Google Home, Asisten Pintar Kamu di Rumah!

Google Home adalah salah satu produk smart device dari Google, bentuknya mungil seperti box musik, tapi punya fitur canggih dengan teknologi IoT.

Udah pada tau Google Home kan? ada aplikasinya juga loh.

Google Home merupakan salah satu produk smart device dari Google, bentuknya mungil seperti box musik, tapi punya banyak fitur canggih dengan teknologi IoT.

Google Home ini bisa dijadikan asisten pribadi loh. Dengan Google Home, kamu bisa menyalakan atau mematikan lampu, mengatur jadwal dan pengingat, menyalakan alarm, dan hal menakjubkan lainnya.

Seru kan, kalau butuh apa-apa tinggal nyuruh Google aja, cukup bilang "Ok Google" atau "Hi Google" dan katakan apa perintah kamu.

Spesifikasi Google Home

© source tweak.dk
  • Diameters: 3,8 in

    Height: 5,6 in

    Weight: 16,82 oz

  • Type: Smart speaker

    Audio Format: sAAC-LC, FLAC, HE-AAC, MP3, OPUS, Vorbis, WAV High-Resolution

    Audio: Yes Maximum Sampling Rate Supported

  • Connectivity: InterfacesIEEE 802.11a/b/g/n/ac

    Internet Streaming: ServicesChromecast, Deezer, Google Play Music, Pandora, Spotify, TuneIn, YouTube MUSIC, iHeartRadio

  • Hands-Free Function: Yes

    Amplification Type: active

    Audio Amplifier: integrated

    Connectivity Technology: wireless

Smart System Google

Google Home merupakan perangkat yang di fungsikan sebagai smart system atau pengontrol perangkat pintar lainnya.

Dengan alat ini kamu bisa mengintegrasikan berbagai perangkat pintar di rumah, mulai dari lampu pintar, kunci pintar, hingga kamera CCTV ke dalam satu program yang bernama Google Assistant.

Sebagai asisten pribadi, Google Home tentu mendukung perintah suara, karena sudah built-in dengan fitur assistant di dalamnya.

Sejak diluncurkan 2016 lalu, Google Home kini sudah menjadi lebih baik dengan berbagai teknologi AI (Artifical Inteligence) yang disematkan.

Termasuk salah satunya dalah fitur pengenalan suara, dimana Google Home bisa mengenali hingga 6 suara berbeda, yang akan memungkinkan Google Home untuk menyesuaikan tanggapannya berdasarkan siapa yang bicara.

Apa yang Bisa Google Home Lakukan

Kalau kamu bertanya apa yang bisa Google Home lakukan, tentu jawabanya banyak banget. Yang jelas, pertama Google Home bisa mengontrol seluruh perangkat pintar dirumah, dan yang kedua tentu sebagai asisten pribadi yang bisa kamu ajak berbicara.

Lebih lengkapnya, berikut hal keren yang bisa Google Home lakukan untuk kamu:

1. Membuat pengumuman

Dengan Google Home, kamu bisa membuat pengumuman atau siaran yang dapat diputar di speaker rumah. Jadi nggak perlu lagi pakai TOA masjid kalau mau bikin pengumuman di rumah.

Cukup katakan ke Google Home apa yang ingin kamu umumkan, dan biarkan Google yang menyampaikannya ke seluruh orang  dirumah.

2. Menjadi partner memasak

Ini pas banget nih buat kamu atau doi yang nggak bisa memasak. Dengan Google Home, kamu bisa memasak tanpa perlu khawatir salah memasukan resep masakan.

Tinggal pilih resep di internet dan berikan ke Google Home, selanjutnya biarkan dia yang memandumu untuk memasak. Kamu bisa meminta Google untuk membacakan resepnya step by step sampai masakan kamu jadi.

3. Melakukan panggilan

Kamu juga bisa menggunakan Google Home untuk melakukan panggilan telepon. Ini bisa dilakukan selama perangkat tersebut terkoneksi internet.

Untuk melakukan panggilan, cukup masukan nomornya ke Google Home dan berikan perintah agar ia melakukan panggilan ke nomor tersebut.

4. Melakukan perintah bersamaan

Google Home juga bisa melakukan beberapa perintah sekaligus loh. Misalnya jika kamu ingin mematikan lampu dan menyalakan musik, tinggal bilang "Ok Google, matikan lampunya dan nyalakan musik".

5. Suruh membacakan sesuatu

Pengen baca cerita di internet atau baca berita terkini, tapi kamu males melakukannya. Kalau iya, kamu tinggal meminta Google untuk membacakan cerita atau berita di internet, sementara kamu tinggal tiduran sambil mendengarkan.

Kamu juga bisa membacanya sendiri, sambil meminta Google untuk memutar backsound musik yang sesuai. Biar cerita yang kamu baca jadi lebih dramatis.

Kesimpulan

Sebagai salah satu smart speaker, Google Home tentu punya banyak pesaing, Salah satunya adalah Amazon Alexa dan Apple Siri.

Ketiganya merupakan smart system yang bisa menjadi alat kontrol dari ratusan bahkan ribuan merk perangkat pintar di pasaran.

Buat kamu yang mau terus update tentang informasi smart home dan teknologi IoT, pastikan untuk bookmark blog ini di browser kalian.

See ya di next artikel.

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>