Rekomendasi Perangkat Smart Office Terbaik 2021

Semua yang ingin kamu tau tentang smart office (kantor cerdas) dibahas lengkap disini.

Pernahkah kamu melihat kantor Facebook atau Google, santai sekali bukan, seperti layaknya tempat nongkrong. Bebas kerja dimana saja, bisa disofa sambil tiduran, atau di halaman kantor sambil menikmati pemandangan.

Mungkin seperti itulah kurang lebih gambaran smart office. Tapi disini, bukan soal kenyamanan saja yang diutamakan, melainkan juga teknologi yang disematkan dalam kantor tersebut.

Oke sebelum lanjut, sudahkah kamu paham tentang smart home dan juga IoT (Internet of Things). Kalau belum, silahkan dibaca dulu karena ketiga istilah ini saling berkaitan.

Apa itu Smart Office?

Smart office atau kantor cerdas merupakan bagian dari IoT dimana perangkat-perangkat yang ada di kantor memiliki teknologi canggih yang saling terhubung ke internet.

Misalnya seperti sistem pencahayaan kantor yang di otomatisasi, jadi akan otomatis mati saat tidak ada orang, atau menyala saat ada seseorang memasuki ruangan. 

Ada juga kunci pintar dimana kamu tidak memerlukan kunci pintu manual, melainkan cukup membukanya lewat aplikasi smartphone.

Emangnya bisa?

Bisa dong. Dengan semua smart device yang ada, kamu bisa membuat kantor kerjamu layaknya kantor milik para Avengers di Hollywood. Gimana? tertarik untuk memiliki smart office.

Smart Office di Indonesia

Sayangnya, teknologi smart office ini masih jarang atau bahkan belum ada di Indonesia. Mungkin karena faktor kebutuhan juga, toh memiliki kantor biasa aja dah pada alhamdulilah

Tapi mungkin, 3 atau 5 tahun kedepan, teknologi smart office ini akan banyak dicari dan dibutuhkan para pemilik kantor.

Sebagai buktinya, salah satu survey yang dilakukan million insight membenarkan bahwa smart office akan terus tumbuh dan mencapai puncaknya pada tahun 2025.

© source vantagecircle.com

Buat kamu para pemilik kantor dan perusahaan, sekaranglah waktu paling tepat untuk merubah ruangan kantor menjadi tempat paling nyaman dengan berbagai teknologi canggih.

Manfaat Smart Office

Apa saja kelebihan smart office dibanding kantor konvensional, adakah manfaatnya. Apakah bisa menunjang produktivitas perusahaan. Temukan jawabannya disini:

1. Meningkatkan Relasi

Smart office membantu menunjang kelancaran komunikasi antar tim/karyawan. Mulai dari mengobrol, interaksi satu sama lain, hingga berbagi file. Semua bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi kondisi kantor yang nyaman tentu membuat relasi antar individu semakin baik.

2. Meningkatkan Produktivitas

Sebuah riset membuktikan bahwa perusahaan yang berinvestasi pada infrastruktur mendapatkan keuntungan dari meningkatnya produktivitas karyawan secara keseluruhan.

Hal ini juga berkaitan dengan smart office, dimana lingkungan kantor dirubah jadi sedemikian rupa agar membuat karyawan lebih nyaman dan semangat dalam bekerja. Beberapa peralatan pintar juga bisa menunjang efektifitas pekerjaan.

3. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Dasar dari smart office adalah penggunaan IoT (Internet of Things) yang menunjang ekosistem kerja yang cerdas. 

Ekosistem ini didukung dan dikelola dengan bantuan perangkat-perangkat pintar yang saling terhubung. Tentunya ini akan meningkatkan keterlibatan karyawan dalam segala aspek pekerjaan. 

4. Meningkatkan Fleksibilitas Pekerjaan

Salah satu tujuan dari smart office adalah memudahkan karyawan dalam mengelola pekerjaan, termasuk mendukung kerja secara remote (online). 

Dengan semua teknologi smart office yang saling terhubung, seluruh kegiatan, jadwal, dan manajemen perusahaan bisa dilakukan secara online. 

Ini tentunya akan meningkatkan fleksibilitas pekerjaan. Karyawan bisa saja bekerja di rumah atau ditempat lain, tanpa perlu khawatir soal absensi atau permasalahan kantor lainnya.

Perangkat Smart Office

Berikut rekomendasi perangkat smart office terbaik yang bisa kamu beli sekarang juga:

1. Ology Smartdesk

© source steelcase.com

Smartdesk adalah meja pintar yang bisa di tinggikan atau dipendekan sesuai keinginan. Salah satu meja pintar yang saya rekomendasikan adalah Ology Smartdesk.

Ini meja yang paling pas untuk keperluan pekerjaan kantor, terutama buat kamu yang bosan duduk terlalu lama saat bekerja.

Ology Smartdesk juga bisa dibilang sebagai meja berdiri terbaik saat ini, terutama dari segi teknologi. 

Di meja ini terdapat fitur bernana Active Touch yang tertanam di bagian atas meja, dimana kamu akan menemukan layar OLED yang berfungsi sebagai panel kontrol meja.

Active Touch ini terhubung ke aplikasi smartphone melalui bluetooth, fungsinya untuk memberikan data terkait berapa banyak waktu yang kamu habiskan di meja. 

Fitur ini juga akan memberitahumu tentang kapan waktunya berdiri atau duduk agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

2. Dingtalk Smart Receptionist

Ingin memiliki asisten pintar di kantor seperti halnya Google Assistant atau Google Home. Jika iya, perangkat yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik.

Dingtalk Smart Receptionist adalah perangkat pintar yang berfungsi sebagai asisten resepsionis di kantor. Perangkat ini bisa mengenali 5 wajah secara bersamaan dalam jarak 3 meter hanya dalam 0.6 detik.

Dingtalk juga mendukung sensor suara yang otomatis mendata semua tamu yang datang ke kantor, termasuk identitas, keperluan, hingga jam datang.

3. Smart Lighting

© source boletin.com

Pencahayaan adalah bagian terpenting bagi rumah maupun kantor. Bagian ini memegang peranan cukup vital, karena terkait dengan keamanan dan produktivitas pekerjaan.

Salah satu masalah yang sering dialami kantor terkait pencahayaan adalah borosnya listrik dan terlalu banyak saklar. 

Saya pribadi suka risih saat ingin mematikan lampu ruangan tapi saklarnya berada jauh dari lokasi dimana saya duduk. Mungkin kamu juga mengalami masalah yang sama.

Nah, solusi untuk permasalahan ini tentu saja penggunaan lampu pintar. Selain lebih hemat energi, kontrol lampu yang bisa dimati nyalakan darimana saja juga memberi nilai plus tersendiri.

Dengan adanya lampu pintar di kantor, kamu bisa mematikan atau menyalakan lampu lewat aplikasi ponsel, atau bahkan saat kamu berada diluar kantor sekalipun. 

Beberapa perangkat lampu pintar juga mendukung sensor gerak, dimana lampu akan otomatis menyala ketika ada seseorang memasuki ruangan.

Temukan rekomendasi lampu pintar terbaik di artikel ini: 7 best smart lighting device

4. Smart Door Lock

© source pcmag.com

Punya kantor dengan banyak ruangan dan pintu? apalagi kamu pernah lupa membawa kunci kantor dan harus balik lagi kerumah untuk mengambilnya.

Ribet kan!

Smart lock adalah solusi terbaik untuk urusan ini. Sekarang kamu tidak perlu lagi menenteng kunci kantor kemana-mana, cukup dengan aplikasi smartphone dan koneksi internet, kamu sudah bisa membuka kunci kantor dengan mudah.

Beberapa smart lock bahkan menawarkan fitur scan wajah atau sidik jari untuk membuka dan mengunci pintu. Simpel kan.

Temukan rekomendasi kunci pintar terbaik di artikel ini: 7 best smart lock device

5. Smart CCTV Camera

© source wyze.com

Kamera CCTV merupakan perangkat wajib yang harus ada di ruangan kantor. Ini terkait dengan keamanan dan juga pengawasan karyawan.

Dengan smart CCTV, kamu bisa mengontrol setiap ruangan kantor selama 24 jam penuh lewat aplikasi smartphone. Beberapa smart CCTV juga mendukung fitur night mode dengan inframerah hingga lampu sorot yang terintegrasi langsung dengan alarm peringatan.

Jadi jika sewaktu-waktu ada hal tidak diinginkan terjadi di kantor, CCTV akan langsung menyalakan sirine peringatan kantor secara otomatis.

Temukan rekomendasi kamera CCTV terbaik di artikel ini: 7 best smart CCTV camera

Penutup

Sebenarnya masih banyak perangkat smart office yang belum saya sebutkan diatas, mungkin kedepannya akan saya update di artikel lain. 

Jadi, pastikan kalian berlangganan artikel ya, biar nggak ketinggalan update terbaru soal smart teknologi dan IoT.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>