarakat jadi semakin tau tentang apa itu smart home.

Belum lagi, kini mulai banyak toko/retailer yang menawarkan produk smart home secara offline seperti Erajaya dan Urban Republic.

Mungkin dalam 2 atau 3 tahun kedepan kita akan menyaksikan globalisasi produk dan perangkat smart home di Indonesia, terlebih untuk kaum milenial yang melek teknologi, pasti punya rasa ingin tau yang tinggi untuk mencoba dan menggunakan perangkat rumah pintar.

Terus, apa saja faktor yang membuat tren smart home semakin populer! mari kita simak ulasannya dibawah ini:

Koneksi Internet Semakin Baik

Untuk bisa menggunakan perangkat smart home, tentunya kita membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Kini santer terdengar bahwa 5G akan segera hadir di Indonesia, entah kapan akan terwujud, tapi yang pasti ini menjadi kabar baik untuk para produsen smart home.

Dengan semakin baiknya koneksi internet, tentu masyarakat akan mulai beralih ke perangkat-perangkat berbasis IoT (Internet of Things).

Telkomsel misalnya, kini sudah mulai melirik industri smart home dengan meluncurkan layanan 'Telkom IoT' yang fokus pada sektor utiliti.

Faktor Pandemi

Ajakan #dirumahsaja semenjak pandemi membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dirumah.

Akibatnya, mereka jadi lebih sering mengulik perangkat-perangkat smart home, mulai dari yang paling sederhana seperti lampu pintar, lalu ke perangkat yang lebih canggih seperti smart system, smart door lock, hingga kamera CCTV.

Harga Semakin Murah

Semakin banyaknya persaingan membuat para produsen smart home saling baku hantam soal harga. Mereka berlomba-lomba menggaet konsumen dengan menawarkan harga perangkat yang terbilang murah. Lampu pintar bisa dibeli dengan harga 200-an, lalu robot vacuum cleaner yang dulu dihargai 15 jutaan, kini bisa kamu dapatkan dengan harga 2 juta.

Geliat industri smart home ini tentunya memicu tren positif masyarakat untuk beralih ke teknologi IoT, terlebih lagi dengan tawaran harga perangkat yang terjangkau.

Eranya Para Milenial

Target market dari produk smart home sebenarnya banyak ditujukan ke kaum milenial yang paham teknologi. Karakter mereka yang tech savvy atau suka mengulik perangkat canggih dinilai mengambil peranan penting dalam industri smart home. 

Menjanjikan banyak kemudahan dan gaya hidup yang serba otomatis membuat perangkat smart home banyak disukai oleh mereka yang berusia 20-30 tahun.

Nah, bagaimana? sudah siapkah kamu menyambut era baru teknologi yang terfokus pada IoT dan smart home.

Jika sudah siap, daftar ulasan di bawah ini pasti akan membantumu mengenal lebih jauh tentang smart home.

  • Ketahui pengertian dan contoh perangkat smart home. Baca selengkapnya...
  • Semua yang ingin kamu tau dari IoT ada di ulasan ini. Baca selengkapnya...
  • Temukan berbagai perangkat smart home terbaik, mulai dari smart lighting, smart door lock, smart system, smart CCTV, dan masih banyak lagi. Baca selengkapnya...
  • Temukan berbagai perangkat smart office terbaik, mulai dari smart lighting, smart receptions, smart desk, dan masih banyak lagi. Baca selengkapnya...
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>