7 Smart Lighting (Lampu Pintar) Terbaik 2021

Smart Lighting (lampu pintar) adalah salah satu kategori smart device yang paling banyak dibutuhkan orang.

Sering mengalami masalah pencahayaan dirumah? Bohlam lampu sering mati dan tidak tahan lama? atau sekedar ingin memiliki lampu pintar dirumah yang bisa dikontrol lewat smartphone?

Jika kamu mengalami masalah tersebut, pilihan smart lighting berikut ini akan menjadi solusi terbaik.

Apa itu Smart Lighting?

Smart Lighting (lampu pintar) adalah salah satu kategori smart device yang paling banyak dibutuhkan orang. Alasanya simpel, karena setiap rumah pasti membutuhkan lampu untuk penerangan. 

Dan dalam satu rumah, ada banyak lampu yang harus dipasang, setiap ruangan, halaman depan, taman, semua membutuhkan penerangan lampu.

Karena alasan itulah para produsen lampu terus melakukan inovasi dan akhirnya terciptalah smart lighting bulb (lampu cerdas).

Kenapa disebut lampu cerdas?

Jika lampu biasa hanya bisa dimatikan dan dinyalakan dengan saklar, lampu pintar ini cukup dengan koneksi internet dan aplikasi smartphone.

Kamu bisa mematikan atau menyalakan lampu tanpa perlu saklar, cukup dengan aplikasi smartphone atau bahkan dengan perintah suara.

Beberapa produk smart lighting juga mendukung fitur pencahayaan yang lebih lengkap, mulai dari pengaturan warna lampu yang bisa disesuaikan hingga suhu dan intensitas cahaya yang bisa diubah-ubah.

Kelebihan Smart Lighting

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memasang sistem lampu pintar di rumah, berikut diantaranya:

1. Hemat listrik

Smart lighting punya konsumsi listrik lebih sedikit dibanding lampu biasa. Meski konsumsi listriknya lebih sedikit, cahaya yang dihasilkan dari lampu pintar bahkan bisa 2 kali lipat lebih terang.

Beberapa produk smart lighting juga mendukung mode tidur atau belajar, sehingga cahaya lampu bisa diredupkan atau diterangkan sesuai kondisi dan keperluan pengguna.

2. Tahan lama

Smart lighting punya daya hidup lebih lama dibanding lampu biasa. Produk smart lighting dari Philips misalnya yang diklaim mampu bertahan hingga 15 ribu jam pemakaian dan dapat digunakan hingga 8 tahun lamanya.

Tentunya hal ini dipengaruhi juga dari harga yang berbeda cukup jauh. Untuk mendapatkan smart lighting bulb terbaik, paling tidak kamu harus mengeluarkan minimal 100 ribu rupiah untuk tiap bohlamnya.

3. Lebih efisien

Pernah ngerasa mager saat ingin mematikan lampu, apalagi kalau saklarnya jauh dari tempat tidur. Ahhh males banget.

Ya kan, kadang suka ngerasa gitu!

Kenapa nggak nyari yang efisien aja, cukup dengan smartphone atau bilang, "Google, matikan lampunya?" sambil rebahan di tempat tidur. Kamu sudah bisa mematikan atau menyalakan lampu sesukanya.

Itulah kelebihan smart lighting, kamu bisa menggabungkannya dengan smart system seperti Google Assistant, Alexa, atau Apple Siri agar lampu pintar bisa dikontrol dengan perintah suara.

7 Rekomendasi Smart Lighting Terbaik

1. Wyze Bulb

© source techhive.com

Produk besutan Wyze Labs yang berbasis di Seatle ini menjadi salah satu smart lighting paling populer saat ini.

Wyze Bulb merupakan lampu pintar dengan sistem radio WiFi yang terpasang di tiap bola lampunya. Dengan sistem ini, kamu tidak memerlukan perangkat hub (router) untuk menghubungkan lampu dengan sistem kontrol suara milik Alexa atau Google.

Kamu hanya perlu menyalakan sistemnya melalui aplikasi seluler Wyze, lalu nikmati cahaya lampu pintar dengan berbagai fitur canggih di dalamnya.

2. Philips Hue

© source apple.com

Philips Hue merupakan produk lampu pintar dengan kontrol warna yang tidak terbatas. Kamu bisa menyesuaikan tiap warna lampu sesuai keinginan atau mood.

Misalnya saat kamu mendengarkan musik slow, maka warna lampu akan meredup. Sedangkan saat kamu memutar musik pop yang lebih energik, maka lampu akan menyesuaikan dengan menjadi semakin terang, atau bahkan warna-warni.

Sistem pencahayaan Philips Hue juga bisa dihubungkan dengan perangkat lain seperti televisi, unit audio dan smartphone.

Dengan demikian, lampu tidak menjadi alat untuk menerangi ruangan, tetapi juga menjadi pendukung suasana hati.

- Indah Suzanti Product Marketing Manager Philips Hue

Smart lighting dari Philips Hue ini sudah mendukung 16 juta kombinasi warna yang dapat dikendalikan lewat 700 aplikasi smartphone.

Kamu bisa menghubungkan Philips Hue dengan layanan email atau aplikai chat. Sehingga saat ada notif masuk, maka lampu akan memberi tanda ke pengguna dengan berkedip.

3. Philips Smart WiFi LED

© source grid.id

Smart WiFi LED merupakan versi lain dari produk smart lighting milik Philips. Produk ini menjadi yang paling laku setelah Philips Hue dalam jajaran lampu pintar di Indonesia.

Seperti namanya, lampu ini memiliki sistem WiFi yang terpasang disetiap bohlamnya. Jadi nggak perlu hub tambahan atau kabel penghubung antara lampu dengan perangkat smart system.

Berikut beberapa fitur unggulan dari Philips Smart WiFi LED:

A. Kontrol Aplikasi

Kamu nggak perlu mematikan lampu setiap ruangan rumah satu per satu, cukup buka aplikasi Wiz di smartphone kalian dan kontrol penuh semua lampu philips di setiap ruangan.

B. Voice Assistant

Kamu bisa mengatur warna cahaya lampu, mengatur timer atau mematikannya dengan perintah suara. Cukup sambungkan perangkat Philips Smart WiFi dengan smart system Alexa atau Google Assistant.

C. Kontrol Jadwal

Buat jadwal harian untuk menyalakan atau mematikan lampu lewat aplikasi. Kamu bisa mengaturnya untuk otomatis membangunkan tidur, menyambutmu saat pulang kerumah, atau menyesuaikan pencahayaan dengan aktifitas sehari-hari.

4. Sengled Smart LED

© source sengled.com

Buat kamu yang membutuhkan lampu sorot luar ruangan dengan teknologi smart lighting, produk dari Segled ini cocok banget buat kamu coba.

Salah satu fitur canggih yang dimiliki Sengled Smart LED adalah fitur motion sensor, dimana lampu bisa mendeteksi gerak seseorang dari jarak 30 kaki, sehingga setiap ada orang yang mendekat, lampu akan otomatis menyala.

Produk Smart lighting dari Sengled ini sangat cocok untuk dijadikan lampu penerangan jalan di taman atau halaman rumah.

Apalagi ditambah kecerahan cahaya yang dihasilkan mencapai 1050 lumens, tergolong sangat terang untuk ukuran lampu dengan daya 11,5 watt.

5. Xiaomi Yeelight

© source bukalapak.com

Perangkat lampu pintar buatan Xiaomi ini memiliki banyak fitur canggih, salah satunya adalah fitur color picker, dimana lampu bisa menghasilkan warna sesuai dengan warna benda yang kamu inginkan.

Misalnya saat kamu ingin cahaya lampu seperti warna bunga yang kamu pegang, kamu tinggal mengarahkan bunga ke dekat lampu, maka otomatis warna lampunya akan menyesuaikan.

Smart lighting dari Xiaomi ini juga bisa di integrasikan dengan Alexa, Google, dan Apple Siri. Sehingga bisa dikontrol penuh dengan perintah suara.

6. Bardi Smart Bulb

© source bardi.co.id

Bardi merupakan salah satu produsen produk smart home dari Indonesia. 

Salah satu produknya yang cukup populer adalah Bardi Smart Bulb. Smart lighting ala Bardi ini bisa dimati nyalakan, diubah warna, diatur kecerahan melalui aplikasi seluler Bardi Smart Home.

Lampu pintar ini juga menawarkan mode musik, dimana warna lampu bisa berubah mengikuti ketukan lagu yang dimainkan.

Untuk menambahkan fitur voice assistant, kamu tinggal menghubungkan Bardi Smart Bulb dengan Google Assistant atau Apple HomeKit.

7. Den Smart WiFi Light Bulb

© source tokopedia.com

Di urutan ke-7 dari smart lighting terbaik, ada produk dari Indonesia bernama Den Smart WiFi Light Bulb.

Lampu pintar dari Den ini menawarkan bohlam dengan variasi hingga 16 juta warna yang dapat dikontrol dari jarak jauh, tentunya dengan koneksi internet.

Berikut beberapa fitur unggulan dari Den Smart WiFi Light Bulb:

  • Bisa di integrasikan dengan Amazon Alexa, Google Home, Apple Siri, dan IFTTT
  • Kontrol penuh dengan aplikasi smartphone
  • Hemat energi, respon cepat, sensitifitas tinggi, dan mudah digunakan
  • Pilihan custom warna dan pengaturan brightness lampu dari 1-100%
  • Bisa digunakan tanpa gateway atau hub

Penutup

Smart lighting (lampu pintar) merupakan bagian tak terpisahkan dari smart home system dan IoT (Internet of Things).

Kebutuhan akan lampu pintar kedepannya akan semakin banyak, di ikuti oleh semakin majunya perkembangan teknologi.

Menurut kamu, mana produk smart lighting yang paling cocok untuk kamu gunakan di rumah, dan apa alasannya.

Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>